Sukses

Manfaat Aneka Jenis Buah Berry bagi Kesehatan Anda

Terdapat berbagai jenis buah berry yang bermanfaat bagi kesehatan. Mari kenali macam-macam buah berry dan manfaatnya bagi tubuh berikut ini.

Aneka jenis buah berry memiliki warna yang menarik dan rasa yang menggugah selera. Selain itu, buah berry memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Di antara buah berry, mungkin yang paling terkenal adalah stroberi, blueberry, dan blackberry. Akan tetapi, sebenarnya masih ada banyak lagi buah berry lain yang memiliki manfaat luar biasa ketika dikonsumsi secara rutin.

Yuk kenali berbagai macam  jenis berry yang punya segudang manfaat bagi kesehatan dengan membaca ulasan berikut ini.

1. Blueberry

Blueberry memiliki warna yang sangat khas, yakni biru tua. Warna tersebut berasal dari senyawa kuat yang disebut anthocyanin

Para peneliti meyakini antioksidan yang terkandung dalam buah ini bisa membantu melindungi Anda dari kanker, penyakit jantung, demensia, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Akan tetapi, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hal tersebut dengan pasti.

Blueberry mengandung kadar serat yang tinggi, vitamin C, vitamin K, dan zat mangan. Meskipun kaya akan zat gizi tersebut, blueberry merupakan jenis buah yang rendah kalori sehingga aman dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Artikel Lainnya: Pigmen Biru dalam Blueberry bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi?

1 dari 7 halaman

2. Blackberry

Dari segi tekstur maupun warna, buah blackberry ini mirip sekali seperti anggur. Buah ini mengandung zat polifenol, yaitu bahan kimia yang dapat mengatasi peradangan pada penyakit jantung dan kanker.

Blackberry juga dapat membantu usus kecil Anda memecah gula lebih baik, sehingga dapat menurunkan kemungkinan diabetes. Konsumsilah blackberry dalam keadaan segar atau beku. Secangkir blackberry polos mengandung sekitar 7 gram gula.

3. Stroberi

Buah yang identik dengan warna merah ini penuh dengan vitamin C, asam folat, serat, dan antioksidan. 

Jenis berry ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, membantu mengelola gula darah, serta melawan efek penuaan pada otak.

Kandungan gula stroberi tergolong tinggi. Kendati begitu, indeks glikemik stroberi sebenarnya sangat rendah, yakni hanya 40.

Indeks glikemik yang rendah menyebabkan stroberi lambat dicerna tubuh. Alhasil, penyerapan glukosa darah pun akan berlangsung lambat. 

Artikel Lainnya: Bahaya Buah Ciplukan bagi Kesehatan

2 dari 7 halaman

4. Goji Berry

Berwarna dan mirip biji melinjo, goji berry telah menjadi bagian dari pengobatan Tiongkok selama ribuan tahun. Buah ini mengandung vitamin C, vitamin B2, vitamin A, zat besi, dan antioksidan.

Setelah melewati berbagai penelitian, para ilmuwan meyakini bahwa goji berry dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan penyakit jantung, membantu otak, membantu pencernaan, dan mencegah kanker.

Pastikan Anda hanya mengonsumsi goji berry yang matang. Goji berry yang mentah bisa mengandung racun. Dianjurkan juga untuk tidak mengonsumsi goji berry jika sedang hamil, menyusui, atau mengonsumsi obat pengencer darah.

5. Cranberry

Cranberry bisa membantu mencegah masalah infeksi saluran kemih (ISK). Buah ini memang tidak bisa mengobati ISK, tetapi cranberry dapat memperkecil peluang Anda terkena masalah kesehatan ini.

Jenis berry tersebut bisa menurunkan risiko bakteri tinggal di perut Anda dan menyebabkan infeksi.

Para ilmuwan sedang mempelajari apakah buah ini dapat mencegah kanker dan meningkatkan kesehatan jantung.

Akan tetapi, perhatikan berapa banyak porsi jus cranberry yang Anda minum. Jika terlalu banyak, sistem pencernaan Anda dapat terganggu dan menyebabkan batu ginjal.

Artikel Lainnya: Manfaat Camu-Camu Berry untuk Kesehatan

3 dari 7 halaman

6. Elderberry

Buah yang bentuknya mirip dengan blueberry ini telah digunakan untuk melawan pilek dan flu selama ratusan tahun.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstraknya dapat mempersingkat gejala flu jika Anda meminumnya pada hari pertama atau kedua saat sedang flu. 

Pastikan Anda hanya makan elderberry yang sudah dimasak masak. Mengonsumsi elderberry mentah beserta daunnya bisa menyebabkan masalah kesehatan tertentu.

Lalu, wanita hamil, ibu menyusui, dan orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh tidak dianjurkan mengonsumsi elderberry.

Selain itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi elderberry jika Anda meminum obat diabetes, diuretik, atau obat pencahar.

7. Raspberry Merah

Raspberry merah mengandung nutrisi yang dapat membantu melawan berbagai jenis kanker dan melindungi otak.

Meski demikian, jenis buah yang satu ini memang agak sulit dijumpai di Indonesia. Jika Anda berminat, Anda bisa mencarinya di pasar swalayan yang menjual buah impor.

Artikel Lainnya: Manfaat Chasteberry untuk Kesehatan Sistem Reproduksi Wanita

4 dari 7 halaman

8. Kiwi

Buah kiwi termasuk ke dalam jenis berry. Buah yang berwarna hijau khas ini memiliki zat lutein yang dapat membantu melindungi mata Anda.

Selain itu, jenis berry ini mengandung zinc yang baik untuk kulit, rambut, dan kuku yang sehat. Sementara itu, kandungan kaliumnya bisa membantu Anda mendapatkan hasil atau manfaat berolahraga yang lebih baik. 

9. Mulberry

Mulberry memiliki bentuk yang mirip dengan blackberry, namun rasanya seperti jeruk bali.

Mulberry dapat menurunkan kadar kolesterol, membantu mencegah penyakit hati berlemak, dan meningkatkan kontrol gula darah.

Mulberry juga dapat mengurangi stres oksidatif, yang dapat mengurangi risiko kanker.

10. Blackcurrant

Blackcurrant mengandung antosianin, zat polifenol, antioksidan, vitamin C, dan asam gamma-linoleat (GLA).

Karena kandungan tersebut, blackcurrant sering dihubungkan dengan manfaatnya dalam meningkatkan sistem imun tubuh, efek antimikroba, antiinflamasi, antiviral, antiseptik, dan antikanker.

Artikel Lainnya: Manfaat Masker Blueberry untuk Perawatan Kulit Wajah

5 dari 7 halaman

11. Anggur

Nutrisi dalam buah anggur dapat membantu melindungi tubuh dari kanker, masalah penglihatan, penyakit kardiovaskular, dan kondisi kesehatan lainnya. Resveratrol adalah nutrisi utama anggur yang memiliki manfaat tersebut.

Selain itu anggur adalah sumber serat, kalium, berbagai vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan. Buah anggur cocok dikonsumsi penderita diabetes selama mereka mengonsumsinya dalam jumlah cukup dan diperhitungkan dalam rencana diet.

12. Acai Berry

Acai berry mengandung lemak sehat dan gula dalam jumlah rendah, serta memiliki kandungan mineral yang cukup banyak, termasuk anthocyanin.

Menurut penelitian pada hewan dan setidaknya satu penelitian pada manusia, konsumsi acai berry dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Artikel Lainnya: Manfaat Buah Cranberry untuk Kesehatan Vagina

6 dari 7 halaman

13. Gooseberry

Kadar zat besi yang terlalu tinggi dapat memicu radikal bebas, yaitu molekul yang merusak sel-sel Anda.

Jika sel-sel dalam otak punya kadar zat besi sangat tinggi, organ tersebut akan lebih rentan terhadap kerusakan.

Di dalam 100 mg buah gooseberry terdapat sumber alami asam organik yang  menyediakan 11 hingga 14 mg asam sitrat.

Asam sitrat dapat memblokir zat besi dalam sel dan dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan stroke jika dikonsumsi secara teratur.

14. Bilberry

Seperti jenis buah berry lainnya, bilberry memiliki banyak manfaat kesehatan. Bilberry membantu melawan peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, mencegah diabetes, serta mengurangi risiko kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan bilberry dapat membantu mengatasi kelelahan mata, yang dapat menyebabkan ketegangan mata, sakit kepala, ketegangan bahu, dan penglihatan kabur atau ganda.

Itu dia aneka jenis-jenis berry beserta manfaat luar biasa yang terkandung di dalamnya. Buah berry bisa dijadikan pilihan ketika Anda bosan dengan buah-buahan sehat lain.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengonsumsi berry. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung, mengolahnya menjadi jus maupun smoothie, atau mencampurkannya ke dalam sajian oatmeal.

Selain bermanfaat untuk menjaga daya ingat, antioksidan yang terkandung dalam berbagai jenis berry juga berguna menjaga kesehatan kulit dan sendi, serta mencegah penyakit darah tinggi (hipertensi).

Selamat mencoba aneka ragam jenis berry! Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar