Sukses

Cara Mengatasi Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi

Salah satu komplikasi akibat sakit gigi adalah pipi bengkak. Awas, jangan sampai kondisi ini mengganggu rutinitas. Berikut cara mengatasi pipi bengkak karena sakit gigi.

Pipi bengkak karena sakit gigi adalah salah satu keluhan yang cukup sering ditemukan. Kondisi ini bisa membuat bentuk wajah menjadi tidak simetris, juga dapat mengganggu aktivitas  karena biasanya disertai rasa sakit tumpul secara terus-menerus. 

Sakit gigi umumnya terjadi akibat tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan saksama. Risiko kondisi tersebut juga bisa meningkat apabila Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan manis atau mengandung gula tinggi.

Lantas, kenapa sakit gigi bisa menyebabkan pipi bengkak? Yuk, cari tahu faktanya!

Artikel Lainnya: Waspadai Ketika Sakit Gigi Spontan dan Berdenyut

 

1 dari 3 halaman

Kenapa Pipi dan Gusi Bengkak saat Sakit Gigi ?

Pipi yang bengkak biasanya diawali dengan kerusakan gigi, gigi berlubang, atau penyakit gusi yang terjadi tanpa perawatan. Kondisi-kondisi tersebut merupakan awal mula munculnya infeksi pada gigi.

Ketika infeksi terjadi, gusi dan wajah akan membengkak karena tubuh sedang berusaha memberantas bakteri yang menyerang. Bila tidak segera diberikan pengobatan dan perawatan yang tepat, kondisi tersebut dapat bertambah parah dan menyebabkan abses.

Abses adalah kantong berisi nanah yang dapat pula terbentuk di dalam mulut. Kondisi ini timbul akibat infeksi bakteri, dan umumnya ditandai dengan rasa sakit. Bila tidak segera ditangani dapat memperburuk keluhan yang sebelumnya terjadi.

Beberapa gejala yang berkaitan dengan abses mulut, antara lain:

  • Sakit gigi berdenyut parah
  • Nyeri dan bengkak pada gusi di sekitar gigi yang terkena
  • Gigi terasa sensitif terhadap suhu panas dan dingin
  • Demam
  • Kesulitan saat mengunyah atau berbicara
  • Kelenjar getah bening membengkak
  • Bau mulut atau halitosis

Artikel Lainnya: Sakit Gigi Terasa Nyut-nyutan? Lakukan Ini!

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Pipi dan Gusi Bengkak karena Sakit Gigi

Cara mengobati pipi dan gusi bengkak karena gigi berlubang atau akibat masalah gigi lainnya di antaranya:

1. Kompres Dingin

Kompres dingin menggunakan es batu merupakan cara menghilangkan bengkak sakit gigi yang paling mudah dilakukan. Tindakan ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang muncul pada area yang terlibat.

Tidak hanya itu, kompres dingin juga bisa mempersempit pembuluh darah untuk memperlambat aliran darah ke daerah yang bengkak.

Saat melakukan kompres dingin, pastikan untuk tidak menempelkan es batu secara langsung ke kulit. Hal tersebut justru dapat merusak jaringan dan memperburuk keadaan.

Lebih baik balut es batu dengan kain atau handuk, lalu tempelkan ke pipi yang bengkak selama 10–20 menit. Berikan jeda selama 20 menit sebelum Anda menempelkannya kembali. Ulangi hingga Anda merasa nyaman.

2. Kumur Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat juga dapat dijadikan cara menghilangkan bengkak karena sakit gigi. Cara ini juga diduga mampu meredakan rasa sakit, lho.

Caranya, campurkan 2 sendok garam ke dalam air hangat, haduk, kemudian kumur secara perlahan. Lakukan kegiatan ini 3 kali sehari sampai rasa sakit berkurang dan Anda merasa nyaman.

3. Periksa ke Dokter Gigi

Anda mesti memeriksakan diri ke dokter gigi, apalagi jika pembengkakan pada pipi disertai rasa sakit hebat, demam, menggigil, dan nyeri saat membuka mulut.

Gejala-gejala tersebut dapat terkait dengan infeksi gigi, yang bila dibiarkan dapat merusak gusi maupun jaringan penting di dalam mulut.

Keluhan bahkan bisa menyebar hingga ke tulang rahang. Anda pun berisiko lebih tinggi mengalami infeksi darah atau sepsis yang mengancam jiwa. 

4. Obat Antinyeri dan Antiradang

Anda dapat mengonsumsi obat antinyeri dan antiradang, yang bebas dibeli di apotek. Obat-obatan tersebut dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan yang melibatkan gigi, gusi, ataupun pipi.

Pastikan untuk mematuhi anjuran dosis yang tertera di label kemasan. Apabila setelah 3 hari gejala tidak mereda, segera berobat ke dokter gigi.

Artikel Lainnya: Penyakit Ini Bisa Menjadi Penyebab Sakit Gigi dan Mulut

5. Antibiotik

Jika penyebab pipi bengkak berasal dari infeksi bakteri, obat antibiotik dapat dijadikan pilihan untuk mengatasinya.

Namun, konsumsi antibiotik wajib berdasarkan anjuran dari dokter. Anda tak bisa mengonsumsi obat jenis ini sembarangan, karena bisa meningkatkan risiko resistensi antibiotik yang justru memperburuk keadaan.

6. Perawatan Saluran Akar Gigi

Salah cara untuk mengempeskan pipi bengkak akibat sakit gigi adalah dengan tindakan open bur.

Open bur adalah awal dari tindakan perawatan saraf gigi, di mana mahkota gigi akan ‘dibuka’ sehingga gas dari nanah bisa keluar. Hal ini bisa meredakan ketegangan abses dan mengurangi rasa sakit.

Setelah bengkaknya kempes, tindakan akan dilanjutkan dengan perawatan saluran akar gigi.

7. Drainase

Tindakan drainase akan dilakukan oleh dokter gigi, khususnya jika pembengkakan sangat berat dan antibiotik tidak memberikan manfaat yang diharapkan.

Drainase dilakukan dengan membuat sayatan untuk jalan keluarnya nanah dan bakteri. Tindakan ini dapat pula meredakan ketegangan di area yang terlibat, sehingga rasa nyeri ikut berkurang.

Sebagai pencegahan, jagalah kebersihan gigi dan mulut Anda dengan saksama. Jangan lupa juga untuk memeriksakan gigi ke dokter minimal 6 bulan sekali. Jangan sampai sakit gigi mengganggu hari-hari Anda.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai kesehatan gigi dan mulut, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi

Makassar Dental Journal. Diakses 2021. Penatalaksanaan infeksi rongga mulut: Ludwig’s angina (Laporan Kasus)

Medical News Today. Diakses 2021. Gum abscess: Everything you need to know

NHS. Dikases 2021. Dental abscess

0 Komentar

Belum ada komentar