Sukses

Mengintip Manfaat Teh Chamomile untuk Membantu Tidur

Para penggemar teh tentu tahu tentang teh chamomile. Tapi, mungkin banyak yang belum tahu soal manfaat teh ini dalam membantu tidur.

Klikdokter.com, Jakarta Para penggemar teh tentu sudah sangat mengenal teh chamomile. Bahkan, mungkin banyak juga di antara mereka yang sudah biasa menikmatinya secara rutin. Akan tetapi, mungkin masih banyak di antara mereka yang belum mengetahui tentang manfaat teh ini dalam membantu tidur.

Kesulitan tidur merupakan hal yang lazim dialami banyak orang, mungkin termasuk Anda. Baik yang disebabkan oleh gangguan kesehatan, ataupun yang hanya diakibatkan oleh banyak pikiran atau kelelahan, kesulitan tidur tentu membuat kondisi tubuh menjadi tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Apa itu teh chamomile?

Sebelum mencari obat-obatan kimia untuk membantu Anda tertidur, mengapa tidak mencoba cara tradisional? Salah satu yang bisa Anda coba adalah dengan minum teh chamomile.

Bagi masyarakat Indonesia, teh merupakan suatu hal yang sangat mudah ditemui sehari-hari. Namun, mungkin hanya teh melati dan teh hijau yang mudah dijumpai di pasaran. Padahal, masih ada banyak jenis tanaman lain yang dapat digunakan sebagai bahan baku teh, seperti chamomile.

Chamomile merupakan herba yang telah banyak digunakan dan dimanfaatkan selama berabad-abad. Terima kasih kepada kandungan apigenin di dalamnya yang merupakan senyawa flavonoid, konsumsi teh chamomile juga telah dipercaya sejak lama bisa memberikan ketenangan.

Teh chamomile dan manfaatnya untuk tidur

Oleh sebab itu, teh chamomile akhirnya banyak dimanfaatkan untuk membantu mengatasi kesulitan tidur serta mengurangi gangguan rasa cemas dan stres. Berbeda dengan kebanyakan jenis teh lainnya, teh chamomile juga tidak mengandung kafein yang biasanya dapat mengganggu proses tidur.

Memang, belum banyak studi yang telah meneliti hubungan antara teh chamomile dengan kesulitan tidur. Namun, sebuah studi awal terhadap pasien dengan insomnia kronis pada tahun 2011 menemukan bahwa chamomile dapat membantu mereka lebih mudah tertidur.

Begitu juga dengan sebuah studi lain pada tahun 2016. Ditemukan bahwa para subjek penelitian yang meminum teh chamomile setiap hari selama dua minggu merasa tidurnya menjadi lebih berkualitas. Selain itu, mereka juga menunjukkan lebih sedikit gejala depresi dibandingkan dengan subjek yang tidak meminum teh ini.

Selain membantu tidur, chamomile yang memiliki nama Latin Matricaria recucita ini juga sering kali digunakan sebagai herba alami untuk membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti radang gusi, infeksi, otot yang kaku, dan gangguan pencernaan.

Pada akhirnya, minum teh chamomile mungkin tidak selalu memberikan efek yang sama pada setiap orang. Tapi, kepercayaan bahwa Anda telah melakukan sesuatu untuk membantu tidur menjadi lebih rileks dan mudah, biasanya tetap bisa memberikan manfaat tersendiri.

Jika minum teh chamomile memang berhasil membantu mengatasi kesulitan tidur Anda dan bahkan bisa meningkatkan kualitas tidur, maka tentu tidak ada salahnya untuk meneruskan kebiasaan tersebut.

Meski tergolong memiliki banyak manfaat dan dapat membantu tidur, tapi Anda tetap harus hati-hati, minum teh chamomile juga dapat menumbulkan beberapa efek samping pada sebagian orang, seperti mual dan muntah, reaksi alergi, dan efek interaksi dengan obat-obatan tertentu. Untuk itu, selalu perhatikan reaksi tubuh Anda terhadap apa yang Anda lakukan dan konsumsi. Jika tidak ada reaksi efek samping, maka silakan lanjutkan kebiasaan Anda minum teh chamomile.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar