Sukses

4 Olahraga yang Cocok Dilakukan Lansia di Akhir Pekan

Akhir pekan adalah waktu yang cocok bagi lansia untuk berolahraga. Ini beberapa jenis olahraga yang bisa dijadikan pilihan.

Klikdokter.com, Jakarta Jangan jadikan usia sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Dengan kata lain, bagi yang sudah lansia, Anda tetap perlu aktif bergerak dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Pasalnya, fakta menyebut bahwa tetap aktif bergerak di usia senja mampu membuat lansia lebih sehat, produktif, dan bahagia.

Apakah Anda adalah lansia yang ingin merasakan manfaat tersebut? Jika ya, mulailah berolahraga di akhir pekan ini. Tak perlu melakukan jenis olahraga berat, yang penting bergerak dan bikin hati bahagia.

"Pada prinsipnya, olahraga untuk lansia harus dimulai dari intensitas yang sangat ringan. Kemudian secara bertahap ditingkatkan menjadi olahraga intensitas sedang. Hal terpenting yang perlu diperhatikan, lakukan olahraga sesuai kemampuan Anda dan jangan memaksakan diri," ujar dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter.

Pilihan olahraga yang sesuai untuk lansia

Beberapa jenis olahraga yang sesuai untuk dilakukan oleh lansia, antara lain:

  1. Berjalan

Berjalan adalah jenis olahraga yang sangat sesuai untuk dilakukan oleh para lansia. Meski terbilang ringan dan mudah dilakukan, olahraga ini terbukti mampu membuat tubuh lansia lebih bugar dan fit.

Tak hanya itu, dengan berjalan mengelilingi taman atau lingkungan rumah yang asri di pagi hari, Anda juga bisa menikmati udara segar yang bisa memicu munculnya perasaan bahagia.

  1. Berenang

Kata siapa lansia tidak boleh melakukan olahraga renang? Boleh, kok! Selama kondisi tubuh memadai, lansia dapat berenang dengan sesuka hati. 

Berenang adalah jenis olahraga aerobik yang bisa membuat tubuh lebih bugar, menjaga kesehatan pembuluh darah, serta mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung maupun stroke.

  1. Yoga

Yoga adalah jenis olahraga yang terbukti dapat memberikan manfaat, berupa menjaga keseimbangan, mempertahankan fleksibilitas, dan membuat tubuh lebih bugar.

Untuk merasakan manfaat tersebut, lansia perlu mengikuti kelas khusus agar segala gerakan yang dilakukan sepenuhnya sesuai. Selain itu, mengikuti kelas khusus yoga untuk lansia juga membuat Anda bertemu teman-teman sebaya sehingga bisa lebih menikmati dan bersenang-senang bersama saat berolahraga.

  1. Bersepeda

Ingin olahraga sambil menelusuri suasana lingkungan sekitar? Cobalah bersepeda! Lansia sangat diperbolehkan bersepeda selama kondisi tubuh benar-benar mendukung. 

Bersepeda adalah jenis olahraga aerobik yang sangat baik untuk kesehatan pembuluh darah. Dengan bersepeda, sirkulasi darah akan lebih lancar sehingga risiko penyakit jantung dan stroke bisa diminimalkan. Selain itu, bersepeda juga bikin Anda lebih bahagia dan berpotensi lebih tinggi untuk kembali meraih berat badan ideal.

Lansia dapat mengendarai sepeda sejauh yang diinginkan. Hal terpenting yang perlu selalu diperhatikan, jangan terlalu memaksakan diri. Alih-alih bermanfaat, olahraga dengan memaksakan diri pada lansia justru bisa menyebabkan cedera.

Sebagai lansia, mana olahraga yang hendak Anda lakukan di akhir pekan ini? Selalu ingat untuk tidak terlalu memaksakan diri, supaya Anda terhindar dari hal-hal buruk yang merugikan diri sendiri. Jangan lupa untuk mengombinasikan kebiasaan berolahraga dengan penerapan gaya hidup sehat, pola makan bergizi seimbang, cukup istirahat, dan menghindari rokok maupun alkohol. Dengan ini, Anda akan sepenuhnya mampu menikmati hari tua yang berkualitas.

(NB/ RVS)

1 Komentar