Sukses

Adakah Pengaruh Gigi Berlubang Terhadap Tes Kesehatan?

Selain bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, ternyata gigi berlubang juga bisa memengaruhi hasil tes kesehatan. Inilah penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Mendapatkan suatu pekerjaan, terutama di perusahaan besar, tentu tidak mudah. Terdapat serangkaian tes yang harus Anda jalani, mulai dari tes psikologi, tes kemampuan bekerja, hingga tes kesehatan. Khusus untuk tes yang disebut terakhir, ternyata kondisi gigi berlubang bisa turut memengaruhi hasilnya. Bagaimana bisa?

Tes kesehatan sering kali menjadi salah satu syarat untuk bisa bergabung sebagai karyawan di sebuah perusahaan atau saat Anda ingin kembali melanjutkan sekolah. Tapi sayangnya, banyak orang yang cenderung menganggap remeh tes tersebut.

Umumnya, pemeriksaan yang dilakukan dalam tes kesehatan mencakup pemeriksaan kondisi tubuh secara keseluruhan, termasuk gigi dan mulut. Tujuannya adalah untuk mengetahui riwayat penyakit yang Anda derita dan mendeteksi secara dini kemungkinan adanya suatu penyakit yang belum terlihat.

Saat menjalankan tes kesehatan, banyak orang yang merasa percaya diri bahwa tubuhnya sehat dan tidak memiliki masalah. Akibatnya, mereka jadi mengacuhkan beberapa kondisi di tubuh, seperti gigi berlubang.

Padahal, adanya gigi berlubang bisa sangat memengaruhi hasil penilaian tes tersebut. Bahkan, bisa saja sampai menggagalkan tes Anda.

Contohnya, jika Anda mengikuti tes untuk menjadi anggota militer, pemeriksaan kesehatan tubuh, termasuk gigi dan mulut, sangatlah penting untuk kelolosan tes secara keseluruhan. Gigi berlubang, meski hanya satu, dapat menggagalkan tes tersebut.

Namun, sebenarnya tidak hanya gigi berlubang saja. Masalah kesehatan mulut lainnya, seperti penumpukan karang gigi dan gigi yang hilang, juga dapat mempengaruhi hasil tes.

1 dari 2 halaman

Mengapa gigi berlubang bisa memengaruhi hasil tes?

Gigi berlubang sendiri merupakan suatu kondisi di mana gigi mengalami kerusakan akibat sisa-sisa makanan yang tidak tersikat. Sisa-sisa makanan tersebut kemudian membentuk sebuah lapisan lengket berwarna putih yang disebut plak. Plak ini kemudian dapat mengikis lapisan pelindung gigi atau email.

Proses ini sebenarnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Akan tetapi, bila gigi berlubang dibiarkan saja tanpa perawatan, lubang akan bertambah dalam dan parah.

Jika lubang sudah mencapai rongga pulpa, di mana pada rongga tersebut terdapat syaraf dan pembuluh darah, rasa sakit yang hebat akan muncul dan mengganggu Anda.

Rasa sakit yang muncul dapat menjalar hingga ke kepala dan akan membuat Anda tidak nyaman melakukan aktivitas apa pun. Inilah yang dianggap akan memengaruhi kinerja Anda di perusahaan. Rasa nyeri yang tidak bisa ditahan pasti mengganggu aktivitas dan konsentrasi sehari-hari.

Pada kasus yang parah, gigi berlubang juga dapat menyebabkan infeksi lebih lanjut. Gusi menjadi bengkak dan terdapat benjolan berisi nanah yang disebut abses.

Tidak hanya itu, bau mulut yang tidak sedap juga dapat timbul akibat gigi berlubang yang tidak dilakukan perawatan. Kondisi ini tentu akan memengaruhi penampilan Anda, terutama saat bertemu dan berkomunikasi dengan rekan kerja atau klien.

Mengatasi gigi berlubang

Pada prinsipnya, gigi berlubang harus dirawat dan jangan dibiarkan, apalagi ditunggu sampai ada keluhan atau rasa sakit. Gigi berlubang dapat diatasi dengan perawatan yang disesuaikan dengan tingkat keparahannya.

Jika lubangnya masih sebatas lapisan dentin, penambalan dapat segera dilakukan. Namun, jika lubang sudah mencapai rongga pulpa, maka perawatan saluran akar harus dilakukan terlebih dahulu.

Sebagai tindakan pencegahan, menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk dilakukan. Sikatlah gigi dua kali sehari agar permukaan gigi terbebas dari sisa-sisa makanan. Jangan lupa juga untuk flossing, minimal satu kali sehari untuk membersihkan sisa-sisa makanan di celah gigi.

Jadi, jika Anda memiliki gigi berlubang dan berencana untuk melamar suatu pekerjaan, sebaiknya atasi dulu masalah tersebut dengan berkonsultasi ke dokter gigi. Jangan sampai gigi berlubang memengaruhi atau bahkan sampai menggagalkan hasil tes kesehatan Anda. Hari Kesehatan Gigi dan Mulut yang pada hari ini perlu menjadi awal bagi Anda untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan gigi dan mulut. Tidak hanya Anda, tapi juga seluruh anggota keluarga.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar