Sehat dan Bugar

Tips Membangkitkan Semangat untuk Kembali Olahraga

dr. Valda Garcia, 06 Feb 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kadang kita kehilangan semangat olahraga karena beberapa hal, salah satunya kesibukan. Namun, Anda bisa kembali membangkitkan motivasi olahraga dengan tips berikut.

Tips Membangkitkan Semangat untuk Kembali Olahraga

Anda sedang dalam kondisi tidak bersemangat untuk berolahraga? Jangan khawatir, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk membangkitkan kembali motivasi olahraga. 

Pada dasarnya, motivasi adalah penting ketika ingin berolahraga. Bagi para atlet, misalnya, motivasi olahraga mungkin datang dari keinginan untuk bersaing dan menang. Namun, bagi orang kebanyakan, motivasi olahraga dipicu oleh keinginan menurunkan berat badan dan hidup sehat.

Apa pun motivasi Anda, tidak ada yang salah. Asalkan Anda melakukannya dengan konsisten dan bertanggung jawab. Lantas, bagaimana jika Anda masih kekurangan motivasi olahraga? Beberapa hal ini mungkin bisa membantu Anda:

1. Tujuan

Langkah pertama adalah memiliki sesuatu untuk dikerjakan. Tidak masalah apakah itu tujuan penurunan berat badan atau tujuan lainnya, yang penting bisa membuat Anda berhasil dalam berolahraga. Lalu, jangan berpikir juga bahwa Anda harus menetapkan hanya satu tujuan. 

Anda dapat mengatur sebanyak yang Anda suka, kapanpun Anda mau. Tetapkan tujuan harian, misalnya "saya akan berjalan selama 20 menit hari ini". Bisa juga tujuan mingguan "saya akan mendapatkan minimal 3 latihan dalam minggu ini".

2. Persiapan

Setelah Anda memutuskan untuk berolahraga, siapkan segala sesuatu sebelumnya untuk memudahkan Anda. 

Misalnya, kemasi tas olahraga Anda malam sebelumnya, siapkan makanan atau camilan sebelum latihan untuk menambah mood, serta rencanakan latihan apa yang akan dilakukan. 

3. Disiplin

Buat rutinitas dan Anda akan mengembangkan disiplin untuk mematuhinya. Jika Anda bisa, rencanakan waktu reguler Anda untuk bisa berolahraga. Begitu saatnya tiba, Anda seperti otomatis untuk melaksanakannya. 

Anda juga dapat membuat ritual untuk menambah semangat berolahraga. Misalnya, luangkan waktu beberapa menit sebelum mulai untuk mendengarkan lagu dengan tempo yang cepat, yang pada akhirnya membuat Anda siap untuk aktivitas fisik. Temukan cara untuk menjadikan olahraga seperti kebiasaan sehari-hari, seperti menyikat gigi.

4. Fleksibilitas

Ingin membangkitkan motivasi olahraga? Cobalah untuk lebih fleksibel. Rutinitas sangat membantu, tapi jangan terlalu kaku. Anda tetap bisa menetapkan beberapa kelonggaran. 

Anda mungkin berencana joging empat kali seminggu, tetapi akan tiba suatu hari ketika Anda terlalu lelah atau Anda tidak punya waktu. Jika itu terjadi, jangan paksakan. Namun ingat, jangan sampai kelonggaran yang Anda berikan itu malah kebablasan.

Artikel Lainnya: Tips Sukses Kembali Olahraga Rutin setelah Liburan

5. Komitmen

Menjadi sehat bukanlah keputusan yang Anda buat sekali, itu keputusan yang Anda buat setiap hari. Berkomitmen kembali ke tujuan Anda membuat Anda tetap pada jalurnya. 

Luangkan beberapa menit setiap pagi untuk berpikir atau menulis tentang apa yang ingin Anda capai hari itu dan bagaimana Anda akan melakukannya. Ingatkan diri sendiri tentang tujuan Anda, dan luangkan waktu untuk menghargai seberapa jauh Anda telah mencapai itu.

6. Jadikan Olahraga Menyenangkan

Semua daftar di atas akan menjadi percuma jika Anda tidak menikmati berolahraga. Pastikan Anda merasakan bahwa olahraga adalah sesuatu yang menyenangkan.

Jika Anda sudah merasa monoton, luangkan waktu untuk gerakan yang tidak terstruktur dan mengalir bebas. Misalnya berjalan-jalan atau menari mengikuti alunan musik. 

Artikel Lain: 7 Tips agar Tidak Cepat Lelah Saat Olahraga

7. Hadiah

Salah satu cara menambah motivasi olahraga adalah dengan memberikan hadiah pada diri Anda sendiri. Berjanjilah bahwa Anda akan memberikan hadiah pada diri sendiri setelah Anda mencapai tujuan. Mungkin Anda menghadiahi diri Anda sendiri dengan pijatan yang menyegarkan tubuh selepas latihan melelahkan. 

8. Mengajak Partner

Pada beberapa orang, berolahraga sendiri mungkin tidak begitu menarik. Cara membangkitkan semangat olahraga yaitu dengan mengajak teman dekat atau partner Anda ketika berolahraga. Dengan cara ini, maka dapat membantu Anda lebih semangat dan waktu berolahraga menjadi tidak terlalu terasa berat.

9. Kombinasikan dengan Hobi

Jika Anda memiliki hobi tertentu, seperti menari atau bermain bola maupun basket, hal ini bisa menjadi pilihan. Ketika tren sepeda sedang hype, Anda tidak harus mengikutinya jika memang tidak menyukainya karena justru hanya dapat menambah beban ketika Anda berolahraga.

10. Persiapkan Alat Olahraga yang Menarik

Jika Anda memilih kegiatan olahraga yoga, mungkin Anda dapat memilih yoga mat sesuai dengan warna dan motif favorit Anda. Hal ini dapat membantu Anda menjadi lebih semangat dalam berolahraga.

Tak sulit, bukan, untuk membangkitkan kembali motivasi olahraga? Cara agar tidak malas olahraga di atas bisa jadi panduan Anda. Agar manfaatnya maksimal, lakukanlah olahraga secara rutin, ya. 

Baca artikel menarik lainnya mengenai tips olahraga hanya di aplikasi KlikDokter

[FY]

Olahraga

Konsultasi Dokter Terkait