Sukses

Yuk, Lakukan Aktivitas Fisik untuk Mencegah Depresi dan Ansietas

Depresi dan ansietas bisa menyerang siapa saja. Anda bisa mencegah kondisi tersebut dengan rutin melakukan aktivitas fisik.

Klikdokter.com, Jakarta Gangguan kesehatan mental seperti depresi dan ansietas saat ini makin sering muncul dan dialami oleh sebagian masyarakat. Keduanya merupakan jenis gangguan kesehatan mental yang paling sering ditemukan di seluruh dunia. Demi mencegah kondisi tersebut sebenarnya Anda bisa melakukan aktivitas fisik secara rutin.

Dampak ansietas dan depresi

Gangguan mental seperti depresi dan ansietas berhubungan dengan kualitas hidup dan tingkat kepuasan hidup yang rendah dari penderitanya.  Kondisi gangguan mental ini – depresi dan ansietas – ternyata juga banyak memicu gangguan kesehatan lain seperti gangguan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Pada orang-orang yang mengalami depresi dan ansietas – dan terkena gangguan kesehatan jantung dan pembuluh darah - angka kematian pun menjadi lebih tinggi.

Mempertimbangkan besarnya masalah depresi dan ansietas, para ahli kesehatan jiwa terus berupaya untuk menemukan cara-cara mencegah gangguan ini. 

Terdapat beberapa faktor yang tidak dapat diubah – seperti susunan komponen genetik seseorang – yang dapat memengaruhi munculnya depresi dan ansietas. Selain itu ada pula faktor penyebab lain yang dapat diubah, seperti gaya hidup. Dua faktor gaya hidup yang dapat dimodifikasi adalah pola makan dan aktivitas fisik atau kebiasaan melakukan olahraga. 

Manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan mental

Melakukan aktivitas fisik atau olahraga rutin dapat membantu mencegah depresi dan ansietas. Hal ini terbukti dari studi-studi yang mempelajari hubungan kebugaran jantung dan paru dengan gangguan kesehatan mental. Kebugaran jantung dan paru adalah seberapa baik kedua sistem tersebut dapat mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh manusia selama seseorang melakukan olahraga. 

Salah satu penelitian yang ada membandingkan orang sehat yang rutin melakukan olahraga dan yang tidak rutin melakukan olahraga. Hasilnya lalu dievaluasi selama beberapa tahun untuk melihat adanya gangguan kesehatan mental yang terjadi.

Berdasarkan data dari empat studi yang ditelaah, kebugaran jantung dan paru yang didapat dari melakukan olahraga rutin dapat mencegah gangguan kesehatan mental, terutama depresi dan ansietas. 

Orang yang tidak rutin melakukan olahraga lebih berisiko untuk mengalami gangguan depresi dan ansietas. Risiko depresi dan ansietas meningkat 47 persen pada orang dengan kebugaran jantung dan paru yang rendah.

Pada orang dengan kebugaran jantung dan paru tingkat sedang, risiko depresi dan ansietas 23 persen lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang mempunyai kebugaran tinggi.

Dengan demikian, terlihat bahwa kebugaran jantung dan paru secara bertahap memberikan dampak baik terhadap kesehatan mental seseorang. 

Secara umum, kebugaran jantung dan paru dapat ditingkatkan dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga kardio yang dilakukan minimal 30 menit, setidaknya tiga kali setiap minggu dapat meningkatkan kebugaran jantung paru. 

Selain dari mencegah depresi dan ansietas, kesehatan secara umum juga dapat meningkat dengan melakukan olahraga rutin. Bagi pasien yang sudah mengalami depresi dan ansietas, melakukan olahraga rutin dapat membantu mengurangi gejala-gejala yang dialami.

Aktivitas fisik rutin juga membuat obat-obat depresi dan ansietas menjadi lebih efektif. Hal-hal ini mendukung pasien depresi dan ansietas untuk rutin melakukan olahraga sebagai bagian dari pengobatan atau pemulihan dari kondisinya.

Kebugaran jantung dan paru yang didapat dari olahraga rutin sebaiknya dilakukan  oleh semua orang. Meskipun olahraga dapat membantu mencegah depresi dan ansietas, hal ini mungkin tidak dapat mencegah gangguan kesehatan mental pada orang-orang dengan faktor genetik yang membuat mereka lebih rentan terhadap gangguan-gangguan tersebut.

Namun secara umum, gejala dan masalah yang dialami akibat depresi dan ansietas dapat lebih dijaga dan dikendalikan dengan melakukan olahraga rutin. Aktivitas fisik yang dilakukan 30 menit setidaknya tiga kali setiap minggu dapat meningkatkan kebugaran jantung dan paru.

Jadi, ingatlah untuk selalu melakukan aktivitas fisik sesering mungkin untuk mencegah munculnya depresi dan ansietas. Dengan melakukannya secara rutin, kesehatan fisik dan mental Anda pun dapat selalu terjaga.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar