Sukses

5 Makanan yang Menyebabkan Gigi Rusak

Meski memiliki rasa yang enak dan bikin nagih, rupanya lima jenis makanan ini menyebabkan gigi rusak.

Klikdokter.com, Jakarta Gigi yang sehat bisa menunjang penampilan dan percaya diri Anda. Namun, ada saja masalah yang menyebabkan gigi jadi rusak dan tampak tidak sehat. Salah satunya adalah sering mengonsumsi makanan yang menyebabkan gigi rusak.

Terlebih lagi jika Anda tidak menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut. Seperti dijelaskan drg. Wienna Manggala dari KlikDokter, menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut wajib dilakukan oleh setiap orang.

“Menjaga kesehatan gigi dan mulut bisa dilakukan dengan menyikat gigi secara rutin minimal 2 kali sehari dan membersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss. Di samping itu, Anda juga wajib memperhatikan makanan yang dikonsumsi,” drg. Wienna mengingatkan.

Makanan penyebab gigi rusak

Meski rasanya enak dan menjadi kegemaran, Anda tampaknya harus menahan diri agar tidak sering-sering mengonsumsi makanan dan minuman di bawah ini:

  • Makanan tinggi gula

Tidak dapat dimungkiri, makanan manis memang kerap membuat Anda ketagihan. Namun, meski memiliki rasa yang enak, makanan manis bisa mengganggu kesehatan gigi Anda. Ini karena kandungan gula yang ada di dalam makanan manis akan mengikat gusi dan memproduksi asam-yang bilamana asam bercampur dengan air liur, maka pembentukan plak tidak bisa dihindari lagi. 

Selain mengganggu kesehatan gigi, mengonsumsi makanan manis juga tidak baik untuk kesehatan tubuh karena dapat memicu timbulnya diabetes. Untuk itu, kurangi asupan manis harian dan ganti dengan asupan manis alami seperti buah. 

  • Makanan asam 

Tidak semua orang suka dengan makanan asam. Namun bagi sebagian orang, makanan asam merupakan makanan yang digemari karena dianggap menyegarkan. Beberapa buah seperti jeruk, anggur, lemon, jeruk nipis memang enak untuk disantap maupun dijadikan jus. Tapi sayangnya, sifat asam yang diberikan oleh buah-buahan tersebut mampu melemahkan lapisan enamel gigi. 

Ketika enamel pada gigi melemah, gigi akan berubah menjadi lebih sensitif dan warnanya akan berubah menjadi lebih kuning. Tidak hanya itu, buah sitrus juga bisa memperparah luka yang ada dalam mulut. 

  • Es batu 

Saat cuaca panas, mengunyah es batu memang memberikan kenikmatan tersendiri bagi beberapa orang. Namun sayang, kebiasaan yang mungkin bikin “nikmat” itu harus segera dihentikan karena mampu merusak gigi.

“Es batu memiliki tekstur yang dingin dan juga keras. Jika Anda sering mengunyah atau mencamili es batu, gigi juga akan lebih sering untuk berusaha menggigit benda keras yang pada akhirnya dapat merusak enamel dan buat gigi jadi lebih sensitif. Bahkan tidak jarang juga gigi menjadi patah karena mengunyah es batu,” ujar drg. Wienna.

  • Minuman bersoda 

Minuman bersoda atau minuman berkabonasi juga bisa merusak gigi jika terlalu sering diminum. Kandungan asam, gula dan soda dalam minuman tersebut mampu mempercepat pertumbuhan bakteri yang nantinya dapat merusak gigi. 

Tidak hanya itu, minuman bersoda juga bisa mempercepat terjadinya proses pengikisan pelindung gigi (enamel) yang bilamana terkikis maka akan meningkatkan risiko gigi berlubang

  • Karamel 

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, karamel merupakan salah satu jenis makanan yang paling bisa merusak gigi manusia. Selain rasanya sangat manis, karamel juga memiliki tekstur yang lengket yang bisa menempel pada gigi sehingga sulit untuk dibersihkan. Jika hal ini sering terjadi, bukan tidak mungkin gigi Anda akan jadi mudah berlubang, sensitif, bahkan sering nyeri. 

Bukan tidak boleh dikonsumsi, kelima makanan yang menyebabkan gigi rusak di atas sebaiknya tidak dimakan secara berlebihan. Di lain sisi, jangan lupa menggosok gigi setidaknya dua kali sehari agar gigi selalu terjaga kesehatannya. Sikat gigi hingga ke sudut dan celah gigi agar kotoran dan sisa makanan yang menempel dapat sepenuhnya terangkat.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar