HomeInfo SehatKulitMinyak Lintah Bisa Bikin Kulit Mulus, Benarkah?
Kulit

Minyak Lintah Bisa Bikin Kulit Mulus, Benarkah?

dr. Karin Wiradarma, 26 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Minyak lintah konon bisa membantu menyehatkan kulit. Apakah hal ini fakta atau hanya mitos belaka? Cek fakta tentang manfaat minyak lintah untuk kulit di sini!

Minyak Lintah Bisa Bikin Kulit Mulus, Benarkah?

Memiliki kulit mulus dan bersih sempurna adalah dambaan hampir setiap orang. Tak heran, beberapa orang rela melakukan apa saja, termasuk mengandalkan metode alternatif, demi mendapatkan kondisi kulit yang demikian. 

Salah satu metode alternatif yang diduga efektif membuat kulit mulus dan bersih adalah dengan menggunakan minyak lintah.

Tidak dimungkiri, minyak lintah memang telah lama dipercaya mampu mengobati berbagai masalah kesehatan. Saking hebatnya, minyak yang satu ini bahkan diyakini mampu mengobati masalah kulit sekaligus membuat tampilannya lebih mulus dan bersih. 

Lantas, apakah manfaat minyak lintah untuk kulit benar ada dari kacamata medis? Yuk, cari tahu kebenarannya!

Manfaat Minyak Lintah untuk Kulit, Cuma Mitos?

Manfaat minyak lintah untuk kulit mulus dan bersih hanyalah isapan jempol belaka. Pasalnya, hingga kini belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan akan khasiat dari minyak tersebut.

Bahkan, tidak sedikit produk minyak lintah yang dijual bebas di pasaran belum memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Faktanya, keamanan produk kosmetik tanpa label BPOM belum teruji sepenuhnya. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk tidak menggunakan kosmetik dan produk lain sejenisnya apabila tidak memiliki label BPOM pada kemasannya. 

Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Minyak Alami untuk Kecantikan

Pemakaian Minyak Lintah Justru Merusak Kulit?

Alih-alih membuat kulit mulus dan bersih, minyak lintah yang digunakan tidak pada ‘tempatnya’ malah bisa memicu efek samping merugikan. 

Pada orang-orang dengan kulit sensitif, penggunaan minyak lintah bahkan bisa menyebabkan iritasi hingga memicu infeksi.

Atas dasar itu, penggunaan minyak lintah lebih baik dihindari, apalagi jika produk tersebut tidak memiliki label BPOM pada kemasannya.

Daripada mengandalkan minyak lintah, lebih baik lakukan cara-cara yang memang terbukti aman secara medis untuk mewujudkan kulit bersih dan mulus.

Hal pertama yang perlu dilakukan, yaitu selalu mencuci wajah dan mandi secara teratur. Setiap orang dianjurkan untuk mandi 2 kali sehari, yakni di pagi dan sore hari. 

Apabila aktivitas membuat tubuh kamu kotor, mandilah dengan frekuensi lebih sering. Hal ini bertujuan untuk meluruhkan kotoran dan kuman yang menempel di tubuh, sehingga kulit tidak tampak kasar dan kusam. 

Selain mandi, jangan lupa juga untuk mencuci wajah secara rutin dan teratur, ya!

Kamu juga perlu menggunakan skin care, termasuk pelembap dan sunscreen, yang paling sesuai dengan kondisi kulit,. 

Pelembap dapat membantu menjaga kesehatan kulit, dengan menjaga kekenyalan dan elastisitasnya. 

Artikel Lainnya: Terapi Lintah untuk Kesehatan, Efektifkah?

Pelembap bisa digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kamu dengan kulit berminyak. 

Setelah mengaplikasikan pelembap, gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari risiko kerusakan akibat paparan sinar matahari. 

Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 setiap harinya, dan jangan ragu untuk mengaplikasikan ulang setelah 3–5 jam penggunaan.

Selanjutnya, konsumsilah juga buah dan sayur yang cukup (4–5 porsi sehari). Sebab, asupan sehat tersebut mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral, yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. 

Terakhir, kamu juga bisa melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan. Pastikan memilih klinik kecantikan terpercaya yang teruji secara klinis, serta memiliki dokter berpengalaman dan tersertifikasi.

Kulit mulus dan bersih tidak bisa diwujudkan dengan cara instan. Karenanya, jangan lagi menggantungkan nasib kulit kamu pada penggunaan minyak lintah. Bukannya mulus, bersih, sehat, dan halus, penggunaan minyak lintah malah bisa merusak kulit kamu.

Yuk, #JagaSehatmu dengan lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit. Apabila memiliki pertanyaan atau ingin tahu lebih lanjut mengenai fakta medis lain, kamu bisa memanfaatkan layanan tanya dokter di Live Chat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

kulitKecantikan

Konsultasi Dokter Terkait