Pernapasan

Flu Tak Kunjung Sembuh? Ini 7 Faktor Penyebabnya

dr. Theresia Rina Yunita, 20 Mei 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sudah rutin minum obat tapi masih tetap flu? Waspadai penyebab flu berkepanjangan berikut ini.

Flu Tak Kunjung Sembuh? Ini 7 Faktor Penyebabnya

Cuaca yang semakin tidak menentu mengakibatkan daya tahan tubuh melemah. Akibatnya flu, dengan gejala batuk pilek, bisa dengan mudah terjadi. Bahkan bagi sebagian orang lainnya, keluhan flu tak kunjung sembuh. Nah, jangan-jangan kamu salah satu orang yang saat ini sedang mengalami flu?

Memang, flu adalah keluhan yang terkesan biasa saja. Pasalnya, keluhan tersebut tidak terlalu mengganggu dan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu konsumsi obat-obatan khusus.

Tapi, jangan salah! Ternyata ada juga flu yang menetap atau terjadi berulang kali. Beberapa penyebab flu berkepanjangan, antara lain: 

1. Alergi 

Coba kamu ingat-ingat lagi, kapan keluhan flu muncul? Apakah hanya saat di pagi hari, atau hanya saat kamu melakukan atau berada di ruangan tertentu? Jika ya, bisa jadi gejala flu itu disebabkan oleh alergi

Untuk mengatasinya kamu harus menghindari pencetus alergi (alergen) agar tak terus-menerus kambuh. Selain itu konsumsi obat antialergi cukup ampuh untuk menekan reaksi alergi dalam tubuh. Namun, jika keluhan terasa sangat berat, segeralah berobat ke dokter.

2. Sinusitis

Sinusitis juga dapat menjadi penyebab flu berkepanjangan dan cenderung terjadi berulang. Pada kondisi ini, terdapat lendir kental dan umumnya berbau, disertai adanya lendir yang mengalir dari hidung ke kerongkongan. 

Sinusitis bisa dipicu oleh pembesaran konka, benda asing di hidung, polip atau tumor di hidung, rhinitis alergi, serta.

3. Suhu Dingin

Flu tak kunjung sembuh dapat terjadi apabila tubuh kamu sering terpapar suhu dingin secara langsung. Sebab, suhu yang terlalu dingin dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga kuman lebih mudah menginfeksi. Kondisi serupa juga bisa membuat proses penyembuhan berlangsung lebih lama. 

Perlu diketahui juga bahwa kamu yang sedang sakit flu butuh banyak minum air putih agar tenggorokan tidak kering dan daya tahan tubuh membaik. Jika kamu tidak banyak minum air, tenggorokan akan semakin kering dan kondisi tubuh bisa semakin tidak enak lagi. 

Artikel Lainnya: Kapan Harus Mendapatkan Vaksin Flu? 

4. Dikelilingi Orang yang Sakit Flu dan Jarang Cuci Tangan

Berada di satu ruangan dengan orang-orang yang terkena flu dapat membuat kamu tertular. Parahnya, dengan berada di sekitar orang flu, kamu yang sebelumnya sudah mengalami kondisi serupa akan mengalami proses penyembuhan yang lebih lama. 

Hal ini khususnya apabila kamu malas mencuci tangan atau tidak memakai masker. Faktanya, flu dapat dengan mudah menyebar melalui percikan air liur (droplet) yang keluar dari mulut atau hidung penderita. 

Oleh sebab itu, ada baiknya masing-masing penderita flu memakai masker untuk mencegah penyebaran penyakit. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala.

Pastikan juga untuk mengonsumsi obat pereda flu agar gejala yang kamu alami tidak semakin parah. Obat pereda flu bisa kamu temukan dengan mudah di apotek terdekat, seperti Mixagrip. Konsultasi juga ke dokter sebelum kamu mengonsumsi obat tertentu.

5. Imunitas Rendah 

Salah satu penyebab flu tak kunjung sembuh adalah daya tahan tubuh yang rendah. Karena itulah, supaya kamu cepat sembuh dari flu, maka daya tahan tubuh harus meningkat. Sayangnya, daya tahan tubuh tak akan meningkat jika kamu kelelahan akibat aktivitas yang terlalu padat.

Oleh karenanya, pastikan kamu selalu cukup istirahat dan hindari begadang untuk memperbaiki imunitas tubuh. Selain itu, tingkatkan imunitas tubuh dengan konsumsi makanan bergizi dan multivitamin, rajin berolahraga, hindari stres, serta cukup minum air putih.

Artikel Lainnya: Berkeringat Saat Flu Bikin Kondisi Tubuh Membaik, Ini Alasannya

6. Merokok

Daya tahan tubuh juga tidak akan meningkat jika kamu punya kebiasaan merokok. Parahnya lagi, penderita flu yang merokok juga akan mengalami perburukan kondisi saluran pernapasan. Alhasil, bukannya sembuh, flu malah bertambah parah.

Merokok akan mengiritasi saluran napas kamu sehingga tidak heran akan muncul keluhan seperti batuk. Selain itu, asap rokok bagi beberapa orang dapat menimbulkan reaksi alergi sehingga hidung jadi tersumbat dan bersin-bersin. 

7. Bukan Flu Biasa

Sebagian besar flu yang kita alami dapat sembuh dengan sendirinya, namun ada pula ternyata kondisi medis tertentu yang membutuhkan penanganan lanjutan. Pada kasus flu yang disertai lendir hijau kuning, demam, sesak dan justru semakin hari semakin memburuk, ada baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter.

Mungkin saja flu kamu memerlukan pengobatan antibiotik, terapi inhalasi, atau penanganan lainnya yang tidak dapat kamu lakukan sendiri di rumah. 

Jadi, apakah kamu mengalami flu tak kunjung sembuh atau sering terjadi berulang kali? Jika ya, kamu mungkin memiliki satu atau lebih dari faktor-faktor di atas. 

Akan tetapi, jika tak yakin dengan ada atau tidaknya faktor-faktor tersebut, sebaiknya konsultasikan keluhan kamu kepada dokter. 

Apabila punya pertanyaan mengenai flu atau masalah kesehatan lain, kamu bisa berkonsultasi melalui Tanya Dokter di KlikDokter. 

[FY]

Flu

Konsultasi Dokter Terkait