Kulit

Efektifkah Mengatasi Keringat Berlebih di Ketiak dengan Botox?

dr. Andika Widyatama, 28 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tren suntik botox dikatakan dapat membantu mengatasi keringat berlebih, terutama pada ketiak. Benarkah demikian?

Efektifkah Mengatasi Keringat Berlebih di Ketiak dengan Botox?

Keringat merupakan hal yang wajar dialami saat kita aktif berkegiatan. Namun, keringat berlebih terutama di ketiak dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan berdampak pada rasa percaya diri. 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satunya adalah penyuntikkan botox di ketiak.

Botox bukan hal yang asing lagi di tengah masyarakat. Jika biasanya sering dikaitkan dengan perawatan wajah, botox ternyata juga dapat membantu mengatasi keringat berlebih, salah satunya di daerah ketiak. 

Telah banyak studi yang memaparkan keberhasilan botox dalam mengurangi keringat hingga 75% dalam dua minggu setelah prosedur dilakukan. Efeknya pun bertahan dari enam sampai sembilan bulan. 

Manfaat Botox untuk Mengatasi Keringat Berlebih

Suntik botox merupakan hal yang cukup baru dalam terapi keringat berlebih atau hiperhidrosis. Cara kerjanya, botox akan menghambat kerja saraf yang mengontrol aktivitas kelenjar keringat.

Normalnya, kelenjar keringat ini akan teraktivasi, terutama oleh suhu tubuh yang meningkat. Kelenjar keringat akan memproduksi keringat sebagai bentuk penguapan untuk membantu tubuh menurunkan suhunya.

Artikel lainnya: Efek Samping Botox yang Perlu Anda Tahu 

Saat botox disuntikkan langsung ke area dengan kelenjar keringat yang ingin dihambat kerjanya – misalnya di ketiak – maka saraf di area tersebut akan lumpuh. 

Saat saraf tidak mengeluarkan sinyal yang mengaktivasi kerja kelenjar keringat, tentu keringat di area tersebut akan berkurang, bahkan tidak muncul sama sekali.

Itulah mengapa, suntik botox dapat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan keringat berlebih di ketiak. 

Apa yang Harus Diperhatikan Jika Anda Melakukan Botox Ketiak?

Meskipun dinilai aman, suntik botox bukannya tanpa risiko dan efek samping. Efek samping yang mungkin dapat muncul, di antaranya nyeri atau memar di lokasi injeksi, sakit kepalaflu, sampai reaksi alergi

Sedangkan untuk efek samping yang lebih serius seperti kelemahan seluruh otot tubuh, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, hingga gangguan berkemih sangat jarang terjadi dan biasanya muncul jika efek botox mengenai seluruh tubuh. 

Kendati demikian, mayoritas pasien dapat menoleransi kemungkinan efek samping ini sehingga menjadikan botox aman untuk digunakan.

Artikel lainnya: Fakta Tentang Botox yang Perlu Anda Tahu 

Ada beberapa kondisi di mana prosedur botox ketiak ini tidak direkomendasikan untuk dilakukan, seperti: 

  • Adanya gangguan pembekuan darah.
  • Infeksi pada lokasi injeksi atau penyuntikan.
  • Mengalami infeksi lainnya pada tubuh.
  • Kondisi medis yang dapat mengganggu fungsi sistem muskuloskeletal. Seperti myasthenia gravis, sindrom Lambert-Eaton, dan amyotrophic lateral sclerosis.
  • Wanita yang sedang hamil dan menyusui.

Jika Anda ingin melakukan prosedur botox ketiak untuk keringat berlebih, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter sehingga dokter dapat menilai kondisi kesehatan dan riwayat kesehatan Anda sebelum melakukannya. 

Dapat disimpulkan dari berbagai hasil studi dan praktik di lapangan bahwa suntik botox sangat efektif dan aman untuk membantu mengatasi keringat berlebih di ketiak. 

Namun tentu saja, harga yang harus dibayar pun tidak tergolong murah untuk bisa melakukan prosedur ini. 

Jadi, jangan lupa untuk memastikannya terlebih dahulu ke layanan resmi yang kompeten untuk melakukan prosedur botox.

Punya pertanyaan mengenai cara mengatasi keringat berlebih? Anda bisa konsultasikan langsung dengan dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RS]

Keringat BerlebihSuntik BotoxBotox

Konsultasi Dokter Terkait