Sukses

8 Cara agar Lansia Bisa Meningkatkan Level Stamina

Lansia bisa tetap bisa memiliki stamina tinggi dan kondisi tubuh yang bugar dengan melakukan beberapa hal ini.

Klikdokter.com, Jakarta Kondisi fisik lansia biasanya tidak seprima saat muda dahulu. Salah satu yang paling mudah terlihat adalah kebugaran atau level stamina yang menurun drastis. Orang yang berusia di atas 60 tahun secara alamiah akan terus mengalami proses biologis penuaan. Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, keadaan ini ditandai dengan menurunnya kondisi fisik dan daya tahan tubuh, sehingga penyakit lebih mudah terjadi.

Kendati demikian, lansia tak perlu sepenuhnya pasrah pada keadaan. Lansia bisa berupaya agar kondisi fisik dan stamina terus optimal, sehingga kualitas hidup bisa tetap terjaga.

Untuk menjaga agar stamina lansia tidak menurun, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Bahkan cara-cara ini bisa Anda jalankan sejak belum memasuki fase tersebut.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan level stamina saat memasuki masa lansia:

1. Berolahraga

Olahraga, seperti berjalan di sekitar perumahan atau taman, dapat membantu merangsang tingkat energi, sehingga membantu tubuh untuk tetap aktif. Hal ini pada akhirnya akan membuat pikiran lebih fresh.

Tak hanya itu, melakukan aktivitas aerobik intensitas ringan yang lain seperti berkebun, membereskan rumah, dan sejenisnya juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung, pernapasan, dan mengurangi stres.

2. Hindari stres

Stres dapat menurunkan daya tahan tubuh, termasuk pada lansia. Jika tidak segera diatasi dengan cara yang tepat, stres yang dialami lansia sangat berisiko memicu timbulnya penyakit.

Oleh karena itu, bagi lansia yang ingin selalu sehat dan berstamina, wajib mengelola stres dengan sebaik-baiknya.

3. Mengonsumsi makanan tinggi protein

Pasokan karbohidrat berlebih pada lansia cenderung mencetuskan perasaan malas dan pergerakan yang lebih lambat. Berangkat dari alasan tersebut, lansia mesti pintar-pintar membatasi asupan pasta, nasi atau roti sehari-hari.

Sebagai gantinya, lansia bisa mengonsumsi makanan tinggi protein seperti daging tanpa lemak dan sayuran. Jika didapatkan dalam jumlah memadai setiap hari, protein mampu membuat tubuh lansia lebih sehat dan berstamina.

4. Hindari rokok

Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Seperti yang Anda tahu, rokok mengandung ribuan zat beracun yang beberapa di antaranya dapat mencetuskan berbagai penyakit mematikan. Tak hanya itu, rokok dan asapnya juga mampu menurunkan kemampuan tubuh, termasuk dalam hal stamina.

5. Cukup tidur

Lansia perlu mendapatkan tidur yang cukup, sekiranya 7–8 jam setiap malam. Lansia juga perlu segera beristirahat setelah merasa lelah. Jika lansia merasa ingin tidur, jangan ragu untuk melakukannya, termasuk di siang hari. 

6. Cukup kebutuhan air minum

Jangan sungkan untuk sering-sering minum air putih, agar tubuh tetap terhidrasi. Hal ini dapat membantu menjaga tingkat energi Anda, dan membantu mempertahankan kestabilan berat badan. Tak hanya itu, minum cukup air putih juga akan membuat Anda terhindar dari nyeri otot dan sakit kepala.

7. Latihan kekuatan

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, latihan kekuatan bisa dilakukan oleh lansia dengan mengangkat botol air mineral yang dilakukan secara perlahan-lahan. Selain itu, lansia juga bisa menggerakan tangan tanpa beban selama beberapa menit.

"Latihan kekuatan juga bisa dilakukan dengan cara bangun lalu berdiri dari kursi. Hal ini pun sama, perlu dimulai secara perlahan terlebih dahulu seperti halnya pemanasan," ujar dr. Fiona.

8. Makan secara teratur

Lansia dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil dan dengan frekuensi yang lebih sering. Selain membantu sistem pencernaan untuk melakukan tugasnya dengan optimal, hal ini juga bertujuan agar proses penyerapan nutrisi dari makanan berlangsung lebih sempurna.

Proses penuaan ketika usia bertambah adalah hal yang alamiah. Stamina dan kebugaran tubuh pada lansia memang tidak bisa disejajarkan dengan orang muda. Meski begitu, lansia tetap harus berupaya agar kesehatannya selalu terjaga. Dengan tubuh dan pikiran yang sehat, niscaya lansia bisa terhindar dari penyakit berbahaya.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar