Sukses

Kuku Berwarna Kuning, Apa Penyebabnya?

Kuku berwarna kuning tidak selalu karena kotor atau jorok. Inilah penjelasan tentang penyebabnya.

Klikdokter.com, Jakarta Kuku yang bersih dan sehat tentu akan turut menunjang penampilan fisik Anda. Tanpa kuku yang bersih, mungkin rasa percaya diri Anda juga bisa menurun. Namun, ada juga perubahan warna pada kuku yang tak bisa terelakkan dan bisa mengesankan kotor, misalnya ketika kuku Anda berubah menjadi berwarna kuning. Kira-kira, apa penyebabnya?

Normalnya, kuku yang sehat memiliki warna bening dan putih. Jika kuku Anda tak berwarna seperti itu, maka bisa jadi ada yang salah dengan kondisi kesehatan Anda.

Penyebab kuku berwarna kuning

Menurut dr. Dejandra Resnaya dari KlikDokter, kuku yang berwarna kuning kecokelat-cokelatan bisa menjadi tanda adanya masalah pada sistem pernapasan Anda. Tak hanya itu, warna kuku seperti itu juga bisa menjadi gejala dari diabetes, penyakit kuning, maupun jamur pada kuku.

Apabila disebabkan karena jamur, biasanya akan timbul rasa gatal pada kuku, serta kuku akan menebal dan akhirnya jadi rapuh. Hal ini terjadi ketika jamur mikroskopis menginfeksi lebih dari satu kuku.

“Kuku yang sering basah, kotor, lembap, dan jarang dibersihkan akan meningkatkan risiko infeksi jamur dan menyebabkan kuku jadi kuning. Untuk mencegah hal ini, rajinlah potong kuku dan membersihkan sela-sela kuku dengan menggunakan kapas atau cotton bud yang sudah dicelupkan dalam air mengalir atau air sabun. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan tisu dan oleskan permukaan kuku dengan losion,” jelas dr. Dejandra.

Jika kuku berwarna kuning disebabkan karena adanya penyakit kuning, maka Anda perlu segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Akan tetapi, perlu diketahui juga bila kuku kuning tak selalu menjadi tanda Anda terkena penyakit kuning.

Biasanya, penyakit kuning akan diikuti dengan gejala-gejala lainnya, seperti kulit dan selaput mata berubah menjadi kuning, feses memiliki warna yang pucat, serta urine memiliki warna kuning gelap.

Pengobatan penyakit kuning sendiri akan didasarkan pada penyebabnya. Bila disebabkan virus hepatitis, maka biasanya warna kuning tersebut akan berangsur menghilang seiring dengan pulihnya fungsi hati.

Sementara bila penyebabnya karena adanya sumbatan saluran empedu, maka salah satu langkah pengobatan yang harus dilakukan adalah operasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum menentukan langkah pengobatan yang tepat.

Tips merawat kuku agar tetap bersih dan sehat

Nah, agar terhindar dari berbagai masalah yang menyebabkan kuku jadi berwana kuning, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kuku tetap sehat dan tetap bersih.

Mengutip tulisan dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, inilah cara-caranya:

  • Pastikan kuku tetap kering

Seperti telah dikatakan sebelumnya, kuku yang basah dan tak dikeringkan dengan benar bisa menjadi tempat tinggal berbagai bakteri penyebab jamur. Anda disarankan untuk menggunakan sarung tangan karet ketika mencuci piring atau baju agar terhindar dari bahan kimia yang bisa merusak kuku.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan pelembap yang dibuat khusus untuk kuku agar kuku dapat tumbuh lebih sehat dan kelembapannya selalu terjaga.

  • Jangan lupa potong kuku

“Memotong kuku secara rutin juga bisa membuat kuku tampak lebih sehat dan bersih. Anda juga bisa mengukir ujung kuku agar tidak terlalu tajam dan dapat menusuk jari lainnya,” ujar dr. Adeline.

Hindari mengelupas dan memotong bagian kutikula karena bagian tersebut berfungsi sebagai pelindung kuku. Jika Anda memotong bagian yang satu ini, maka kemungkinan terjadinya infeksi pun akan makin tinggi.

  • Jangan menggigiti kuku

Selain tampak “jorok” kebiasaan menggigiti kuku juga bisa menyebabkan kerusakan pada kuku dan juga gigi. Tak hanya itu menggigit kuku juga berpotensi menyebabkan masuknya kuman berbahaya yang dapat menginfeksi tubuh Anda.

  • Mengonsumsi makanan bernutrisi

Zat besi, seng, vitamin C, dan biotin telah terbukti secara klinis dapat menjaga kesehatan dan kekuatan kuku. Anda bisa menemukan kombinasi zat gizi tersebut pada telur, ikan (terutama ikan salmon), daging, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ubi jalar.

Setelah mengetahui beberapa informasi di atas, jangan lagi anggap remeh kuku yang berwarna kuning. Tak hanya membuat kuku jadi kurang sedap dipandang, kuku berwarna kuning juga bisa menjadi gejala adanya penyakit tertentu. Oleh sebab itu, rawatlah selalu kuku Anda.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar