Sukses

8 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

Buah adalah makanan yang wajib dimakan semua orang, termasuk ibu hamil. Lalu, buah apa saja yang terbaik untuk ibu hamil?

Klikdokter.com, Jakarta Membuat pilihan makanan yang sehat sangat penting bagi ibu hamil. Sebab, makanan tersebut akan menjadi nutrisi yang penting, tidak hanya untuk ibu hamil, tapi juga untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Salah satu yang harus dikonsumsi adalah buah. Tapi, tidak semua buah bisa dikonsumsi. Lalu, buah apa saja yang terbaik untuk ibu hamil?

Sebagian besar orang sudah tahu bahwa diet sehat harus mencakup banyak buah, sayur, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat. Namun, mungkin masih banyak juga yang tidak tahu jika ada buah-buahan tertentu yang bisa sangat bermanfaat untuk kehamilan.

Apa manfaat makan buah untuk kehamilan?

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bervariasi sangat penting selama kehamilan. Sebab, asupan nutrisi yang tepat dapat membantu janin untuk berkembang dan tumbuh sebagaimana mestinya.

Selain itu, peningkatan asupan vitamin dan mineral juga dapat membantu ibu hamil menjaga tubuhnya agar selalu dalam kondisi terbaik.

Nah, banyak mengonsumsi buah segar selama kehamilan adalah salah satu cara yang dapat membantu memastikan ibu hamil dan janinnya tetap sehat. Buah segar mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting dan juga merupakan sumber serat yang baik. 

Tapi, menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, buah kaleng pun baik untuk dikonsumsi ibu hamil, selama benar-benar 100 persen dari buah asli. 

"Anda dapat mengonsumsi buah segar, buah beku, buah kaleng, jus buah (jika terbuat 100 persen dari buah), dan sebagainya. Konsumsilah berbagai jenis buah untuk memastikan Anda mendapat beragam vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya," ujar dr. Sara Elise.

1 dari 3 halaman

Deretan buah terbaik untuk ibu hamil

Untuk Anda yang sedang hamil dan bingung dalam memilih buah untuk dikonsumsi, berikut adalah beberapa jenis buah yang terbaik untuk ibu hamil:

  1. Jeruk

Jeruk diketahui memiliki kandungan folat, vitamin C, dan air yang baik, sehingga sangat bagus untuk menjaga seseorang tetap terhidrasi dan sehat. Kandungan vitamin C-nya juga dapat membantu mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.

Sementara, folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Cacat tabung saraf sendiri dapat menyebabkan kondisi seperti spina bifida, di mana sumsum tulang belakang tidak berkembang dengan baik, serta anencephaly, di mana sebagian besar otak dan tengkorak hilang.

  1. Mangga

Mangga kaya akan vitamin A dan C. Satu cangkir mangga mampu menyediakan 100 persen kebutuhan harian vitamin C Anda dan lebih dari sepertiga kebutuhan harian vitamin A. Bayi yang lahir dengan defisiensi vitamin A, ada kemungkinan memiliki kekebalan yang lebih rendah dan risiko komplikasi pascanatal yang lebih tinggi, seperti infeksi pernapasan.

  1. Pir

Pir menyediakan banyak nutrisi, antara lain serat, kalium, dan folat. Saat menjalani proses kehamilan, serat dapat membantu meringankan sembelit, salah satu gejala kehamilan yang paling umum. Di sisi lain, kalium dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung ibu hamil dan janinnya. Kandungan ini juga dapat merangsang regenerasi sel.

  1. Alpukat

Alpukat adalah sumber yang bagus untuk vitamin C, E, dan K. Lalu, alpukat juga kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, serat, vitamin B, kalium, dan tembaga.

Buah yang dalamnya berwarna hijau ini mengandung lemak sehat yang menyediakan energi dan membantu mencegah cacat tabung saraf. Alpukat juga meningkatkan sel-sel yang bertanggung jawab untuk membangun kulit dan jaringan otak janin yang sedang berkembang.

Kalium dalam alpukat dapat meredakan kram kaki, gejala lain yang sering terjadi selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

  1. Jambu biji

Jambu biji adalah pilihan buah yang sangat baik untuk orang-orang yang menginginkan lebih dari nutrisi vitamin C dan E, polifenol, karotenoid, isoflavonoid, dan folat

Dengan demikian, jambu biji sangat ideal untuk ibu hamil. Makan jambu biji selama kehamilan juga dapat membantu mengendurkan otot, membantu pencernaan, dan mengurangi sembelit.

  1. Pisang

Pisang kaya akan kandungan vitamin C, kalium, vitamin B-6, dan serat. Kandungan serat pada pisang juga dapat membantu mengatasi sembelit terkait kehamilan. Selain itu, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa vitamin B-6 dapat membantu meredakan mual dan muntah di awal kehamilan.

  1. Anggur

Makan banyak anggur dapat meningkatkan asupan terkait vitamin C dan K, folat, antioksidan, serat, asam organik, dan pektin.

Nutrisi dalam anggur dapat membantu selama perubahan biologis yang terjadi selama kehamilan. Selain itu, buah yang identik dengan warna ungu ini juga mengandung antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, seperti flavonol, tanin, linalool, anthocyanin, serta geraniol yang juga dapat membantu mencegah infeksi.

  1. Apel

Apel dikemas dengan nutrisi untuk membantu pertumbuhan janin. Buah ini kaya akan kandungan vitamin A dan C, serat, serta kalium. Satu studi menemukan bahwa makan apel saat hamil dapat mengurangi kemungkinan bayi terserang asma dan alergi seiring waktu.

Jadi, buah bagi ibu hamil adalah salah satu pilihan asupan terbaik. Beragam buah tersebut dapat membantu kondisi kehamilan tetap baik. Namun demikian pilihlah buah untuk ibu hamil yang mendukung kesehatan kehamilan dan janin. Selain itu konsumsilah secukupnya agar tidak berefek buruk bagi kandungan.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar