Sukses

Berbagai Gejala Anemia yang Harus Diwaspadai

Kurang darah atau anemia dapat dikenali dari beberapa tanda dan gejala. Apa saja gejala anemia? Berikut penjelasan selengkapnya.

Kurang darah atau anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dijumpai di Indonesia, khususnya pada kaum wanita. 

Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Sel darah merah ini penting untuk mengantarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. 

Ada banyak tipe dan variasi dari anemia, tetapi yang paling sering adalah anemia akibat kekurangan zat besi atau dikenal dengan anemia defisiensi besi

Biasanya anemia dikenali dari gejala pucat atau lemas. Namun, apa saja gejala kurang darah lainnya? Berikut adalah gejala anemia yang harus Anda waspadai:

1 dari 10 halaman

1. Wajah Tampak Pucat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu gejala umum dari anemia adalah wajah tampak pucat. Kondisi ini terjadi akibat tubuh kekurangan hemoglobin.

Hemoglobin dalam sel darah merah merupakan senyawa yang membuat darah berwarna merah. 

Bila jumlahnya sedikit, darah akan kurang berwarna merah. Akibatnya, kulit akan tampak lebih pucat dan terasa lebih dingin.

Pucat tak hanya tampak di wajah, tetapi juga di bagian dalam kelopak mata, gusi, dan kuku.

Artikel Lainnya: Kenali Perbedaan antara Anemia dan Tekanan Darah Rendah

2 dari 10 halaman

2. Sering Sakit Kepala

Ciri anemia lainnya yang cukup sering terjadi adalah sakit kepala atau pusing. Hal ini dapat terjadi pada kondisi anemia defisiensi zat besi.

Anemia membuat kadar oksigen yang mencapai otak menjadi lebih sedikit, sehingga menimbulkan tekanan dan nyeri kepala. 

3 dari 10 halaman

3. Tangan dan Kaki Terasa Dingin

Serupa dengan pucat, kadar hemoglobin yang sedikit pada kondisi anemia akan memengaruhi suhu dan warna kulit. 

Akibatnya, kulit akan cenderung terasa lebih dingin dan gejala ini bisa dirasakan di bagian tangan serta kaki. 

4 dari 10 halaman

4. Denyut Jantung Tidak Teratur

Denyut jantung yang tidak teratur menjadi salah satu gejala penyakit anemia. 

Jantung akan berdebar lebih cepat untuk mengalirkan oksigen lebih banyak ke seluruh tubuh, sebagai kompensasi dari anemia yang terjadi. 

5 dari 10 halaman

5. Napas Jadi Lebih Pendek

Penderita anemia akan merasa napasnya jadi lebih pendek dari biasanya. Sebab, jantungnya memompa lebih cepat dan suplai oksigen di dalam tubuhnya tidak optimal. 

Bahkan, pada kondisi yang lebih berat, hal ini dapat menyebabkan sesak napas hingga kehilangan kesadaran.

6 dari 10 halaman

6. Lelah Berlebihan

Kelelahan merupakan salah satu tanda anemia yang sering terjadi, tetapi kerap terabaikan.

Mereka yang mengalami anemia akan kekurangan oksigen pada jaringan tubuhnya. Hal ini akan berdampak pada energi yang dihasilkan. Akibatnya, tubuh akan mudah merasa lelah.

Artikel Lainnya: Coba Konsumsi Minuman Ini Untuk Atasi Anemia!

7 dari 10 halaman

7. Masalah di Rongga Mulut

Anemia juga dapat berdampak pada kesehatan rongga mulut. Karena itu, salah satu gejala anemia adalah mulut kering dan lidah bengkak.

Selain itu, anemia dapat membuat seseorang mudah mengalami sariawan.

8 dari 10 halaman

8. Kulit Kering dan Rambut Rontok

Anda memiliki kulit kering dan rambut rontok? Anemia bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Pasalnya, rendahnya kadar oksigen di dalam tubuh penderita anemia memengaruhi kondisi kelembapan kulit serta menghambat pertumbuhan rambut. Akibatnya, penderitanya akan mengalami kulit kering dan rambut mudah patah. 

9. Sulit Konsentrasi 

Oksigenasi yang tidak sesuai di dalam tubuh dapat memengaruhi fisik maupun mental, termasuk kesulitan untuk fokus mengerjakan tugas sehari-hari. 

9 dari 10 halaman

10. Nyeri Dada

Tanda anemia berikutnya yang dapat diamati adalah nyeri dada. Kondisi ini terjadi karena jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. 

11. Kerusakan Kuku 

Anda memiliki kuku yang rusak dan berbentuk seperti sendok? Waspada, karena hal ini merupakan salah satu ciri anemia defisiensi zat besi. 

Artikel Lainnya: Anemia Tingkatkan Risiko Demam Berdarah, Mitos atau Fakta?

Itulah beberapa tanda dan gejala anemia yang dapat Anda kenali dengan cukup mudah. Bila Anda mengalami satu atau lebih dari gejala di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. 

Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan lanjutan, seperti pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar hemoglobin Anda, memastikan kondisi anemia, serta mendiagnosis tipenya. 

Selanjutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, dokter dapat memberikan pengobatan yang paling tepat.

Selain itu, pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan tinggi zat besi, seperti telur, daging merah, dan sayuran hijau guna terhindar dari anemia. 

Ingin konsultasi seputar gejala anemia atau masalah kesehatan lainnya kepada dokter? Gunakan fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar