Sukses

5 Gangguan Kesehatan yang Jadi Penyebab Sering Mimpi Buruk

Selain habis nonton film horor, gangguan kesehatan ternyata bisa jadi penyebab sering mimpi buruk! Apa saja gangguan itu?

Klikdokter.com, Jakarta Terbangun akibat mimpi buruk, lalu menangis, mungkin identik dengan anak-anak. Namun, mimpi buruk juga kerap dialami orang dewasa, tak peduli berapa pun usianya. Pada orang dewasa, ternyata sering mimpi buruk juga bisa dipicu oleh berbagai jenis gangguan kesehatan atau penyakit.

Normalnya, mimpi buruk memang tak terjadi terlalu sering. Jadi, jika Anda termasuk orang yang sering mimpi buruk, itu bisa menjadi pertanda bahwa ada beberapa kondisi medis yang dialami, misalnya saja narkolepsi, gangguan mental, sleep apnea, pengaruh obat-obatan, serta sindrom mimpi buruk.

Masing-masing detail dari gangguan kesehatan tersebut akan dijelaskan di bawah ini:

  • Narkolepsi

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, narkolepsi adalah suatu bentuk gangguan saraf yang dapat memengaruhi kemampuan otak untuk mengatur siklus bangun-tidur seseorang.

Luasnya miskonsepsi narkolepsi sebagai gangguan ringan orang yang pemalas, sering mengecilkan arti dari gangguan ini. Padahal, orang dengan narkolepsi dapat terisolasi dan merasa frustasi.

Idealnya, seseorang akan mengalami empat tahapan tidur, sebelum masuk ke tahapan tidur dalam atau REM (Rapid Eye Movement). Pada penderita narkolepsi, empat tahapan awal akan terlewati dan dengan segera masuk ke tahapan tidur dalam.

Alhasil, penderita narkolepsi akan lebih sering mimpi buruk dan mengalami ketindihan (sleep paralysis). Ketindihan tersebut bisa dialami hingga beberapa menit, sehingga orang tersebut akan tidur dengan tak tenang.

  • Gangguan mental

Gangguan mental, misalnya depresi dan gangguan kecemasan, dapat membuat seseorang mengalami mimpi buruk. Post traumatic stress disorder (PTSD) adalah salah satu penyebabnya.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, PTSD adalah gangguan mental akibat trauma setelah mengalami kejadian tertentu yang mengancam hidup. Hal ini sering kali dialami korban pemerkosaan, peperangan, kecelakaan fatal, atau bencana alam.

Mimpi buruk biasanya tergambar dalam bentuk bayang-bayang rekaman ulang kejadian yang membuat trauma. Masalah atau konflik yang belum terselesaikan juga bisa memicu mimpi buruk.

Selain itu, kepribadian seseorang berkaitan pula dengan mimpi. Orang yang sensitif, sering menghindari konflik, memendam masalah, dan mudah kecewa lebih rentan mengalami mimpi buruk.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Sleep apnea

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, sleep apnea adalah gangguan tidur akibat gangguan pernapasan, sehingga aliran udara terhambat masuk ke paru. Kejadian ini bisa menyebabkan henti napas untuk beberapa saat, sebelum akhirnya bernapas kembali.

Obstructive Sleep Apnea (OSA) merupakan penyebab tersering kejadian sleep apnea. OSA sendiri adalah kondisi kurangnya udara yang masuk ke dalam saluran pernapasan akibat sumbatan jalan napas.

Akibat adanya sumbatan jalan napas, otomatis pasokan oksigen pun berkurang. Lalu, otak akan mengartikan kondisi minimnya oksigen itu sebagai ancaman nyata. Misalnya, Anda bisa tersedak, tercekik kehabisan udara, jantung berdebar, dan secara tak sadar menciptakan perasaan takut yang membuat Anda bermimpi buruk.

  • Pengaruh obat-obatan

Sejumlah obat yang memengaruhi zat kimia dalam otak dapat meningkatkan risiko mimpi buruk. Obat-obatan yang dimaksud, antara lain obat antidepresan dan narkotika. Beberapa obat penurun tekanan darah sebenarnya juga berisiko memicu mimpi buruk. Jadi, berhentilah dari ketergantungan obat bila Anda ingin mencegah timbulnya mimpi yang tak mengenakkan.

  • Sindrom mimpi buruk

Sindrom mimpi buruk atau kerap disebut sebagai dream anxiety disorder adalah gangguan tidur (parasomnia) pada orang dewasa yang ditandai dengan sering mimpi buruk tanpa sebab dan terlihat sangat jelas. Baik pengobatan, gangguan fisik, atau gangguan mental tak bisa cukup menjelaskan mengapa Anda bisa bermimpi buruk.

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang bisa jadi penyebab sering mimpi buruk. Jika dalam sebulan ini, hampir setiap hari Anda mengalami kondisi tak mengenakkan tersebut hingga memperpendek waktu tidur dan menurunkan kualitasnya, lebih baik langsung periksakan diri ke dokter. Sebab, semakin sedikit waktu tidur, semakin menurun pula daya tahan tubuh Anda.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar