Sukses

Yuk, Kenali Manfaat Bubuk Mutiara dalam Skin Care

Sejumlah skin care, khususnya yang berasal dari Asia, mengandung bubuk mutiara. Lantas, apa manfaat bubuk tersebut?

Klikdokter.com, Jakarta Tak hanya dijadikan sebagai perhiasan, ternyata mutiara juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan skin care atau perawatan kulit. Kandungan bubuk mutiara biasanya ditemukan dalam krim atau losion yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Lalu, apa lagi manfaat bubuk mutiara selain untuk mencerahkan kulit? Simak penjelasannya di bawah ini.

Berkenalan lebih dekat dengan bubuk mutiara

Dilansir dari Healthline, bubuk mutiara sebenarnya sudah lama digunakan dalam pengobatan Tiongkok dan Ayurvedic untuk mempercantik kulit kaum hawa. Dalam pengobatan Tiongkok, bubuk mutiara dijadikan sebagai bahan detoksifikasi dan antiinflamasi. Sedangkan dalam pengobatan Ayurvedic, bubuk tersebut digunakan sebagai penangkal racun.

Bubuk mutiara mengandung asam amino, kalsium, dan mineral yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Bubuk mutiara dibuat dengan cara mensterilisasikan mutiara segar dengan suhu panas, kemudian mutiara tersebut digiling menjadi bubuk halus, sehalus tekstur tepung jagung.

Adapun detail dari kandungan bubuk mutiara adalah sebagai berikut:

  • Asam amino

Protein ini sangat penting bagi tubuh untuk merangsang sel-sel kulit menghasilkan kolagen dan memperbaiki, menghidrasi, serta melindungi kulit dari radikal bebas.

  • Kalsium

Tak cuma baik untuk tulang, kalsium dalam bubuk mutiara juga dapat meningkatkan regenerasi dan kelembapan kulit. Selain itu, kalsium juga membantu mengatur pergantian sel.

  • Penguat antioksidan yang kuat

Bubuk mutiara dapat meningkatkan dua antioksidan tubuh yang paling banyak, yaitu superoksida dismutase (SOD) dan glutathione. Antioksidan ini dapat membantu melawan penyakit, bahkan dapat memperpanjang umur.

1 dari 2 halaman

Manfaat bubuk mutiara dalam skin care

Bubuk mutiara secara teknis bukan bahan vegan karena mutiara tumbuh dalam tiram. Namun, banyak vegan percaya bahwa bubuk mutiara tetap dapat digunakan oleh mereka, khususnya dalam rutinitas kecantikan, karena mirip dengan madu atau bee pollen.

Bubuk mutiara juga memiliki manfaat internal dan eksternal untuk kulit dan tubuh. Sebab, bahan tersebut mampu mengurangi aktivasi tirosinase yang merupakan enzim pemicu produksi melanin (pigmen kulit). Apabila produksi melanin dapat dikendalikan, maka kulit akan terlihat lebih putih, seperti mutiara.

Tak cuma itu, bubuk mutiara juga merangsang fibroblas dalam tubuh, sehingga proses penyembuhan luka bisa terjadi lebih cepat. Bahkan, hal ini juga dapat membantu regenerasi kolagen dan membuat kerutan tampak memudar.

Bubuk mutiara juga kerap dijadikan sebagai bahan untuk bedak finishing. Sebab, mutiara mengandung mineral yang dapat menciptakan efek berkilau secara halus pada wajah.

Kabar baiknya lagi, setelah Anda mengaplikasikan bedak finishing yang mengandung bubuk mutiara, make-up Anda akan bertahan lebih lama!

Meski belum diuji oleh Food and Drug Administration (FDA), tapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa ketika diminum, bubuk mutiara dapat membantu tubuh menciptakan antioksidan dan menangkal radikal bebas.

Ada juga yang menunjukkan bahwa ketika digunakan secara topikal, bubuk mutiara dapat mengecilkan pori-pori, mengurangi kemerahan, dan memperbaiki tekstur kulit.

Bubuk mutiara umumnya memang dianggap aman. Tapi sayangnya, beberapa orang bisa mengalami reaksi alergi terhadap kalsium yang ditemukan pada mutiara. Oleh sebab itu, sebaiknya uji dulu bubuk tersebut sebelum Anda menggunakannya di wajah.

Untuk mengujinya, Anda dapat melakukannya dengan cara meletakkan sedikit di lengan. Lalu, tunggulah tanda-tanda reaksi. Biasanya, jika tak cocok, kulit pergelangan tangan akan mengalami kemerahan, gatal, atau bengkak.

Cara mencerahkan kulit wajah selain dengan bubuk mutiara

Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, jika Anda ingin memiliki kulit yang tampak cerah alami, pastikan Anda selalu memakai kosmetik yang sesuai, bisa mengendalikan stres, dan tak terlalu sering berada di lingkungan yang berpolusi. Lalu, lakukan juga hal-hal berikut ini:

  • Dalam perawatan wajah, yang terpenting adalah proses pembersihan. Sebaiknya lakukan pembersihan wajah 3 kali sehari dengan sabun yang sesuai dengan kulit Anda.
  • Setiap kali akan bepergian ke luar rumah, oleskan krim tabir surya pada pagi hari.
  • Oleskan krim malam yang memiliki kandungan yang baik dalam meregenerasi kulit.
  • Anda dapat melakukan peeling yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan dokter kulit dan kelamin.
  • Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, terutama buah dan sayur, perbanyak minum air putih, atau mengonsumsi vitamin antioksidan.

Itu dia manfaat bubuk mutiara dalam skin care. Jadi, bila Anda ingin mencerahkan kulit, mempercepat proses penyembuhan luka, serta menyamarkan keriput atau garis-garis halus, Anda bisa memilih skin care yang mengandung bubuk tersebut. Tapi jangan lupa, tetaplah lakukan pembersihan kulit wajah secara teratur agar kesehatan kulit selalu terjaga maksimal.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar