Sukses

Perhatikan 3 Hal Ini sebelum Memilih Car Seat untuk Bayi

Memilih car seat untuk bayi tidak boleh sembarangan, agar keamanan dan kenyamanan buah hati tetap terjaga. Yuk intip kiatnya!

Klikdokter.com, Jakarta Memilih car seat untuk bayi yang tepat penting dilakukan oleh orang tua yang kerap berkendara dengan mobil. Pasalnya, orang dewasa mungkin nyaman-nyaman saja ketika duduk di dalam mobil karena ukuran tubuhnya sudah sesuai dengan kursi yang telah disediakan interior mobil. Namun, hal tersebut mungkin tidak dirasakan oleh bayi karena tubuhnya masih mungil. 

Menurut dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter, car seat tak cuma bikin bayi lebih nyaman saat berada di dalam mobil. Dengan car seat, Anda pun tidak perlu memangku anak selama di perjalanan.

“Selain itu, anak akan merasa lebih nyaman karena duduk dengan posisi yang ergonomis dan keselamatan juga lebih terjamin ketimbang tidak pakai car seat,” dia menjelaskan. 

Untuk mencapai tujuan kenyamanan serta keselamatan buah hati, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan ketika orang tua memilih car seat untuk bayi. Berikut penjelasannya. 

Beli bekas atau sekalian yang baru, ya?

Sebenarnya, tidak ada yang melarang untuk membeli car seat bekas karena harganya lebih murah. Tapi sebelum membeli, ada baiknya Anda pikir baik-baik.

Secara kasat mata mungkin barang tersebut masih bagus, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa ada kerusakan di bagian tertentu yang tidak terlihat. Lagi pula, sebagian besar car seat hanya bertahan selama 6 tahun. Itu dapat terlihat dari stiker yang berisi tanggal pembuatannya.  

Jika Anda ingin membeli car seat bekas, pastikan kekurangannya tidak berada di aspek-aspek yang penting, seperti fungsi sabuk pengaman dan bantalan kursi. Jika hanya ada goresan atau baretan mungkin tidak apa-apa, tapi kalau sudah mengenai fungsi, lebih baik beli yang baru. 

Fungsi sabuk pengaman menjadi aspek yang paling penting. Jika klip dada sudah longgar sehingga tidak dapat mengunci dengan rapat atau letaknya yang sudah terlalu rendah, maka jangan dibeli. Pengaman car seat harusnya berada di dekat pangkal ketiak bayi agar dapat menyangga dengan sempurna.

Sebelum membeli, ada baiknya juga Anda melihat review car seat tersebut di internet. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan produk yang hendak dibeli. 

1 dari 2 halaman

Jangan salah pilih kategori car seat

Bukan cuma kualitasnya saja yang mesti diperhatikan, Anda pun tak boleh salah dalam memilih kategori car seat. Ya, kategori dibuat berdasarkan rentang berat badan si Kecil, misalnya:

  • Kategori grup 0 untuk anak usia 6-9 bulan dengan berat mencapai 10 kilogram.
  • Kategori grup 0 plus untuk anak usia 9-15 bulan dengan berat mencapai 13 kilogram.
  • Kategori grup 1 untuk anak usia 9 bulan s.d. 4 tahun dengan berat 9-18 kilogram.
  • Kategori grup 2 untuk anak usia 4-6 tahun dengan berat sekitar 15-25 kilogram.
  • Dan kategori grup 3 untuk anak usia 6-11 tahun dengan berat sekitar 22-36 kilogram.

Jika Anda memilih kategori grup 2 hanya karena modelnya menarik, padahal bayi Anda baru hendak berusia 1 tahun, maka car seat akan longgar dan tak bisa menjaga bayi dengan maksimal. 

Menghadap depan, belakang, atau kombinasi?

Setelah memutuskan kategori, Anda pun mesti tahu jenis car seat yang hendak dibeli. Apakah itu yang menghadap ke belakang, ke depan, kombinasi, atau bahkan, yang booster? Nah, agar tak salah pilih dan sesuai dengan kebutuhan, berikut petunjuknya:

  • Car seat menghadap belakang cocok untuk bayi di bawah 15 bulan. Gunanya, agar leher bayi terhindar dari tekanan air bag yang menggembung bila terjadi kecelakaan.
  • Car seat menghadap ke depan cocok untuk bayi yang beratnya sudah mencapai 9-18 kilogram. Ini dilengkapi dengan tali kekang dan sabuk pengaman yang kuat serta bantalan kepala untuk mencegah benturan.
  • Car seat kombinasi. Kursi yang satu ini sangat fleksibel dan bisa digunakan oleh anak usia 6 bulan hingga 6 tahun. Namun, ada harga, ada kualitas, car seat kombinasi biasanya punya harga yang sangat mahal.
  • Car seat booster. Kursi ini dikhususkan untuk anak yang berat badannya lebih dari 15 kilogram. Kenyamanan dan keamanannya pun sama baiknya, hanya saja, fiturnya sudah tidak selengkap car seat booster khusus bayi yang usianya masih hitungan bulan.

Memilih car seat untuk bayi memang gampang-gampang susah, bukan cuma soal modelnya, tapi juga soal keamanan dan kenyamanan. Tak mengapa bila Anda memutuskan untuk beli car seat yang bekas. Dengan catatan, fungsi car seat masih baik, fiturnya masih lengkap, belum dipakai hingga 6 tahun, dan jenis serta kategorinya sesuai dengan kebutuhan anak. 

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar