Sukses

Pria Tak Perlu Malu, Ini Manfaat Menangis seperti Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo saja tak malu untuk menangis, masak Anda gengsi? Yuk buang perasaan itu dan rasakan manfaat menangis.

Klikdokter.com, Jakarta Pria yang menangis kerap dicap lemah. Padahal menangis bisa menjadi salah satu cara mengekspresikan perasaan. Hal ini juga yang terjadi pada Cristiano Ronaldo. Pesepak bola kenamaan dunia itu menangis saat melihat video ayahnya semasa hidup dalam sebuah acara televisi, seperti dilansir Liputan6. Lantas, apa saja sih manfaat menangis, khususnya untuk pria?

Melepas stres dan membuka diri

Nah, dikutip dari WebMD, psikolog klinis dari UCLA dan Direktur Raoul Wallenberg Institute of Ethics bernama Stephen Sideroff, PhD mengatakan, menangis dapat mengaktifkan tubuh dengan cara yang sehat. Menangis merupakan hal yang positif dan sehat karena tubuh terbebas dari “kungkungan”-nya.

Menangis dianggap sebagai proses membuka diri. Bahkan, orang Jepang adalah orang yang sangat percaya pada manfaat sehat dari menangis. Mereka pun mengarahkan kondisi tersebut ke tingkat selanjutnya.

Beberapa kota di Jepang kini memiliki “klub menangis” yang disebut rui-katsu, yang artinya “mencari air mata”. Tujuan didirikannya kelompok-kelompok semacam itu adalah untuk melepas stres para anggotanya. 

Atur suasana hati dan seimbangkan kondisi 

Penelitian pun mendukung teori di atas. Studi yang mempelajari berbagai jenis air mata telah menemukan bahwa air mata emosional mengandung kadar hormon stres yang lebih tinggi daripada air mata refleks dan air mata basal. Air mata emosional juga mengandung lebih banyak mangan yang mengatur suasana hati.

Sebagai informasi, air mata refleks adalah air mata yang keluar akibat ada sesuatu yang masuk ke dalam mata. Sementara  itu, air mata basal adalah air mata yang diproduksi secara alami untuk melubrikasi mata.

Nah, stres yang dialami seseorang dapat mengencangkan otot dan meningkatkan ketegangan pikiran serta tubuh. Ketika Anda menangis, segala kekakuan dan ketegangan itu akan terlepaskan. Hal itu dapat mengaktifkan saraf parasimpatis dan mengembalikan tubuh ke kondisi seimbang. 

1 dari 2 halaman

Meningkatkan penglihatan dan melindungi mata

Air mata dihasilkan oleh kelenjar lakrimal. Air mata mampu membantu Anda membersihkan mata dari kotoran seperti debu, mencegah iritasi pada mata, sekaligus menjaga mata Anda dari kondisi kering. 

Air mata pun mampu menjernihkan penglihatan Anda. Menangis juga bisa mencegah membran mukosa pada mata untuk tidak kering, apalagi dehidrasi. Jika mata kering terus terjadi, mata rentan terhadap serangan bakteri!

Air mata mengandung zat antibakteri lisozim. Lisozim berfungsi membunuh bakteri tertentu dengan cara menghancurkan dinding sel bakteri. Nah, apabila air mata selalu membasahi daerah sekitar mata (air mata basal), mata akan terus terlindungi dari bakteri, kotoran, maupun benda asing lainnya.

Awas, jangan menangis berlebihan!

Membahas soal manfaat menangis, bukan berarti Anda disarankan untuk terus menangis tersedu-sedu dan berlebihan. Sebab, menangis yang seperti itu dapat menyebabkan sakit kepala yang disebut migrain atau tension-type headache (TTH).

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BmedSc, MSc, dari KlikDokter, menangis berlebih menjadi salah satu penyulut sakit kepala jenis itu. Bahkan, biasanya ditandai juga dengan mual serta rasa sensitif terhadap cahaya atau suara. 

“Selain itu, pada individu yang mengalami sinusitis, menangis dapat menyebabkan iritasi pada sinus. Pada kondisi ini, menangis tersedu-sedu dapat memicu sakit kepala sinus yang memiliki karakteristik nyeri berdenyut di antara mata dan dahi,” jelas dr. Nitish. 

Mulai saat ini, Anda tak perlu malu untuk menangis jika memang berada dalam kondisi haru seperti Cristiano Ronaldo, sakit parah, atau stres berat. Tak ada salahnya seorang pria dewasa mengeluarkan air mata, sebab manfaat menangis juga bisa dirasakan oleh pria. Tentu saja tidak perlu dilakukan secara berlebihan karena menangis berlebihan juga bisa memicu gangguan sakit kepala.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar