Sukses

Minyak Lintah Bisa Bikin Kulit Mulus, Benarkah?

Banyak produk minyak lintah yang dikatakan mampu membuat kulit mulus. Benarkah hal ini jika dilihat dari kacamata medis?

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki kulit mulus dan tampak bersih adalah dambaan hampir setiap orang. Tak heran, sebagian orang rela melakukan apa saja demi mendapatkan kondisi kulit yang demikian. Salah satu metode alternatif yang diduga efektif membuat kulit mulus dan bersih adalah minyak lintah.

Tidak dimungkiri, minyak lintah memang telah lama dipercaya mampu mengobati berbagai masalah kesehatan. Saking hebatnya, minyak yang satu ini bahkan diyakini mampu mengobati masalah kulit sekaligus membuat tampilan kulit lebih mulus dan bersih.

Bagaimana faktanya?

Sayang, manfaat minyak lintah untuk membuat kulit mulus dan bersih hanyalah isapan jempol belaka. Dikatakan dr. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan akan khasiat dari minyak lintah.

“Sampai saat ini belum ada penelitian medis yang menyatakan bahwa minyak lintah efektif untuk menghaluskan kulit maupun mengatasi permasalahan kulit lainnya. Bahkan, tidak sedikit produk minyak lintah yang dijual bebas di pasaran belum memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” jelas dr. Dejandra. 

Alih-alih membuat kulit mulus dan bersih, minyak lintah yang digunakan tidak pada “tempatnya” malah bisa memicu efek samping merugikan. Pada orang-orang dengan kulit sensitif, penggunaan minyak ini bahkan bisa menyebabkan iritasi hingga memicu infeksi.

1 dari 2 halaman

Cara alternatif sesuai medis

Daripada merasakan dampak buruk akibat penggunaan minyak lintah, bagi Anda yang ingin memiliki kulit mulus dan bersih sebaiknya mengikuti panduan yang diberikan dr. Dejandra berikut ini:

1. Rajin cuci wajah dan mandi 

Setiap orang dianjurkan untuk mandi dua kali sehari, yakni di pagi dan sore hari. Apabila aktivitas membuat tubuh Anda kotor, mandilah dengan frekuensi lebih sering. Hal ini bertujuan untuk meluruhkan kotoran dan kuman yang menempel di tubuh, agar tidak membuat kulit tampak kasar dan kusam.

Selain mandi, cucilah juga wajah Anda secara rutin dan teratur. Gunakan skin care yang paling sesuai dengan kondisi kulit Anda.

2. Gunakan pelembap

Pelembap dapat membantu menjaga kesehatan kulit, dengan menjaga kekenyalan dan elastisitasnya. Pelembap bisa digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk Anda dengan kulit berminyak

“Gunakan pelembap dengan kandungan minyak yang sedikit jika Anda memang memiliki kulit berminyak. Gunakan pelembap sehari sekali jika Anda memiliki kulit kering,” jelas dr. Dejandra. 

3. Gunakan sun screen 

Sebelum mengaplikasikan pelembap, gunakan sun screen terlebih dahulu sebagai dasarnya. Sun screen bisa melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari yang terik.

“Gunakan sun screen dengan SPF minimal 30 setiap harinya, dan kembali oleskan setelah tiga hingga lima jam pemakaian,” tambah dr. Dejandra. 

4. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Agar mendapatkan tampilan kulit mulus yang juga halus, dr. Dejandra menyarankan agar Anda mengonsumsi buah maupun sayur yang banyak mengandung vitamin E. 

“Vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menyuplai oksigen ke seluruh organ tubuh, termasuk kulit. Fungsinya untuk melembapkan agar kulit tampak lebih kenyal dan tidak kering. Sayur dan buah yang tinggi antioksidan, misalnya stroberi, kiwi, bayam, dan tomat,” kata dr. Dejandra. 

Tidak hanya vitamin E, sambung dr. Dejandra, makanan yang mengandung kolagen tinggi juga diperlukan untuk meningkatkan kesehatan kulit dengan mengganti sel kulit mati. 

“Kolagen bisa Anda temukan pada makanan, seperti ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan produk kedelai,” jelasnya. 

5. Lakukan perawatan kulit 

Ada banyak metode perawatan kulit yang ditawarkan oleh klinik kecantikan. Jika memang benar-benar ingin memiliki kulit mulus sekaligus bersih, sehat dan halus, lakukanlah perawatan kulit di klinik yang sudah teruju klinis. Pastikan klinik kecantikan yang dipilih sudah tersertifikasi dan memiliki dokter yang udah berpengalaman. 

Kulit mulus dan bersih tidak bisa diwujudkan dengan cara instan. Karenanya, jangan lagi menggantungkan nasib kulit Anda pada penggunaan minyak lintah. Bukannya mulus, bersih, sehat dan halus, penggunaan minyak secara tidak tepat malah bisa mengganggu kesehatan kulit Anda.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar