Sukses

Cara Cepat Membangkitkan Mood Anda

Mood bisa turun kapan saja dan pada akhirnya bisa merusak hari Anda. Oleh sebab itu, ketahui cara cepat membangkitkan mood berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak mungkin Anda selalu punya mood atau suasana hati yang bagus. Ada kalanya, mood bisa menjadi turun karena dipicu berbagai hal, dan itu pasti menjengkelkan. Sebab, itu bisa sangat mengganggu aktivitas Anda. Oleh sebab itu, ada harus tahu cara-cara cepat membangkitkan mood berikut ini.

Mood memang perlu dipertahankan selalu dalam keadaan baik. Pasalnya, jika suasana hati buruk, itu bisa memengaruhi berbagai hal. Selain kerjaan jadi tidak beres, orang di sekitar Anda pun bisa kena imbasnya, bahkan Anda bisa jadi malas melakukan apa pun seharian karena mood yang buruk.

"Gangguan mood mencakup berbagai gangguan emosi yang membuat seseorang tidak dapat berfungsi, mulai dari kesedihan pada depresi hingga euforia tidak realistis," kata dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter.

Jika sudah begitu, Anda pasti pernah mendengar bahwa cokelat, terutama cokelat hitam atau dark chocolate, adalah senjata ampuh untuk melawan gangguan mood. Cokelat hitam disebut dapat memengaruhi suasana hati Anda karena dapat merangsang hormon endorfin yang menyebabkan timbulnya perasaan senang.

Cara cepat membangkitkan mood Anda

Namun, selain konsumsi cokelat hitam, ada juga cara-cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membangkitkan mood Anda, yakni:

1. Kosongkan pikiran Anda

Hal ini bisa dilakukan dengan beristirahat sejenak. Sederhana saja: Duduk dengan tenang, tutup mata, dan fokus pada pernapasan Anda. Saat perhatian Anda teralihkan, tarik kembali perhatian tersebut.

Ketika selesai, Anda akan bisa merasa lebih positif dan sabar. Itulah yang Anda butuhkan untuk membangkitkan mood dan bangkit kembali dari stres.

2. Nikmati alam

Pergi keluar rumah untuk menikmati alam selama beberapa menit atau sekadar menikmati pancaran sinar matahari, itu sangat bagus untuk membangkitkan mood Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa menikmati alam dapat memberi Anda lebih banyak energi, memori yang lebih baik, dan lebih sedikit kecemasan. Jika Anda berada di kota, Anda bisa menikmati pohon dan bunga di taman.

3. Tertawa

Baca beberapa lelucon, tonton stand-up comedian favorit Anda, atau bisa juga hubungi teman yang bisa melemparkan candaan bagus. Tertawa jelas dapat meringankan suasana hati, serta merangsang jantung, paru-paru, dan otot Anda.

Hal itu bisa membuat otak Anda melepaskan endorfin dengan lebih baik. Selain itu, bisa juga melemaskan otot-otot dan membantu sirkulasi darah Anda.

4. Mensyukuri apa yang Anda dapatkan

Ambil pena dan buat daftar hal-hal yang bisa Anda syukuri hari ini. Pikirkan tentang hubungan Anda, hal-hal yang berjalan dengan baik, dan setiap bagian positif dari hidup Anda, baik besar atau kecil.

Dengan melakukan ini, Anda akan merasa lebih baik dan semakin kecil kemungkinan terganggu stres. Selain itu, Anda juga hanya butuh sedikit waktu untuk melakukannya.

5. Dengarkan musik kesukaan Anda

Setel beberapa lagu favorit Anda untuk bersantai dan meringankan suasana hati. Penelitian menunjukkan bahwa musik memiliki semua jenis manfaat, termasuk mengurangi kecemasan dan rasa sakit. Jika Anda merasa tergerak untuk bangun dan menari, itu lebih baik lagi.

6. Tunaikan semua tugas Anda

Tugas kecil apa yang sudah lama bersembunyi di benak Anda? Mengganti lampu yang mati, membalas email, atau membuat janji pertemuan? Selesaikan semuanya. Kepuasan melakukan sesuatu yang kecil dapat menghentikan stres dan memberi Anda momentum untuk mengatasi mood yang jatuh.

7. Bercengkrama dengan teman

Mengobrol dengan teman juga bisa meningkatkan mood Anda. Sekadar mengobrol dengan rekan kerja bisa Anda lakukan.

Di sisi lain, menghubungi teman Anda lewat telepon juga bisa memberi Anda lebih banyak dukungan. Studi mendukung ini: Memiliki hubungan yang lebih baik adalah salah satu cara terbaik untuk menjadi lebih bahagia.

8. Makanlah camilan yang bergizi

Mengisi bahan bakar tubuh, tetapi tetap sehat dan sederhana, juga bisa membangkitkan mood Anda. Berikut adalah beberapa idenya:

  • Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C, yang baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

  • Kacang-kacangan

Nikmati segenggam kecil kenari, almon, atau pistachio untuk mendapatkan asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan hormon stres Anda.

  • Biji-bijian utuh

Semangkuk oatmeal atau sepotong roti gandum bisa membantu otak memproduksi lebih banyak serotonin, yang dapat meningkatkan suasana hati Anda.

9. Regangkan diri Anda

Beristirahatlah sejenak untuk meregangkan leher, bahu, punggung, paha, dan pinggul. Cobalah lakukan gerakan yoga yang mudah. Ketika Anda melakukan peregangan, itu bisa menurunkan stres dan mengirim lebih banyak darah ke otot.

10. Semangati diri sendiri

Kata-kata seperti, "Saya yakin pasti bisa melewatinya," atau "Saya yakin semuanya pasti baik-baik saja," bisa memberi dampak positif untuk Anda. Cobalah untuk mengatakannya sesering mungkin dan ucapkan beberapa mantra optimis tersebut dengan suara keras -itu dapat memperbaiki pikiran dan mengurangi stres Anda.

Itulah cara-cara cepat yang bisa Anda lakukan untuk membangkitkan mood atau suasana hati. Pilih yang menurut Anda paling mudah dan jangan sampai justru menyulitkan Anda, sebab mood yang buruk harus segera diatasi jika tidak ingin aktivitas sampai terganggu.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar