HomeInfo SehatPencernaanCara Sehat yang Efektif Atasi Patah Hati
Pencernaan

Cara Sehat yang Efektif Atasi Patah Hati

dr. Theresia Rina Yunita, 06 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Patah hati bisa saja terjadi tanpa diantisipasi. Jangan tenggelam dalam emosi, lebih baik lakukan cara ini agar menemukan solusi.

Cara Sehat yang Efektif Atasi Patah Hati

Patah hati merupakan kondisi yang terjadi tanpa dikehendaki. Umumnya hal ini mencetuskan tekanan yang besar sehingga membuat orang yang mengalaminya stres, bahkan depresi.

Patah hati akibat bercerai atau pisah ranjang adalah salah satu penyebab stres tersering dalam kehidupan manusia.

Jika kondisi ini dibiarkan terjadi berkelanjutan, orang yang mengalaminya akan lebih berisiko untuk mengalami berbagai penyakit. Karena itu, orang-orang yang saat ini sedang mengalami patah hati harus segera melakukan upaya agar bisa segera terbebas dari kondisi tersebut.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi patah hati yang bisa membantu:

1. Manfaatkan Semua Dukungan yang Ada

Ketika Anda mengalami masa-masa sulit yang berujung pada sakit hati, berceritalah pada anggota keluarga, teman, kerabat, atau kenalan yang Anda percayai. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan dukungan, sehingga kondisi tidak terlalu drop.

Banyak studi melaporkan bahwa meningkatnya dukungan sosial pada berbagai suasana, termasuk berduka, kekerasan seksual, kanker, bahkan peperangan, memicu pada kesehatan fisik dan mental yang lebih baik.

Bahkan, meningkatnya dukungan terbukti dapat mengurangi depresi serta stres pasca-trauma.

Dukungan sosial dapat berupa empati, motivasi, ataupun informasi mengenai hal-hal menyenangkan yang bisa membangkitkan gairah kehidupan.

Karenanya, usahakan untuk menerima apa yang ditawarkan orang-orang yang berusaha menyemangati, agar Anda bisa kembali seperti sedia kala.

2. Konsultasikan dengan Terapis

Cara menghilangkan patah hati bisa dengan konsultasi kepada terapis, misalnya psikolog atau psikiater. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan wejangan dari ahli yang profesional.

Seorang terapis sangat mungkin untuk memberikan Anda pandangan yang tak dapat “dilihat”, dan hal tersebut bisa membantu Anda untuk bangkit dan menjadi orang yang lebih baik.

3. Memelihara Hewan 

Ketika sedang tidak ingin mengganggu atau menghubungi seseorang, Anda bisa mengalihkan perhatian dan mendapatkan kenyamanan dari hewan peliharaan.

Hewan dapat merasakan bahwa ada sesuatu yang salah, sehingga mereka akan berusaha untuk menenangkan manusia. Jadi, ketika mengalami masa sulit, Anda dapat merasakan suatu cinta tanpa syarat dari hewan peliharaan kesayangan.

Cara untuk mengobati patah hati yang satu ini telah teruji. Pasalnya, penelitian mengungkapkan bahwa hewan peliharaan seperti anjing atau kucing mampu mengurangi kecemasan dan stres, meningkatkan kesehatan jantung, serta membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.

4. Mulai Menulis

Para peneliti telah menemukan berbagai keuntungan dari menulis secara ekspresif. Dikatakan bahwa aktivitas tersebut dapat menurunkan detak jantung dan membantu tubuh lebih beradaptasi terhadap stres yang terjadi.

Artikel Lainnya: Berapa Lama Kita Bisa Sembuh dari Rasa Sakit Patah Hati? Ini Faktanya

Namun, dibandingkan menulis perasaan Anda secara acak, cobalah untuk memasukkannya ke dalam sebuah cerita.

Fakta menyebut bahwa ekspresi emosional dan berusaha menceritakan kembali suatu kejadian traumatis (account making) merupakan proses psikologis yang dapat membantu mengatasi rasa patah hati.

5. Lebih Mengenal Diri Sendiri

Penelitian menyebutkan bahwa individu yang menyayangi diri sendiri cenderung lebih cepat untuk terbebas dari rasa patah hati akibat sebuah perpisahan.

Oleh sebab itu, salah satu cara terbaik untuk mengatasi atau menyembuhkan patah hati adalah dengan lebih mengenal diri sendiri dan mengingat siapa diri Anda sebenarnya.

Saat patah hati, jangan marah pada diri sendiri. Percayalah bahwa setiap orang pernah mengalami patah hati dengan caranya masing-masing.

Jadi, jika saat ini sedang merasa patah hati, jangan pernah berpikir bahwa Anda adalah manusia yang paling sial sedunia. Akan lebih baik bila Anda menjadikan momen tersebut sebagai sarana introspeksi, agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

6. Mencari Kesibukan

Menyibukkan diri juga dapat menjadi cara mengatasi patah hati. Dengan banyaknya aktivitas, Anda tidak memiliki waktu untuk memikirkan patah hati Anda.

Kendati demikian, tetap berikan waktu untuk bersedih, jangan memaksakan diri untuk langsung beraktivitas normal seperti biasa.

Anda dapat menyibukkan diri dengan melakukan hobi atau hal-hal yang menyenangkan. Misalnya berlibur, hang out dengan teman-teman, menonton film, pergi ke salon, berbelanja, dan lain sebagainya. 

Artikel Lainnya: Alasan Lagu Sedih Cocok Didengarkan saat Patah Hati

7. Mengubah Penampilan

Mengubah penampilan setelah patah hati adalah salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan diri. Cara ini juga dianggap dapat menghilangkan sakit hati karena cinta.

Dengan mengubah penampilan, Anda akan termotivasi untuk memulai dan menjalani hidup baru dengan segar.  

Anda bisa memotong rambut, mewarnai rambut, men-styling rambut, dan berbelanja make up.

8. Nikmati Kesendirian

Hindari terburu-buru mencari pasangan baru sebagai pelampiasan. Nikmatilah waktu sendiri Anda untuk memperbaiki diri. Selain itu, Anda akan belajar menghadapi rasa patah hati, menata hati, dan akhirnya bangkit. 

Terburu-buru menjalin hubungan baru akan membuat Anda mengulang kesalahan yang sama dan malah semakin membuat Anda terluka.

9. Memberikan Waktu untuk Bersedih

Berikan waktu untuk diri Anda bersedih. Rasakan setiap kesedihan, emosi, dan amarah yang menghampiri Anda. Setelah itu, perlahan Anda akan merasakan kesedihan yang memudar dan lama-lama menghilang. 

10. Mendekatkan Diri kepada Tuhan

Salah satu cara terampuh untuk mengatasi patah hati adalah berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Dengan cara ini, Anda akan mengambil sisi positif dari setiap cobaan yang Anda alami.

Percayalah, akan ada pasangan yang lebih baik menanti Anda setelah patah hati yang Anda alami.

Satu hal yang perlu Anda ingat, tidak ada cara instan untuk pulih dari sebuah patah hati. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan usaha yang sepadan, hari-hari Anda pasti akan menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Jika ingin konsultasi seputar patah hati yang Anda alami kepada ahlinya, Anda bisa menggunakan fitur Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

[WA]

Patah Hatikesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait