THT

Penyebab Telinga Sakit Saat Flu dan Cara Mengobatinya

dr. Devia Irine Putri, 21 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Saat flu menyerang, keluhan bukan cuma di hidung, tenggorokan, atau badan lemas, tetapi telinga juga bisa sakit. Apa penyebabnya?

Penyebab Telinga Sakit Saat Flu dan Cara Mengobatinya

Kamu perlu ekstra hati-hati saat perubahan cuaca tidak bisa ditebak. Pasalnya, beberapa penyakit lebih sering menyerang saat cuaca tak menentu, salah satunya adalah flu.

Ketika flu menyerang, tak hanya demam yang kamu rasakan. Gejala lain juga bisa muncul, seperti nyeri otot, menggigil, sakit kepala, batuk terus-menerus, sakit tenggorokan, hidung mampet, dan badan lemas. 

Selain itu, telinga sakit saat flu juga bisa terjadi. Kira-kira, apa ya penyebab telinga sakit saat flu?

Penyebab Telinga Sakit Saat Flu

Ragam Cara Mudah untuk Mengatasi Telinga Tersumbat

Flu dapat menyebabkan peradangan pada gendang telinga dan tuba eustachius yang menghubungkan tenggorokan dan telinga tengah.

Perlu kamu tahu, saluran lubang hidung bermuara di tenggorokan, begitu pula dengan telinga. Telinga dan tenggorokan saling terhubung melalui saluran tuba eustachius. Fungsi tuba eustachius adalah menetralkan tekanan pada telinga tengah agar sama dengan tekanan udara luar.

Ketika kamu sedang flu, produksi lendir saluran pernapasan akan meningkat. Peningkatan tersebut dapat menyebabkan tuba eustachius tersumbat. Akibatnya, fungsi tuba eustachius pun terganggu. 

Jika kondisi ini tidak ditangani, maka infeksi telinga bisa terjadi. Infeksi telinga menimbulkan gejala berupa nyeri, penurunan pendengaran, telinga terasa penuh (tersumbat) maupun berdengung.

Artikel lainnya: Jangan Remehkan, Penyakit Flu Bisa Mematikan bagi Penderitanya

Cara Mengatasi Telinga yang Sakit Saat Flu

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat?

Telinga sakit saat flu tentu sangat tidak nyaman. Untuk mengatasinya, coba terapkan cara mengatasi telinga sakit saat flu di bawah ini:

1. Kompres Hangat

Kompres hangat bisa menjadi pertolongan pertama ketika telinga sakit saat flu. Kamu bisa menggunakan handuk yang dibasahi dengan air hangat, lalu berikan kompres pada telinga yang sakit selama 5-10 menit. Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari.

2. Perhatikan Posisi Tidur

Untuk mengatasi telinga sakit saat flu, coba perhatikan posisi tidurmu. Pastikan kamu tidur pada sisi telinga yang tidak sakit. Tujuannya adalah supaya tekanan pada telinga yang sakit berkurang. 

Apabila telinga kanan yang sakit, kamu bisa tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri. Kamu juga bisa tidur telentang menggunakan dua atau lebih bantal untuk mengurangi tekanan. 

3. Cuci Hidung

Saat flu, cuci hidung membantu membersihkan rongga hidung dan mengeluarkan lendir berlebih. Cara ini juga bisa membantu mengurangi rasa sakit pada telinga. 

Lendir yang menumpuk bisa dialirkan ke luar sehingga tekanan bisa berkurang dan nyeri pun mereda. 

4. Penguapan

Telinga sakit saat flu bisa diatasi dengan melakukan penguapan. Uap hangat membantu mengencerkan lendir. 

Lendir pun akan mengalir lebih lancar sehingga tidak memicu sumbatan, tekanan, maupun rasa nyeri.

Artikel lainnya: Saat Flu, Hindari Makanan dan Minuman Ini

5. Terhidrasi dengan Baik

Pastikan kamu minum lebih banyak cairan saat flu menyerang. Selain membantu proses pemulihan, minum air yang cukup bisa mengencerkan lendir.  

6. Minum Obat 

Mengobati sakit telinga karena flu bisa juga dengan mengonsumsi obat antinyeri yang dijual di apotek. Contoh obat yang dimaksud, seperti parasetamol dan ibuprofen

Tak hanya obat pereda nyeri, obat flu yang dijual bebas bisa dipilih untuk mengatasi telinga sakit saat flu. Obat flu umumnya mengandung dekongestan dan antihistamin yang bisa bantu mengurangi keluhan sumbatan akibat flu.

Pastikan kamu mengonsumsi obat tersebut sesuai dosis yang tertera ya. Jika ragu, lebih baik berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Telinga sakit saat flu memang bisa terjadi. Namun, jangan khawatir, umumnya keluhan akan menghilang saat tubuh kamu pulih dari flu. 

Jika gejala tidak kunjung sembuh dan keluhan telinga makin memburuk, sebaiknya periksa ke dokter spesialis THT. Lebih mudah dan cepat, pakai layanan Tanya Dokter di Aplikasi KlikDokter, solusi #JagaSehatmu. 

(ADT/JKT)

Flu