Sukses

Ini Dia 6 Cara Mengatasi Sariawan pada Anak Tanpa Rasa Sakit

Saat anak sariawan, rasa perih yang ditimbulkan bisa cukup menyiksa mereka. Berikut cara mengatasi sariawan pada anak tanpa rasa sakit.

Klikdokter.com, Jakarta Bisa dikatakan, sariawan merupakan satu dari banyak penyakit mulut yang paling sering diderita banyak orang, termasuk pada anak-anak. Jika terjadi pada si Kecil, rasa perih yang ditimbulkannya bisa cukup menyiksa, bahkan sampai mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Lantas, bagaimana mengatasi sariawan pada si Kecil? 

Sariawan pada anak bisa timbul di bagian mulut mana saja, termasuk di lidah dan tenggorokan. Akan tetapi, di mana pun sariawan itu muncul, pasti sensasi perihnya tidak akan terelakkan.

Sariawan - atau stomatitis aftosa - adalah peradangan pada permukaan mulut, seperti pada bibir, lidah, dan pipi, yang ditandai dengan adanya luka. Kebanyakan sariawan berbentuk oval atau bulat dengan warna putih atau kuning di pusatnya dan warna merah di tepinya.

Masa penyembuhan sariawan biasanya memakan waktu sekitar 1 minggu. Tapi bagi anak-anak, penyembuhan sariawan bisa jadi lebih lama karena si Kecil biasanya belum paham apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat sariawan.

Cara mengatasi sariawan pada anak tanpa rasa sakit

Menurut dr. Arina Heidyana dari KlikDokter, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar sariawan pada si Kecil bisa lekas sembuh tanpa membuatnya harus merasakan kesakitan. Berikut di antaranya:

  • Berkumur dengan obat khusus

Jika si Kecil sudah memasuki usia sekolah, obat kumur bisa jadi pilihan pertama Anda untuk mengatasi sariawannya. Tapi jangan lupa, pilihlah obat kumur khusus anak. Minta si Kecil berkumur sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur. 

Obat kumur memiliki sifat antibakteri yang bisa membunuh bakteri jahat penyebab sariawan. Setelah berkumur, minta si Kecil membilas mulutnya dengan air putih atau air mengalir agar bahan kimia yang terdapat dalam obat kumur tidak menempel pada dinding mulutnya.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Berkumur dengan air garam 

Selain menggunakan obat kumur, Anda juga bisa meminta si Kecil untuk berkumur dengan air garam hangat. Sama dengan obat kumur, air garam juga mengandung antibakteri yang mampu membunuh bakteri jahat dalam mulut.

Larutkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat, lalu minta si Kecil berkumur selama 15-30 detik setiap harinya. Setelah berkumur dengan air garam, biarkan si Kecil minum air putih yang banyak untuk menetralisir rasa asinnya. Anda juga bisa menyodorkan buah potong segar seperti semangka atau melon sebagai gantinya.

  • Sikat gigi secara rutin

Sedang sariawan bukan berarti tidak sikat gigi. Pilihkan sikat gigi dengan bulu halus serta batang yang lentur untuk memudahkan si Kecil menggosok gigi tanpa menyenggol sariawannya.

Menurut dr. Arina, menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi dan berkumur bisa menjadi obat alami untuk atasi sariawan. 

  • Oleskan obat 

“Sekarang ini sudah banyak dijual obat sariawan yang pemakaiannya tidak menimbulkan rasa perih. Biasanya, obat ini berbentuk gel dingin atau salep mulut. Oleskan obat tersebut dengan menggunakan cotton bud pada sariawan si Kecil, lalu diamkan selama beberapa menit sampai obatnya benar-benar bekerja. Jika dilakukan dengan rutin, biasanya dalam kurun waktu seminggu, sariawan pada si Kecil sudah bisa sembuh,” jelas dr. Arina. 

  • Minum air putih 

Kurangnya asupan air dalam tubuh tidak hanya membuat kulit jadi kering, tapi juga jadi alasan si Kecil mudah mengalami sariawan. Untuk itu, pastikan si Kecil mendapatkan asupan air yang cukup setiap harinya, dengan minum minimal delapan gelas per hari.

  • Makan buah 

“Makan buah dengan kandungan vitamin C tinggi seperti jeruk, pepaya, kiwi, dan stroberi dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Vitamin C terbukti membantu tubuh melawan infeksi, termasuk infeksi penyebab sariawan,” tambah dr. Arina.

Nah, sekarang Anda sudah tahu cara-cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi sariawan pada anak tanpa rasa sakit. Namun, jika metode di atas tidak juga meringankan peradangan akibat sariawan, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, ya!

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar