Sukses

Urine Bau Aneh, Ini 5 Penyebabnya

Anda pernah mendapati urine bau aneh dan menyengat? Kalau iya, apa saja penyebabnya? Apakah berbahaya untuk kesehatan?

Klikdokter.com, Jakarta Bau pesing adalah aroma khas yang keluar saat Anda buang air kecil. Namun jika bau urine aneh dan sangat menyengat, ini bisa menjadi tanda ada yang salah dengan kesehatan Anda. Ini senada dengan yang dijelaskan dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter

“Urine normal itu memiliki aroma yang tak tajam, berwarna bening hingga kekuningan, dan juga konsistensi yang encer. Bila urine yang dikeluarkan berbeda dari itu, bisa jadi Anda sedang mengalami kondisi kesehatan tertentu,” kata dr.Iqbal. 

Menurutnya, “Ketika asupan cairan dalam tubuh kurang, urine akan berbau amonia. Tanpa cukup cairan, urine akan memiliki konsentrasi yang lebih tinggi oleh zat atau produk yang akan dibuang keluar tubuh.”

Kondisi ini bikin bau urine aneh

Lantas, kondisi apa sih yang bisa menyebabkan urine berbau aneh? Berikut pemaparannya: 

  • Anda mengalami infeksi saluran kemih 

Tidak hanya menimbulkan rasa perih saat buang air kecil, infeksi saluran kemih atau ISK juga bisa menimbulkan aroma yang tidak enak. Hal ini karena adanya infeksi bakteri pada saluran kencing, sehingga bakteri tersebut menimbulkan bau yang tidak sedap. Jika hal ini terjadi, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. 

  • Tubuh Anda terlalu banyak kafein

Orang yang sering minum kopi atau teh akan lebih mungkin memiliki aroma urine yang menyengat ketimbang mereka yang jarang. Meski — menurut dr. Iqbal — kondisi ini belum diketahui pasti, para peneliti menduga bahwa sisa zat kopi atau teh yang tidak tecerna dengan baik akan menimbulkan aroma tidak sedap yang keluar bersamaan dengan urine. 

  • Anda mengalami Phenylketonuria (PKU)

Phenylketonuria adalah kondisi genetik langka yang menyebabkan asam amino fenilalanin menumpuk di dalam tubuh. Fenilalanin ditemukan dalam semua protein dan beberapa pemanis buatan. Jenis asam amino ini yang akan keluar bersama urine sehingga membawa bau yang aneh.

  • Anda penderita diabetes mellitus

Tidak seperti penderita infeksi saluran kemih atau orang yang dehidrasi, aroma urine pada penderita diabetes justru berbau manis seperti permen atau gula. Hal ini disebabkan oleh kelainan pada penyakit yang menyebabkan gula terdeposit ke urine. 

  • Usus Anda bocor ke kandung kemih

Anda yang mengalami masalah Crohn’s disease dan kanker, bisa mengalami usus bocor ke kandung kemih. Hal ini bisa terjadi karena adanya koneksi abnormal antara dua bagian tubuh yang bisa berkembang dari akibat cedera, infeksi, bedah atau radang. Biasanya, kondisi abnormal pada dua bagian tubuh ini disebut dengan fistula.

Ketika fistula terjadi (kasus usus bocor ke kandung kemih), isi usus maupun kandung kemih dapat tercampur. Hasilnya, urine Anda pun jadi berbau tidak sedap.

Jika bau urine Anda aneh dan menyengat dalam kurun waktu lebih dari tiga hari, sebaiknya segera periksakan kondisi ini ke dokter. Semakin cepat Anda pergi ke dokter, semakin dini juga diagnosis penyakit dan penanganan yang Anda dapatkan. Untuk mencegah aroma urine berbau aneh, pastikan Anda mengonsumsi aneka makanan sehat, seperti buah dan sayur setiap harinya. Selain itu, cukupi juga kebutuhan asupan cairan minimal 8 gelas per hari. 

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar