Sukses

Ada Benjolan di Selangkangan, Apa Penyebabnya?

Benjolan di selangkangan bisa menandakan banyak hal, dari yang ringan hingga berat. Semua penyebabnya diulas di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Ada rasa yang mengganjal di selangkangan, ternyata ada benjolan di sana. Meski penyebabnya bisa sesuatu yang ringan, tetapi benjolan di selangkangan tak boleh diremehkan. Mari kenali apa saja penyebabnya, sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Benjolan di selangkangan bentuknya bisa bervariasi. Ada yang besar, kecil, lunak, keras, berwarna merah keunguan, tidak berwarna, hingga ada yang menimbulkan nyeri dan tidak.

Penyebab adanya benjolan di selangkangan

Berikut ini adalah beberapa penyebab benjolan di selangkangan yang perlu Anda cermati.

  1. Pembesaran kelenjar getah bening

Berdasarkan penjelasan dari dr. Bobtriyan Tanamas dari KlikDokter, benjolan di selangkangan paling sering disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening.

“Pembesaran kelenjar getah bening bisa dipicu oleh beberapa hal, paling seringnya adalah infeksi di area genitalia,” jelas dokter yang akrab disapa dr. Bobby ini.

“Contoh dari infeksi area genitalia antara lain infeksi saluran kemih dan infeksi menular seksual,” lanjutnya.

Beberapa gejala yang muncul benjolan di selangkangan disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening antara lain: keringat dingin di malam hari, nyeri di selangkangan, dan demam.

  1. Limfoma

    Pembesaran kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh limfoma (kanker kelenjar getah bening), sehingga perlu diperiksakan lebih lanjut. Demikian kata dr. Bobby.

    Limfoma adalah kondisi kelenjar getah bening (sel limfosit) tumbuh tak terkendali, sehingga menimbulkan tumor yang ganas. Tak hanya selangkangan, pembengkakan juga terjadi di leher dan ketiak. Selain benjolan, gejala lain yang bisa timbul antara lain:

    • Mudah lelah
    • Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas
    • Demam
    • Keringat pada malam hari
    • Sesak napas
  1. Saphena varix

Merupakan kondisi langka, saphena varix adalah kelainan pada katup pembuluh darah di paha. Katup pembuluh darah ini tidak dapat terbuka dengan baik, sehingga darah terperangkap di dalamnya dan berujung pada pembengkakan.

Saphena varix memiliki gejala seperti timbul benjolan berwarna kebiruan dan biasanya akan menghilang saat penderitanya berbaring. Orang-orang yang sebelumnya memiliki varises memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalaminya.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Abses

Abses adalah benjolan yang berisi nanah yang terbentuk dari sel darah putih, bakteri, dan jaringan tubuh yang mati. Kondisi ini biasanya muncul akibat infeksi bakteri. Adapun gejala yang menyertai abses antara lain: demam, kemerahan, nyeri, dan sensasi panas di area yang terkena abses.

  1. Kista

Kista adalah benjolan yang berisi cairan kental. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, saat diraba, benjolan kista akan terasa seperti balon berisi cairan.

Penyebabnya adalah penyumbatan yang mengakibatkan penumpukan cairan dan udara. Penyumbatan tersebut bisa disebabkan oleh faktor genetik, infeksi, dan lain-lain.

Berdasarkan tingkat keganasannya, kista dibagi menjadi dua, yaitu kista non neoplastik dan kista neoplastik.

Kista non neoplastik jinak dan tidak memerlukan perawatan karena akan hilang sendiri dalam tiga bulan. Sementara itu, kista neoplastik ini terpisah dengan jaringan normal dan bisa diatasi dengan tindakan pembedahan.

  1. Penyakit menular seksual

    Kalau ada benjolan di selangkangan, Anda juga patut mencurigai penyakit menular seksual seperti sifilis, gonore, HIV, herpes, dan klamidia.

    Gejala lainnya yang juga bisa menyertai di antaranya:

    • Nyeri saat buang air kecil atau saat berhubungan seks
    • Perdarahan pada vagina
    • Keputihan
    • Keluar cairan nanah dari penis
    • Benjolan terasa nyeri
    • Demam
    • Muncul ruam kulit di tubuh
  1. Hernia

Hernia adalah kondisi sebagian usus masuk ke dalam kantung yang tersusun atas jaringan otot dan jaringan ikat. Pada pria, jenis hernia yang menimbulkan benjolan di selangkangan adalah hernia inguinal. Sedangkan pada wanita, penyebab benjolan adalah hernia femoral.

Sebagian benjolan hernia ada yang bisa menghilang saat penderitanya berbaring. Namun saat penderitanya tertawa, batuk, atau mengejan, benjolan akan kembali muncul. Benjolan juga akan terasa nyeri saat penderita mengangkat atau membawa benda berat.

Benjolan di selangkangan penyebabnya bisa ringan dan tak perlu terlalu dikhawatirkan, tetapi bisa juga penyakit serius. Karenanya, adanya benjolan di selangkangan (juga bagian tubuh lainnya) tak bisa disepelekan dan harus diperiksakan ke dokter.

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar