Sukses

Pria Juga Bisa Kena Gangguan Pola Makan, Lo!

Tidak hanya wanita, pria juga rentan terkena gangguan pola makan. Ketahui fakta-faktanya di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Gangguan pola makan atau eating disorders adalah kondisi yang terkait dengan perilaku makan menyimpang serta membahayakan kesehatan. Kondisi ini memang kerap dialami perempuan. Namun, penelitian terbaru menyebutkan gangguan pola makan juga banyak menyerang pria. Bahkan, lebih berbahaya dampaknya pada pria. 

Dilansir dari WebMD, National Eating Disorders Association menyebutkan bahwa sekitar 20 juta perempuan dan 10 juta laki-laki di Amerika Serikat pernah atau sedang mengalami gangguan pola makan. Gangguan ini termasuk anoreksia, bulimia, dan binge eating disorder

Rentan menimpa pria

Secara historis dan sosial, gangguan pola makan di atas paling sering dianggap memengaruhi perempuan. Namun, penelitian menunjukkan – tidak hanya gender – mereka yang cenderung dijauhi, kurang diberi perhatian, dan kurang diakui keberadaannya juga bisa mengalami gangguan pola makan. Yang menarik, mereka yang cenderung merasakan hal tersebut adalah pria. 

Penelitian terbaru juga menunjukan adanya peningkatan 15 persen dari kasus anoreksia nervosa, bulimia, dan binge eating disorders pada pria. Studi ini juga mengatakan bahwa 22 persen pria muda meningkatkan otot dengan perilaku makan yang tidak teratur.

Pria dengan gangguan pola makan anoreksia nervosa mungkin menghadapi hujatan dan komentar lebih keras karena stigma anoreksia biasanya dilakukan oleh perempuan. Studi yang dilakukan pada 2019 ini mengungkapkan bahwa stigma, rasa malu, dan isolasi diri akibat permasalahan gangguan pola makan dapat menghambat proses penyembuhan dari kelainan makan.

Selain itu, menurut seorang ahli endokrin di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, pria dengan gangguan makan sering kali menjadi sakit karena mereka jarang bahkan tidak mencari informasi terkait perawatan medis akan gangguan pola makan, sampai mereka terkena dampaknya. 

1 dari 2 halaman

Gangguan pola makan yang rentan dialami pria 

Bila seorang wanita cenderung makan lebih sedikit – atau bahkan tidak makan sekali – demi mendapakan tubuh yang ideal, pria justru sebaliknya. Studi terbaru menunjukan bahwa pria cenderung makan lebih banyak dari porsi yang seharusnya. Gangguan ini juga bisa disebut dengan binge eating disorders.

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc dari KlikDokter, binge eating disorder adalah gangguan pola makan yang ditandai dengan adanya konsumsi makan dalam jumlah berlebih tanpa kendali dan terjadi berulang kali. Bahkan, orang yang mengalami gangguan ini akan tetap mengonsumsi makanan meski dirinya tidak merasa lapar. 

“Bila berurusan dengan gangguan ini, Anda juga kerap makan dengan cepat, makan hingga merasa kekenyangan yang tidak nyaman. Anda juga makan secara sembunyi-sembunyi agar tidak dikomentari orang lain,” ujar dr. Nitish.

Perlu diketahui, binge eating disorders tidak terdiagnosis secara klinis. Hal ini bisa jadi karena sebagian penderitanya tidak merasa bahwa hal tersebut dapat diatasi secara medis. Namun begitu, bukan berarti gangguan ini tidak bisa diatasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi binge eating disorders.

“Meski tidak terdiagnosis secara klinis, binge eating disorders masih bisa disembuhkan dengan cara psikoterapi dengan ahlinya, serta dengan beberapa pengobatan bila diperlukan,” dr. Nitish menambahkan.

Jenis gangguan makan lain

Selain binge eating disorders, ada dua jenis gangguan pola makan lain yang perlu Anda ketahui, yakni: anoreksia nervosa  dan bulimia. 

Penderita anoreksia nervosa akan makan lebih sedikit daripada asupan yang dibutuhkan tubuh. Asupan makanan yang rendah ini dikaitkan dari gangguan kejiwaan, karena pengidapnya terobsesi untuk kurus, meski nyatanya ia sudah memiliki berat badan di bawah rata-rata.

Seseorang mengalami anoreksia jika mereka menunjukkan penurunan berat badan yang parah. Mereka sering kali menyangkal merasa lapar, membuat alasan untuk tidak makan, berolahraga secara berlebihan, dan sering menarik diri dari kehidupan sosial.

Sementara itu, penderita bulimia biasanya akan mengonsumsi makanan secara berlebihan, yang kemudian dimuntahkan atau melakukan cara lain untuk memaksa makanan kembali keluar setelah ditelan.

Gangguan pola makan pada pria wajib diwaspadai. Pasalnya, tidak seperti wanita, pria dengan gangguan kelainan makan cenderung lebih tertutup sehingga sulit diketahui. Bagi para pria, bila Anda mengalami gangguan pola makan tersebut, segeralah temui dokter. Membiarkan gangguan pola makan ini berlangsung terlalu lama justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar