Sukses

Mitos tentang Kulit yang Tak Perlu Anda Percaya

Informasi tentang kulit ini tidak sepenuhnya benar dan tak perlu Anda percaya. Agar tidak terjebak mitos tentang kulit, baca artikel ini.

Klikdokter.com, Jakarta Informasi apa saja – termasuk mitos – tentang kesehatan kini bisa dengan mudah didapatkan. Di media sosial maupun berbagai situs, Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai cara merawat kulit bebas jerawat, cara mencerahkan kulit hingga produk tabir surya mana yang terbaik.

Sayangnya, tidak semua mitos tentang kulit sepenuhnya benar. Dan hal tersebut tidak perlu Anda percaya. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Memencet jerawat sendiri dapat membantu penyembuhan jerawat

Saat kulit berjerawat, Anda mungkin merasa "gatal" ingin memencet jerawat sendiri. Namun bukannya jerawat Anda sembuh, memencet jerawat dapat membuat peradangan. Akibatnya, jerawat bisa bertambah parah, bahkan bisa menyebabkan timbulnya jaringan parut (bekas jerawat).

Jadi sebaiknya, dibandingkan memencet jerawat sendiri dengan tangan kosong, ada baiknya untuk mengeluarkan sumbatan jerawat gunakanlah ekstraktor komedo. Namun, hindari melakukannya sendiri jika Anda tidak terlatih. Sebaiknya kunjungi dokter spesialis kulit untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.

2. Semakin sering melakukan eksfoliasi dan scrubbing, semakin baik untuk kulit

Tindakan eksfoliasi seperti misalnya penggunaan scrub terlalu sering dan menggosok kulit yang terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda. Terlebih jika jenis kulit Anda tergolong kering, hindari melakukan eksfoliasi terlalu sering, karena dapat menyebabkan kulit semakin kering.

Tindakan eksfoliasi yang terlalu sering dapat mengikis lapisan minyak alami kulit dan bisa mengakibatkan iritasi kulit, infeksi, serta kulit menjadi kering. Bahkan dapat berpotensi menimbulkan keriput di kemudian hari.

3. Jika timbul rasa terbakar usai pemakaian krim atau tindakan tertentu, berarti krim tersebut efektif

Ini merupakan mitos yang termasuk "berbahaya" untuk dipercaya. Terlebih istilah "beauty is pain" yang dapat membuat Anda semakin yakin akan mitos tersebut. Padahal, mitos tersebut sepenuhnya salah.

Bergantung dari jenis tindakan dan produk yang Anda gunakan, rasa "kesemutan" usai penggunaan produk masih tergolong wajar. Namun, rasa terbakar yang disertai kemerahan dan gatal dapat mengindikasikan Anda mengalami alergi atau sensitif terhadap kandungan produk tersebut. Sebaiknya, segera hentikan penggunaannya.

4. Kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap

Meski kulit berminyak, Anda tetap perlu menggunakan pelembap yang berfungsi untuk meningkatkan kadar air di kulit dan mencegah evaporasi atau hilangnya air dari kulit.

Dengan memperlambat evaporasi air dari wajah, sel–sel yang memproduksi sebum atau minyak pun akan menjadi berkurang. Minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebasea kulit jika dibiarkan tentu saja dapat menarik kotoran dan kuman.

Akibatnya apalagi kalau bukan jerawat. Jika ingin menggunakan pelembap, sebaiknya gunakan yang berlabel non komedogenik atau tidak menyebabkan timbulnya komedo.

5. Produk perawatan kulit mahal pasti efektif dan memberikan hasil

Pepatah "ada harga, ada kualitas" tidak berlaku ketika membicarakan soal produk perawatan kulit. Iming-iming label harga yang mahal tidak menjamin produk tersebut efektif bagi kulit Anda.

Yang terpenting sebelum membeli produk perawatan kulit tertentu adalah kandungan dari produk tersebut. Selain itu, pastikan juga produk yang Anda gunakan memang sesuai dengan jenis kulit serta kondisi kulit Anda.

Semisal jika kulit Anda cenderung sensitif, sebaiknya pilih produk yang tidak mengandung alkohol, tidak mengandung pewangi atau berlabel hipoalergenik.

Anda sering mendengar mitos tentang kulit di atas atau bahkan selama ini Anda mempercayainya? Mulai sekarang berhentilah percaya mitos-mitos tentang kulit di atas karena semua informasi yang Anda dengar belum tentu benar. Jika ada informasi seputar kulit atau kesehatan yang membuat Anda ragu akan kebenarannya, sebaiknya konsultasikan lagi dengan dokter, ya.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar