HomeGaya hidupDiet dan NutrisiTips Diet Menurunkan Berat Badan untuk Pemula
Diet dan Nutrisi

Tips Diet Menurunkan Berat Badan untuk Pemula

Tamara Anastasia, 21 Sep 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Supaya diet yang dilakukan benar-benar efektif menurunkan berat badan, ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

Tips Diet Menurunkan Berat Badan untuk Pemula

Bagi Anda yang ingin meraih berat badan ideal, diet adalah langkah awal yang perlu dilakukan. Namun, supaya memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan, diet yang Anda lakukan mesti sesuai dengan aturan.

Salah satu aturan yang wajib diperhatikan sedari awal adalah, diet tidak akan efektif menurunkan berat badan bila harus “berdiri sendiri”. Karena sejatinya, menurunkan berat badan perlu kombinasi antara diet yang seimbang dan olahraga secara teratur.

Tak berhenti di situ, dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter berkata bahwa Anda juga mesti mematuhi aturan berikut ini jika ingin sukses menurunkan berat badan:

  1. Harus sarapan

Anda disarankan untuk makan setidaknya 30 hingga 45 menit setelah bangun tidur di pagi hari. Ini penting, tingkat metabolisme tubuh saat terbangun dari tidur di pagi hari akan terus rendah hingga Anda mengisinya dengan makanan. 

Supaya sarapan yang dilakukan lebih berfaedah, pilihlah makanan yang mengandung nutrisi seimbang, seperti roti gandum, telur rebus, dan sejenisnya. Hindari makanan yang terlalu banyak karbohidrat dan lemak, seperti nasi putih, gorengan dan hidangan manis. 

Faktanya, makanan yang tinggi lemak dan karbohidrat justru akan membuat Anda semakin lapar karena sulit dicerna oleh usus. Selain itu, kedua jenis makanan tersebut juga bisa membuat Anda tidak fokus dalam bekerja maupun beraktivitas di siang harinya. 

  1. Makan sering dengan porsi sedikit 

Diet yang benar adalah mengurangi porsi makan, atau makan lebih sering dengan porsi yang sedikit. Dikatakan dr. Alvin, Anda masih tetap bisa mengonsumsi camilan meskipun sedang diet untuk menurunkan berat badan. Jenis camilan yang bisa dijadikan pilihan, misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, atau buah kering.

“Tiga kali makan berat dan dua kali camilan itu sudah cukup porsinya untuk diet bagi pemula. Tapi, makanan berat juga harus diperhatikan porsinya, jangan sampai berlebihan. Selain itu, pilihan makanan juga harus diperhatikan agar tetap sehat dan gizinya seimbang,” jelas dr. Alvin.

  1. Hanya konsumsi makanan yang masih “segar”

“Segar” yang dimaksud di sini adalah makanan yang berasal sumbernya secara langsung, alias tanpa melewati proses pengawetan terlebih dahulu. Ingat, sayuran atau buah bisa kehilangan manfaatnya apabila diproses terlalu lama. Hal yang sama berlaku untuk makanan mengandung pengawet, sekalipun berbahan dasar buah ataupun sayuran.

Tak hanya itu, makanan yang mengandung pengawet dan dikemas dalam kaleng juga biasanya telah ditambahkan gula, lemak dan garam. Sehingga, apabila Anda mengonsumsinya, diet yang sedang dijalani bisa saja mengalami hambatan.

  1. Banyak minum air putih 

Anda disarankan untuk konsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas dalam sehari. Selain mencegah dehidrasi, mencukupi kebutuhan cairan setiap hari dengan minum air putih juga membantu mengoptimalkan laju metabolisme dalam tubuh dan melancarkan saluran cerna. 

Salah satu trik yang bisa Anda coba, konsumsilah satu gelas air putih sebelum makan besar. Ini bisa membuat Anda merasa sedikit kenyang, sehingga porsi makanan yang dikonsumsi bisa diminimalkan.

  1. Cukup istirahat

Orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7–8 jam setiap hari. Jika waktu tidur kurang dari itu, metabolisme tubuh akan terganggu dan diet yang sedang Anda jalani berpotensi mengalami kegagalan di tengah jalan. 

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus dilakukan secara ekstrem. Akan lebih baik bila Anda melakukannya secara bertahap, agar tubuh bisa ikut terbiasa dengan sendirinya. Jangan lupa atur target yang realistis, agar Anda terus termotivasi dalam menerapkan diet seimbang demi meraih berat badan yang diimpikan.

 (NB/ RVS)

Gaya HidupMenurunkan Berat BadanPola MakanBerat BadanDietDiet Seimbang

Konsultasi Dokter Terkait