Sukses

Rontgen Gigi, Apa Manfaatnya?

Rontgen gigi merupakan bagian penting dari suatu perawatan gigi. Simak apa saja manfaatnya bagi kesehatan gigi dan mulut Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Rontgen gigi atau radiografi gigi adalah suatu gambaran gigi yang digunakan oleh dokter gigi untuk mengevaluasi kesehatan mulut Anda. Prosedur rontgen gigi ini biasanya menggunakan sinar X sehingga sering juga disebut X-ray.

Sinar yang dipakai untuk rontgen gigi merupakan radiasi dengan tingkat rendah untuk menangkap gambar bagian dalam gigi dan gusi. Selama pemeriksaan rontgen, sinar X yang melewati mulut Anda lebih banyak diserap oleh bagian yang lebih padat (seperti gigi dan tulang) daripada oleh jaringan lunak (seperti pipi dan gusi).

Agar hasil lebih optimal, jika Anda menggunakan aksesoris yang menempel pada tubuh seperti perhiasan berupa kalung, anting atau perhiasan lainnya yg mengandung logam, sebaiknya dilepas terlebih dahulu sebelum melakukan pemeriksaan.

Kapan Anda perlu foto rontgen?

Sebelumnya, dokter gigi akan meninjau riwayat dan memeriksa kesehatan mulut Anda, kemudian memutuskan apakah apakah perlu dilakukan pengambilan foto rontgen dan jenis foto yang dipilih.

Prosedur pengambilan foto rontgen ini tergantung pada kebutuhan masing-masing pasien. Beberapa mungkin bisa melakukan pemeriksaan ini setiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali. Tetapi beberapa lainnya mungkin butuh beberapa tahun sekali.

Namun, jika Anda sedang mengalami masalah gigi atau perawatan tertentu, pengambilan mungkin akan dilakukan lebih sering.

1 dari 2 halaman

Manfaat rontgen gigi

Meski sekilas memang terlihat rumit, rontgen gigi merupakan alat umum yang penting dari suatu perawatan gigi. Beberapa manfaatnya yaitu :

  1. Memberikan gambaran mengenai jaringan keras (gigi dan tulang) serta jaringan lunak yang mengelilingi gigi dan tulang rahang.
  2. Memberikan gambaran seberapa dalam kerusakan gigi atau gigi berlubang yang berkembang di dalamnya atau penambalan yang sudah dilakukan.
  3. Melihat adanya penyakit gusi (penyakit periodontal).
  4. Melihat adanya infeksi yang berkembang di bawah gusi.
  5. Melihat arah pertumbuhan dan perkembangan gigi pada anak.
  6. Mengevaluasi cedera yang terjadi pada daerah mulut dan wajah.
  7. Membantu dokter untuk mengidentifikasi adanya suatu penyakit dan masalah perkembangan sebelumnya.
  8. Melihat posisi gambaran gigi yang tersembunyi, seperti gigi bungsu.

Dengan berbagai manfaat tersebut, setelah melakukan rontgen gigi Anda pun bisa lebih mengetahui kondisi gigi yang sebenarnya, sehingga bisa dijadikan pertimbangan untuk melakukan perawatan gigi ke dokter.

Risiko rontgen gigi yang perlu diwaspadai

Dalam pengambilan rontgen gigi, dokter akan menggunakan prinsip ALARA (As Low As Reasonably Achievable), di mana paparan radiasi yang diterima harus serendah mungkin saat mendapatkan gambaran radiografi.   

Umumnya dokter akan meminta Anda untuk menggunakan sebuah apron yang terbuat dari timah untuk menutupi bagian tertentu, seperti dada, perut dan panggul, agar bagian-bagian tubuh tersebut tidak terkena radiasi. 

Sama seperti halnya dengan rontgen umum, pengambilan rontgen gigi juga memiliki risiko radiasi. Walaupun sinar X melibatkan radiasi, risiko paparan radiasi dari sinar X yang digunakan pada pengambilan rontgen gigi sangatlah rendah, sehingga dianggap aman untuk dilakukan oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Walaupun pengambilan rontgen gigi ini terbilang aman, tetapi jika Anda sedang hamil, jangan lupa untuk informasikan kondisi tersebut kepada dokter gigi. Meskipun tingkat paparan radiasinya rendah, hal yang ditakutkan dapat mengganggu perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. 

Kondisi ini akan membuat dokter gigi Anda memutuskan perlu atau tidaknya dilakukan pengambilan radiografi guna melakukan perlindungan terhadap janin dari paparan radiasi.

Selain itu, jika Anda periksa ke dokter gigi yang baru, jangan lupa sertakan hasil foto rontgen gigi yang Anda miliki. Dengan begitu tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan pengambilan kembali dan paparan sinar radiasi dapat dibatasi.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar