Sukses

Inilah 5 Faktor Penyebab Flu Lama Sembuh

Batuk pilek masih saja muncul padahal sudah rutin minum obat flu? Waspada, mungkin saja hal ini yang jadi penyebab flu lama sembuh.

Klikdokter.com, Jakarta Cuaca saat ini makin tidak menentu. Bagi sebagian orang, kondisi ini bisa mengakibatkan daya tahan tubuh melemah. Akibatnya flu – dengan gejala batuk pilek – bisa dengan mudah terjadi. Bahkan bagi sebagian orang lainnya, flu jadi lebih lama sembuh. Nah, jangan-jangan Anda salah satu orang yang saat ini sedang mengalami flu?

Memang, flu adalah keluhan yang terkesan biasa saja. Pasalnya, keluhan tersebut tidak terlalu mengganggu dan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu konsumsi obat-obatan khusus.

Tapi, jangan salah! Ternyata ada juga flu yang menetap atau terjadi berulang kali, lho!

Penyebab flu lama sembuh

Beberapa biang keladi penyebab flu lama sembuh dan cenderung terjadi berulang kali, di antaranya:

1. Alergi 

Coba Anda ingat-ingat lagi, kapan keluhan flu muncul? Apakah hanya saat di pagi hari, atau hanya saat Anda melakukan atau berada di ruangan tertentu?

Jika ya, bisa jadi gejala batuk pilek yang disangka flu itu disebabkan oleh alergi. Apabila betul disebabkan oleh alergi tetapi yang dikonsumsi adalah obat flu, tentu saja keluhan tak akan sembuh. 

Menurut penuturan dr. Anita Amalia Sari kepada KlikDokter, pada kasus flu akibat rhinitis alergi, penderita mesti mencari pencetus kondisi terkait.

“Penderitanya harus menghindari pencetus alergi (alergen) agar tak terus-menerus kambuh. Jika tidur atau beraktivitas di ruangan ber-AC, jangan lupa untuk bersihkan AC secara rutin,” tutur dr. Anita.

Batuk pilek karena alergi kemungkinan sering kambuh di pagi hari, saat udara dingin, atau saat perubahan cuaca. Supaya gejala tak terlalu parah, akali dengan perbanyak istirahat, mengawali hari dengan mengonsumsi minuman hangat, dan konsumsi obat antihistamin jika gejala alergi sudah tak tertahankan. Jika keluhan terasa sangat berat, segeralah berobat ke dokter.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Sinusitis

Menurut dr. Anita, sinusitis juga dapat menjadi penyebab flu lama sembuh dan cenderung terjadi berulang. Pada kondisi ini, terdapat lendir kental dan umumnya berbau, disertai adanya lendir yang mengalir dari hidung ke kerongkongan atau post nasal drip.

“Jika sudah terdapat lendir di daerah hidung dan kerongkongan, Anda akan sulit bernapas dan merasa nyeri di wajah,” tambah dr. Anita. 

Sinusitis adalah peradangan dari sinus paranasal yang terletak di tulang tengkorak manusia. Faktor penyebabnya adalah pembesaran konka, benda asing di hidung, polip atau tumor di hidung, rhinitis alergi (sering bersin di pagi hari), polusi dan lingkungan yang kering atau dingin. 

3. Suhu dingin

Flu sangat mungkin menetap dan terjadi berulang apabila tubuh Anda sering terpapar suhu dingin secara langsung. Sebab, suhu yang terlalu dingin dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga kuman lebih mudah menginfeksi. Kondisi serupa juga bisa membuat proses penyembuhan berlangsung lebih lama. Selain itu, suhu dingin juga membuat Anda tidak merasa haus meski sebenarnya tubuh sedang dehidrasi atau kekurangan cairan.

Perlu diketahui juga bahwa Anda yang sedang sakit flu butuh banyak minum air putih agar tenggorokan tidak kering dan daya tahan tubuh membaik. Jika Anda tidak banyak minum air, tenggorokan akan semakin kering dan kondisi tubuh bisa semakin tidak enak lagi.

4. Dikelilingi orang yang sakit flu dan jarang cuci tangan

Berada di satu ruangan dengan orang-orang yang terkena flu dapat membuat Anda tertular. Parahnya, dengan berada di sekitar orang flu, Anda yang sebelumnya sudah mengalami kondisi serupa akan mengalami proses penyembuhan yang lebih lama. Hal ini khususnya apabila Anda malas mencuci tangan atau tidak memakai masker. 

Faktanya, flu dapat dengan mudah menyebar melalui percikan air liur (droplet) yang keluar dari mulut atau hidung penderita. Oleh sebab itu, ada baiknya masing-masing penderita flu memakai masker untuk mencegah penyebaran penyakit. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala.

5. Kelelahan dan terus-menerus merokok

Supaya Anda cepat sembuh dari flu, maka daya tahan tubuh harus meningkat. Sayangnya, daya tahan tubuh tak akan meningkat jika Anda kelelahan akibat aktivitas yang terlalu padat.

Tak hanya itu, daya tahan tubuh juga tidak akan meningkat jika Anda punya kebiasaan merokok. Parahnya lagi, penderita flu yang merokok juga akan mengalami perburukan kondisi saluran pernapasan. Alhasil, bukannya sembuh, flu malah bertambah parah.

Jadi, apakah Anda mengalami flu yang lama sembuh atau sering terjadi berulang kali? Jika ya, Anda mungkin memiliki satu atau lebih dari faktor-faktor di atas. Akan tetapi, jika tak yakin akan dengan ada atau tidaknya faktor-faktor tersebut, sebaiknya konsultasikan keluhan yang dialami pada dokter. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui penyebab utama flu lama sembuh dan mendapat pengobatan yang paling sesuai.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar