Sukses

Dapatkan Kulit Lebih Sehat dengan Mengganti 5 Asupan Ini

Untuk memiliki kulit lebih sehat, Anda juga harus merawatnya dari dalam tubuh. Salah satunya dengan mengganti beberapa asupan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Semua orang, baik wanita maupun pria, pasti ingin punya kulit sehat. Tapi untuk mendapatkannya, Anda tidak cukup hanya melakukan perawatan dari luar. Anda juga harus merawatnya dari dalam tubuh lewat asupan yang baik untuk kulit. Oleh sebab itu, ada beberapa asupan yang sebaiknya Anda ganti. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mungkin banyak orang yang belum menyadari jika kulit merupakan organ terbesar manusia, dengan luas sekitar 1,5-2 meter persegi. Dengan demikian, jika kondisi tubuh tidak sehat, maka akan turut memengaruhi kesehatan kulit. Hanya dengan melihat tampilan kulitnya, kesehatan tubuh seseorang bisa terlihat.

Tanda kulit sehat

Menurut dr. Jessica Florencia dari KlikDokter, kulit harus sangat dijaga kesehatannya agar fungsinya dalam perlindungan tubuh dapat dijalankan dengan baik.

"Berawal dari kulit sehat, maka imunitas atau daya tahan kulit akan terjaga, sehingga sistem pertahanan tubuh pun dapat bekerja dengan baik," jelas dr. Jessica.

Untuk memastikan bahwa kulit dalam kondisi sehat, dr. Jessica menyebut beberapa tanda yang dapat Anda perhatikan, yaitu:

  • Dapat mengatasi berbagai tantangan dan ancaman dari lingkungan luar

Hal ini dapat dilakukan jika tidak terdapat luka atau infeksi pada kulit. Bila terdapat gangguan pada struktur, maka kulit menjadi tidak utuh, sehingga tidak dapat melindungi tubuh dari ancaman lingkungan luar.

  • Tampak sehat dan cerah

Kulit yang sehat akan memberikan tampilan yang sehat dan cerah. Jika tampilan kulit terlihat kusam dan timbul jerawat, maka perlu dilihat kembali apakah kulit Anda cukup sehat atau tidak.

1 dari 2 halaman

Deretan asupan yang sebaiknya diganti demi kulit lebih sehat

Melansir dari Healthline.com, selain paparan sinar matahari secara langsung, salah satu musuh besar kulit yang dapat menyebabkan kerusakan dan penuaan dini adalah materi yang disebut advanced glycation end products (AGEs). AGEs sendiri terbentuk saat lemak atau protein bergabung dengan gula yang ada di dalam aliran darah Anda.

Itu berarti, pola makan Anda bisa menjadi cara yang ampuh dalam melawan proses penuaan, sekaligus membantu tubuh dalam menopang kesehatan kulit. Berikut adalah beberapa asupan sehari-hari Anda yang sebaiknya diganti untuk bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat:

1. Kentang goreng

Makanan satu ini memang sangat lezat, tapi jelas bukan pilihan terbaik untuk bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat. Makanan yang digoreng dan mengandung terlalu banyak garam bisa merusak tubuh dalam jangka panjang, sebab makanan yang digoreng dalam minyak panas bisa menimbulkan radikal bebas yang dapat mempercepat proses penuaan.

Anda dapat mengganti kentang goreng dengan ubi rebus yang kaya akan kandungan anti-penuaan yang dapat membantuk produksi kolagen. Meski demikian jangan menambahkan banyak garam pada ubi rebus Anda, sebab garam dapat membuat kulit Anda kekurangan cairan.

2. Daging olahan

Daging olahan, seperti sosis atau daging asap, mengandung banyak sodium, sulfit, dan lemak jenuh. Semua kandungan ini dapat membuat kulit Anda kekurangan cairan dan menyebabkan inflamasi.

Ganti daging olahan dengan ayam panggang yang memiliki kandungan asam amino yang sangat penting dalam produksi kolagen. Selain itu, ayam panggang juga merupakan sumber protein rendah lemak yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Margarin

Margarin sering dianggap sebagai alternatif lebih sehat dari mentega karena diproduksi dari sumber nabati. Namun, margarin juga memiliki kandungan lemak trans yang bisa membuat kulit lebih rentan terhadap paparan radiasi ultraviolet.

Untuk alternatif olesan pada roti isi yang lebih sehat, Anda bisa menggunakan alpukat atau minyak zaitun. Terutama karena kandungan antioksidan pada keduanya.

4. Makanan manis

Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya mempercepat proses penuaan kulit dengan merusak kolagen.

Saat Anda benar-benar menginginkan makanan penutup, lebih baik pilih buah potong segar atau yoghurt yang ditambah madu. Lebih baik lagi jika Anda memilih blueberry yang kaya antioksidan untuk mencegah hilangnya kolagen.

5. Karbohidrat olahan

Jika menginginkan kulit cerah, maka Anda harus menghindari karbohidrat olahan seperti roti putih. Para peneliti menemukan potensi hubungan antara meningkatnya kandungan gula dalam darah – yang disebabkan karbohidrat olahan – dengan meningkatnya kandungan AGEs di dalam tubuh.

Untuk sarapan atau makan siang, Anda bisa mengganti asupan ini dengan roti gandum yang tidak mengandung gula tambahan dan kaya antioksidan.

Itulah deretan asupan yang sebaiknya Anda ganti atau hindari jika menginginkan kulit lebih sehat. Sebab, kulit yang sehat dan terlihat cerah bukan sekadar soal penampilan, tapi juga berfungsi untuk perlindungan tubuh yang lebih optimal.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar