Sukses

Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

Saat haid tidak teratur, tentu Anda akan khawatir. Simak beberapa hal berikut yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Klikdokter.com, Jakarta Terkadang mungkin haid pada wanita tidak dialami pada masa yang rutin. Haid tidak teratur ini biasa terjadi karena berbagai faktor, termasuk akibat stres atau dampak dari asupan tertentu. Namun, dengan cara mengatasi yang tepat, haid yang berantakan siklusnya bukan masalah lagi.

Kenali siklus haid Anda

Apakah selama ini Anda termasuk salah satu dari segelintir wanita yang secara teliti dan rutin mencatat siklus haid? Jika selama ini Anda belum melakukannya, mungkin ini adalah saat yang tepat.

Mencatat siklus menstruasi dengan teratur dan baik bukan hanya perlu dilakukan pada saat Anda sedang mempersiapkan program kehamilan, tapi juga untuk memastikan kesehatan reproduksi Anda terjaga dengan baik.

Anda perlu mengetahui bahwa siklus haid yang normal berada dalam rentang 21-35 hari, dan dapat berlangsung selama 2-5 hari. Siklus yang terjadi lebih lama dari rentang tersebut dan terjadi lebih lama dari 2-5 hari patut diwaspadai. Hal lain yang juga perlu Anda waspadai adalah terlewatnya 3 atau lebih siklus haid.

Siklus yang lebih berat atau lebih ringan daripada biasanya disebabkan oleh adanya nyeri, kram atau mual dan muntah saat menstruasi dan adanya perdarahan atau flek yang muncul di pertengahan siklus haid.

Penyebab haid tidak teratur

Setiap wanita tidaklah sama. Ada sebagian wanita yang mengalami menstruasi teratur dan selalu terjadi pada tanggal yang sama setiap hari. Namun, ada juga sebagian wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur.

Haid yang tidak teratur dapat terjadi hanya sementara, namun ada juga yang disebabkan oleh masalah kesehatan yang lebih serius. Beberapa penyebab yang sering kali berkaitan dengan siklus haid yang tidak teratur adalah adanya diet yang berlebihan atau stres fisik serta psikologis yang terlalu berat.

Kedua hal ini merupakan penyebab utama, jika sebelumnya seseorang memiliki siklus haid yang teratur, namun kemudian menjadi tidak teratur selama beberapa periode. Peningkatan berat badan berlebih atau aktivitas olahraga yang berlebihan juga dapat menjadi  penyebab siklus haid yang tidak teratur.

Selain itu, beberapa masalah kesehatan pada sistem reproduksi adalah adanya polip atau fibroid pada rahim, adanya penebalan dinding rahim, adanya penyakit radang panggul atau Pelvic Inflammatory Disease (PID), sindrom ovarium polikistik atau masalah  lain dalam indung telur, serta gangguan pada leher rahim.

Masalah lain di luar kesehatan organ reproduksi adalah masalah pada organ tiroid atau adanya ketidakseimbangan hormon.

Mengatasi haid tidak teratur

Untuk mengatasi hal-hal yang disebutkan di atas, yang paling terutama adalah dengan mengetahui hal yang paling mendasari keluhan adanya haid yang tidak teratur. Untuk itu diperlukan kunjungan ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan ketika terjadi hal tersebut, dan sebaiknya dengan tidak ditunda-tunda.

Selain wawancara medis, juga diperlukan pemeriksaan dengan menggunakan USG atau pemeriksaan darah untuk mengetahui penyebab terjadinya haid yang tidak teratur.

Jika diketahui tidak ada masalah pada sistem reproduksi seperti adanya polip atau gangguan pada rahim, indung telur, atau leher rahim, maka perlu diketahui apakah ada perubahan berat badan, pola diet, obat-obatan tertentu, atau aktivitas fisik yang berat hingga dapat menyebabkan perubahan siklus menstruasi.

Perubahan pola hidup menjadi lebih sehat diperlukan untuk mengembalikan siklus haid yang sehat dan normal. Penanganan segera dengan menggunakan obat-obatan hormon mungkin diperlukan jika terjadi perdarahan yang berat. Obat antinyeri juga mungkin diperlukan jika terdapat nyeri yang mengganggu.

Untuk itu, keluhan haid yang tidak teratur harus segera diperiksakan ke dokter agar segera diketahui penyebabnya. Selain itu, dengan memeriksakannya, Anda juga bisa tahu bagaimana mengatasi kondisi tersebut dengan cara yang tepat.

[NP/ RVS]

1 Komentar

  • Yati Denia

    Iya dok, Menstruasi saya tidak lancar, awal menstruasi perut keram pinggang sakit dan darah menggumpal kecil seperti lendir gitu, itu kenapa? apakah saya sulit untuk hamil, karena menstruasi tidak lancar?