Sukses

Bayi Sulit Tidur, Lakukan 4 Hal Ini

Bayi juga sama seperti orang dewasa, bisa mengalami sulit tidur. Kalau bayi Anda mengalaminya, maka lakukan hal-hal berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Jangan kira masalah sulit tidur hanya bisa dialami oleh orang dewasa, bayi pun bisa mengalaminya. Padahal, bayi butuh tidur yang lebih lama agar tumbuh kembangnya lebih optimal. Oleh sebab itu, jika si Kecil sampai kesulitan tidur ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat si Kecil mudah tertidur.

Bayi sulit tidur juga bisa dibilang sebagai insomnia. Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, insomnia pada bayi dapat terjadi karena banyak faktor, seperti kondisi lapar, tidak nyaman dengan lingkungan tempat tidur, maupun saat dalam keadaan sakit.

Masalah insomnia pada bayi, sebenarnya tidak hanya persoalan kesulitan untuk tidur. Gangguan tidur ini juga memengaruhi bagaimana agar tetap bertahan dalam tidur.

"Gangguan tidur ini dapat berlanjut menjadi masalah kesehatan karena dapat mengganggu tahapan pertumbuhan dan perkembangan si Kecil, serta mengganggu keseimbangan sistem kekebalan tubuhnya," kata dr. Devia.

Mengatasi gangguan sulit tidur pada bayi

Buruknya kualitas tidur pada si Kecil bisa memengaruhi kesehatannya. Oleh karena itu gangguan sulit tidur pada si Kecil harus segera diatasi. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan, yaitu:

1. Tetapkan rutinitas tidur sedini mungkin

Bayi biasanya menyukai rutinitas. Oleh karena itu, Anda perlu membangun rutinitas untuk tidur pada siang dan malam harinya. Hal ini sangat penting.

Rutinitas sebelum tidur siang biasanya berlangsung 5 hingga 10 menit. Beberapa hal yang bisa dilakukan ibu untu menidurkan si Kecil antara lain membuainya secara lembut dan memutarkan lagu yang bisa membuat bayi tertidur.

Sementara itu, rutinitas sebelum tidur malam yang bisa Anda lakukan hingga 60 menit adalah mandi, pijat dan disuapi makan.

2. Jaga agar lingkungan tidur mereka tetap sama

Cobalah menjaga lingkungan tidur si Kecil selalu sama setiap kali mereka tidur pada siang atau malam hari. Dengan melakukan ini, si Kecil akan terbiasa terlelap dan terbangun di tempat yang sama setiap hari.

Jika tujuan Anda adalah membuat si Kecil tidur siang dan sepanjang malam di boks bayi, maka Anda harus mulai memperkenalkan area tidur yang baru tersebut secara perlahan.

3. Tetapkan waktu untuk tidur siang

Penting bagi Anda untuk mencoba dan menjaga si Kecil agar memiliki jadwal tidur yang cukup teratur. Artinya, tidur siang harus setidaknya 30 sampai 45 menit, tapi tidak lebih dari 3 jam.

Jika si Kecil tidak cukup tidur, ini dapat menyebabkan mereka menjadi lelah, cerewet, dan mengakibatkan sulit tidur di malam hari.

Di sisi lain, si Kecil memiliki terlalu banyak waktu tidur siang juga tidak baik dan berpotensi menyebabkan mereka mengalami masalah tidur pada malam hari atau bangun sangat pagi pada hari berikutnya. Ingatlah bahwa tidur siang dibutuhkan untuk perkembangannya.

4. Makan-main-tidur-ulangi

Selain harus ada rutinitas dalam menidurkan si Kecil, Anda juga harus menerapkan rutinitas ketika mereka bangun. Di sinilah, Anda dapat menggunakan metode "Eat-Play-Sleep".

Pada saat makan (eat), idealnya, si Kecil harus makan sampai kenyang. Kemudian lanjutkan dengan mengajaknya bermain setelah makan. Sedangkan untuk tidur, Anda perlu membangun kebiasaan si Kecil untuk bisa tidur di siang dan malam hari.

Sekali lagi, konsistensi adalah kuncinya. Seperti halnya rutinitas ketika bayi Anda akan tidur siang atau tidur di malam hari, latihan ini akan membantu anak Anda memahami apa yang akan terjadi selanjutnya.

Terkadang bayi juga bisa sulit tidur, sehingga Anda perlu melatihnya. Anda bisa melatih bayi untuk membangun kebiasaan tidur dengan cara-cara yang dipaparkan di atas. Melatih bayi tidur adalah cara terbaik bagi si Kecil untuk mengadopsi kebiasaan tidur yang konsisten. Ketika pola tidur bayi sudah terbentuk, kesehatannya bisa terjaga. Hasilnya, tumbuh kembang si Kecil pun bisa menjadi lebih optimal.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar