Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatMata7 Cara Mudah Mengatasi Mata Merah yang Mengganggu
Mata

7 Cara Mudah Mengatasi Mata Merah yang Mengganggu

Siti Putri Nurmayani, 15 Sep 2023

Ditinjau oleh dr. Valda Garcia

Icon ShareBagikan
Icon Like

Mata merah bisa buat kamu tidak nyaman dan bisa ganggu penampilan. Nah, simak berbagai cara mengatasi mata merah dengan mudah di sini.

7 Cara Mudah Mengatasi Mata Merah yang Mengganggu

Kondisi mata merah bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Tak jarang, gangguan mata yang satu ini juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi mata merah bisa muncul secara tiba-tiba dan memengaruhi satu atau kedua mata. 

Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa jadi penyebab mata merah. Hal ini dapat terjadi akibat alergi, iritasi, bintitan, konjungtivitis, terlalu lama menatap layar komputer, hingga cedera mata akibat benda asing. 

Karena kondisi mata merah bisa dipengaruhi oleh banyak hal, maka cara mengatasi mata merah pun bisa berbeda-beda, tergantung dengan penyebabnya. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan ketika mengalami mata merah:

1. Berkedip

Terlalu lama menatap layar televisi atau komputer bisa membuat mata menjadi merah. Pasalnya, kondisi ini menyebabkan kamu akan jarang berkedip dan kering. 

Oleh karenanya, dianjurkan untuk rutin berkedip agar mata bisa tetap lembap. Pastikan juga untuk membatasi waktu untuk menatap layar komputer, ponsel, dan televisi.  

2. Kompres Air Hangat

Diutarakan dr. Valda Garcia, kompres hangat dibutuhkan pada kondisi mata merah yang disebabkan oleh mata kering atau adanya sumbatan kelenjar di kelopak mata, seperti pada kasus bintitan

Kompres mata dengan air hangat bisa dilakukan selama lima menit pada kelopak mata dengan posisi mata tertutup. Cara mengobati mata merah yang satu ini bisa kamu lakukan secara rutin, misalnya 4 kali dalam sehari. 

Dengan melakukan kompres air hangat, ini bisa membantu meningkatkan aliran darah di area tersebut dan meningkatkan produksi minyak di kelopak mata, sehingga dapat melembapkan area mata.

3. Kompres Dingin

Selain menggunakan air hangat, cara menghilangkan mata merah juga bisa dilakukan dengan kompres dingin. 

Hal ini dapat membantu mengatasi reaksi peradangan yang terjadi pada mata, yang salah satunya dapat disertai dengan gejala bengkak dan gatal pada mata. 

Kendati demikian, tidak disarankan untuk melakukan kompres dengan suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas. Pasalnya, ini bisa memperberat gejala yang dialami. 

4. Gunakan Obat Tetes Mata

Dikutip dari American Academy of Ophthalmology, cara mengatasi mata merah bisa dilakukan dengan penggunaan obat tetes mata. Obat ini dapat membantu meredakan iritasi dan menghilangkan alergen dari mata. 

Selain itu, air mata buatan ini juga dapat membantu mata agar tetap lembap dan terhidrasi setiap saat. 

Supaya lebih aman, kamu bisa minta rekomendasi dokter untuk memilih air mata buatan yang cocok untuk mata merah. 

5. Minum Obat 

Untuk membantu mengurangi kemerahan pada mata, kamu bisa mengonsumsi obat antihistamin atau dekongestan. Selain itu, pemberian obat seperti ibuprofen dan acetaminophen juga bisa membantu meredakan ketidaknyamanan atau pembengkakan di area mata. 

Namun, pastikan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat untuk mengatasi mata merah. 

6. Hindari Pakai Make Up di Sekitar Mata

Kondisi mata merah dapat membuat mata menjadi lebih sensitif. Penggunaan riasan yang merupakan benda asing di area mata bisa menjadikan mata terasa tidak nyaman. Bahkan, ada kemungkinan ini bisa memperberat kondisi mata merah. 

Oleh karenanya, dianjurkan untuk menghindari penggunaan make up secara sementara hingga masalah mata merah teratasi dengan baik. 

Artikel Lainnya: Solusi Mata Merah Akibat Main Game Terlalu Lama

7. Perhatikan Asupan Makanan

Makanan olahan, produk susu, dan makanan cepat saji yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan gejala mata merah. 

Untuk membantu mengurangi peradangan pada mata, dr. Valda menyarankan agar mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Kamu bisa menemukan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon, biji-bijian, dan kacang-kacangan. 

Berbagai cara di atas bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi mata merah. Namun, penting untuk diingat bahwa cara mengatasi mata merah dapat berbeda-beda tergantung dengan penyebab dan gejala yang menyertai. 

Bila terjadi penurunan ketajaman penglihatan atau nyeri pada mata, segera periksakan diri ke dokter spesialis mata untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Jika ingin konsultasi dengan dokter spesialis mata terkait masalah mata, kamu bisa menggunakan layanan Tanya Dokter dan kamu bisa juga cari layanan kesehatan mata dekat dengan lokasi kamu dengan aplikasi KlikDokter. KlikDokter, solusi untuk #JagaSehatmu dan matamu.

(NM)

Mata Merah

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter