Sukses

Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Kulit Berjerawat

Jerawat bisa meninggalkan noda ketika sudah sembuh. Tapi jangan khawatir, masker lidah buaya bisa membantu Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Hampir setiap orang mendambakan kulit wajah bersih tanpa noda jerawat. Namun sayang, pada banyak kasus, jerawat akan meninggalkan noda untuk waktu yang lama ketika sudah sembuh. Tapi jangan kalut, dengan masker lidah buaya, keluhan Anda tersebut dapat diminimalkan.

Dijelaskan dr. Karin Wiradarma, M. Gizi dari KlikDokter, daging lidah buaya saat dibelah berbentuk seperti jeli yang berlendir. Daging inilah yang mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral. “Mulai dari vitamin A, B12, C, E –yang merupakan antioksidan kuat, asam folat, kolin, kalsium, hingga zink,” kata dr. Karin.

Manfaat lidah buaya untuk kulit berjerawat

Karena kaya akan vitamin dan mineral itulah, masker lidah berkhasiat mengatasi jerawat di wajah. Apa sajakah khasiat lidah buaya?

Yang pertama, kata dr. Karin, jerawat bersifat antiperadangan. Jerawat terjadi karena proses peradangan. Nah, tumbuhan bernama Latin Aloe vera ini dapat meredakan peradangan tersebut, sehingga mempercepat meredakan jerawat yang merah, bengkak, dan nyeri.

Manfaat selanjutnya, aloe vera juga berkhasiat menghilangkan bekas jerawat. “Lidah buaya mengandung zat yang dapat mempercepat pembentukan kolagen, sehingga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dengan lebih baik,” tuturnya.

Di sisi lain, lidah buaya juga dapat menjadi pelembap untuk wajah berjerawat. Wajah berjerawat itu umumnya berminyak. Meski berbentuk gel, lidah buaya tidak menyumbat pori sehingga aman untuk wajah berjerawat. Manfaat terakhir, tutur dr. Karin, adalah lidah buaya bersifat antibakteri, sehingga dapat menghalau bakteri penyebab jerawat.

Cara membuat masker lidah buaya

Karena itulah, masker lidah buaya dapat digunakan untuk meringankan jerawat yang meradang sekaligus melembapkannya. Lidah buaya dapat digunakan sendirian sebagai masker atau dikombinasikan dengan bahan alami lainnya. Dilansir dari Medical News Today, berikut ulasannya.

  • Lidah buaya murni

Seperti dijelaskan di atas, banyak penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki karakteristik tertentu yang membuatnya efektif dalam memerangi jerawat, yakni antibakteri, antioksidan, dan anti-inflamasi.

Untuk mengobati jerawat, Anda dapat mengeruk gel lidah buaya. Oleskan gel ke jerawat meradang, lalu biarkan semalaman. Saat pagi, jangan lupa untuk membersihkannya. 

  • Lidah buaya dan air lemon

Asam sitrat yang ditemukan dalam buah-buahan, seperti lemon, juga dapat membantu mengobati jerawat. Air lemon murni bersifat asam, sehingga mencampurnya dengan lidah buaya mengurangi efek iritasi yang dapat ditimbulkan oleh lemon. Hal ini diamini dr. Arina Heidyana dari KlikDokter.

“Lidah buaya itu kan untuk menghidrasi kulit kering, sekaligus mengurangi beruntusan. Kalau dicampur lemon, manfaatnya bisa bertambah. Lemon itu bermanfaat untuk mengurangi bakteri, termasuk pada jerawat,” kata dr. Arina.

Untuk membuat masker dari bahan-bahan itu, Anda dapat mencampurkan lidah buaya dan air lemon dengan perbandingan 8:1. Oleskan secara merata ke wajah Anda, lalu membiarkannya selama sekitar 10 menit. Hindari area mata karena akan membuat mata sakit. Setelah itu, basuh dengan air hingga bersih.

  • Tea tree oil dan lidah buaya

Penelitian pada 2017 menunjukkan bahwa tea tree oil efektif untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang. Untuk membuatnya sebagai masker, Anda bisa mencampurkan air, lidah buaya, dan 2-3 tetes minyak esensial tea tree oil.

Tea tree oil itu memang cocok untuk kulit berjerawat. Tidak ada masalah dipakai untuk masker jerawat bersama lidah buaya untuk menenangkan kulit,” dr. Arina menjelaskan. 

Biarkan beberapa saat, setelah itu cuci hingga bersih. Ingat, beberapa orang bisa peka terhadap tea tree oil, karena itu tidak ada salahnya mengetesnya pada permukaan yang kecil terlebih dahulu.

  • Lidah buaya, kayu manis, dan madu

Membuat masker wajah dari madu, kayu manis, dan lidah buaya adalah pilihan lain yang dapat membantu meredakan jerawat. Kayu manis dan madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang mirip dengan lidah buaya.

Untuk membuatnya, Anda dapat mencampurkan 2 sendok makan madu, 1 sendok makan lidah buaya, dan ¼ sendok teh kayu manis dalam mangkuk kecil. Oleskan secara merata pada wajah, dan biarkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat.

Masker lidah buaya dapat menjadi pilihan Anda mengurangi peradangan akibat jerawat. Meskipun penggunaan masker ini cenderung aman, Anda dapat terlebih dahulu melakukan tes alergi sebelum mengaplikasikannya ke seluruh wajah. Oleskan masker ke dalam lingkaran kecil di punggung tangan terlebih dahulu. Tunggu dan perhatikan selama beberapa jam. Jika tak ada efek, seperti iritasi atau kemerahan, Anda bisa menggunakannya secara lebih luas di wajah.

[RVS]

1 Komentar