Sukses

Penting, Kenali 5 Tanda Ibu Hamil Mau Melahirkan!

Tak cuma ibu, ayah pun wajib mengetahui tanda-tanda ibu hamil mau melahirkan! Ini lima tandanya agar Anda tak kalang kabut nanti!

Klikdokter.com, Jakarta Kehamilan yang sudah mendekati hari perkiraan lahir memang bikin deg-degan! Itulah sebabnya, sangat penting bagi Anda untuk tahu tanda ibu hamil mau melahirkan. Semakin peka Anda terhadap tanda-tandanya, semakin siap pula Anda menyambut kelahiran si buah hati.

Usia kehamilan yang normal

Perlu diketahui dulu bahwa secara umum, usia kehamilan yang normal berkisar antara 37-42 minggu. Kehamilan kurang dari 37 minggu disebut prematur, sementara kehamilan lewat dari 42 minggu disebut post term

Wanita yang pertama kali hamil sering kali mengalami post term. Salah satu penyebabnya adalah salah dalam menghitung tanggal taksiran persalinan.

Di sisi lain, kehamilan lebih dari 42 minggu kurang baik bagi ibu dan janin. Sebab, setelah usia kehamilan melebihi 42 minggu, ari-ari atau plasenta tidak bekerja sebaik dulu. 

Selain itu jumlah air ketuban pun sudah berkurang. Air ketuban yang sudah berkurang bisa menimbulkan jepitan pada tali pusat saat bayi bergerak.

Tanda ibu hamil mau melahirkan 

Tanda-tanda tersebut penting diketahui oleh ibu hamil yang usia kehamilannya hendak memasuki usia ke-37 minggu.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, sebaiknya pasangan suami-istri harus mengetahui lima tanda ibu hamil mau melahirkan, yaitu kontraksi rahim, muncul lendir bercampur bercak darah, pecahnya air ketuban, nyeri pada selangkangan, serta gerakan bayi yang  berkurang. Masing-masing tanda di atas akan dijelaskan di bawah ini.

  • Kontraksi rahim

Jika ibu hamil mau melahirkan, biasanya kontraksi rahim yang terjadi bersifat teratur, kuat, lama, dan frekuensinya sering. Kondisi ini mulai terjadi dari usia kehamilan 38 minggu. Kontraksi biasa bisa hilang ketika ibu hamil beristirahat, tetapi kontraksi yang dipicu oleh datangnya persalinan tidak akan hilang meski si ibu sudah beristirahat. 

  • Ada lendir yang bercampur darah 

Mulut rahim ibu hamil ditutupi oleh lendir yang kental. Nah, saat mendekati waktu lahiran, mulut rahim akan membesar dan membuat sumbatan lendir yang terdapat di mulut rahim terlepas dan keluar melalui vagina. Tak cuma kental, jika Anda perhatikan, lendir yang keluar juga bertekstur kenyal. 

  • Air ketuban pecah

Selain timbul kontraksi rahim, salah satu tanda ibu hamil mau melahirkan yang paling banyak diketahui adalah pecahnya air ketuban. Cairan ini biasanya keluar beberapa saat setelah kontraksi. Namun begitu, air ketuban juga bisa keluar sebelum melahirkan. Kondisi air ketuban yang normal adalah jernih dan tidak berbau. Jika ini sudah terjadi, langsung bawa ibu hamil ke rumah sakit atau bidan terdekat.

  • Nyeri selangkangan  

Karena janin sudah turun ke panggul bagian atas, selangkangan ibu hamil biasanya juga akan terasa nyeri. Namun, tanda ini tidak dialami oleh semua ibu hamil. 

  • Gerakan bayi sudah berkurang

Ketika waktu persalinan tiba, gerakan bayi Anda di dalam perut akan semakin berkurang. Penyebabnya, bayi sudah masuk ke pintu atas panggul, sehingga gerakannya tidak selincah dulu. 

Lantas, apa yang mesti dilakukan?

Jika tanda-tanda di atas sudah muncul, hal yang dilakukan selanjutnya adalah bersiap ke rumah sakit. Akan lebih baik jika sedari awal, Anda dan pasangan sudah memutuskan rumah sakit dan dokter mana yang dipilih untuk melakukan persalinan. 

Melahirkan di rumah sakit tentu bukan tanpa membawa barang apa pun. Dikatakan oleh dokter yang kerap disapa dr. Vita tersebut, ada sejumlah barang yang sebaiknya disiapkan suami atau anggota keluarga lainnya saat ibu hamil hendak melahirkan. 

Barang-barang yang dimaksud, antara lain:

  • Pakaian ganti ibu hamil. Usahakan pilih dan bawa baju yang berkancing, bukan kaus biasa untuk mempermudah saat menyusui. 
  • Pakaian dalam dan bra khusus menyusui. 
  • Pembalut ibu. 
  • Peralatan mandi ibu. 
  • Untuk perlengkapan bayi, biasanya sudah disiapkan oleh rumah sakit. Tapi, tak ada salahnya Anda membawa sarung tangan dan kaki, topi, selimut, atau popok untuk sang bayi nanti.

Tanda ibu hamil mau melahirkan di atas wajib diketahui dan diantisipasi. Persiapkan diri Anda dan pasangan secara matang barang-barang yang diperlukan menjelang hari melahirkan tiba. Hal lain yang penting dilakukan adalah tetap tenang dalam menghadapi proses persalinan..

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar