Sukses

Benarkah Diabetes Bisa Bikin Gigi Keropos?

Diabetes adalah penyakit kronik yang bisa menimbulkan sejumlah komplikasi. Apakah salah satunya bikin gigi keropos?

Klikdokter.com, Jakarta Komplikasi akibat penyakit diabetes mellitus sangat beragam. Sebut saja bisa memengaruhi fungsi mata, serta gangguan jantung dan ginjal. Namun, apakah penyakit yang kerap disebut kencing manis ini juga bisa bikin gigi mudah keropos?

Gigi keropos dan diabetes

Dijelaskan dr. Alvin Nursalim, Sp.PD dari KlikDokter, diabetes memang bisa memengaruhi kesehatan mulut penderitanya. Menurut dia, hal tersebut terjadi karena kadar gula darah dalam tubuh yang tinggi. Lama-kelamaan, hal ini nantinya bisa membuat gigi Anda keropos.

Namun begitu, menurut dr. Alvin, anggapan bahwa diabetes memicu gigi keropos kurang tepat. Disebutnya bahwa lebih tepat bila disebut gigi menjadi berlubang.

"Diabetes sangat bisa menyebabkan gigi berlubang. Seperti Anda tahu, diabetes itu adalah penyakit metabolik yang ditandai dengan peningkatan gula darah. Jadi ada gula dalam pembuluh darah orang diabetes. Nah, gula itu menyerang semua organ yang di dalam tubuh, dari mulai kepala sampai ujung kaki, termasuk semua yang ada di dalam mulut," kata dr. Alvin.

Bukan cuma darah, kandungan gula berlebih juga ditemukan dalam air liur orang diabetes. Kalau ada gula dalam waktu lama di dalam mulut dan di sela-sela gigi, lama-kelamaan akan menyebabkan gigi berlubang.

"Jadi jelas, diabetes bisa meningkatkan risiko lubang pada gigi. Ini terjadi karena pada orang diabetes, kadar glukosa juga bisa tinggi pada air liur dan itu mempermudah bakteri dalam mulut menjadi hidup. Selain itu, gigi juga mudah goyang karena tulang dan gusi yang menyangga gigi tersebut menjadi tidak kuat," jelas dr. Alvin.

Namun, diabetes tak hanya memengaruhi gigi. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, penyakit itu bisa memengaruhi bagian mulut lainnya. Misalnya, menyebabkan masalah gusi dan menimbulkan infeksi pada mulut.

"Gula darah yang tidak terkontrol juga menyebabkan seseorang lebih mudah mengalami gangguan pada gusi, gigi mudah goyang, dan kerusakan gigi lainnya, misalnya lubang pada gigi, lalu infeksi pada mulut," tegasnya.

Menangani masalah gigi dan mulut

Pada dasarnya memelihara kesehatan mulut wajib dilakukan orang yang terkena diabetes. Hal yang paling bisa dilakukan adalah mengontrol gula darah Anda supaya tidak terlalu tinggi. Selain itu, melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi juga wajib dilakukan supaya kesehatan mulut Anda terjaga dengan baik.

"Dengan melakukan kunjungan secara rutin ke dokter gigi, tak hanya penyakit gusi yang dapat dikelola, Anda juga bisa mengontrol gula darah dengan baik. Alhasil, perkembangan penyakit pada penderita diabetes dapat berkurang," kata drg. Wienna Manggala Putri dari KlikDokter.

"Untuk mengendalikan penyakit gigi dan mulut, penderita diabetes juga harus memeriksa kadar gula darah secara teratur. Gunakan obat-obatan sesuai petunjuk yang sudah diberikan dokter. Selain itu, mengubah pola makan menjadi lebih sehat dan berolahraga juga sangat dianjurkan," saran drg. Wienna.

Penderita diabetes wajib memperhatikan kesehatan dan kebersihan rongga mulut agar komplikasi tak sampai bikin gigi keropos atau berlubang. Selain itu juga harus rutin memeriksakan kesehatan mulut ke dokter gigi. Pastikan juga kadar gula dalam darah tetap stabil dengan menjaga asupan makanan dan berolahraga secara rutin. Anda juga dapat mengonsumsi obat-obat yang dianjurkan oleh dokter.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar