Sukses

Dental Contouring, Perawatan Gigi Apa Pula Ini?

Perawatan gigi dengan dental contouring bisa menghasilkan senyum yang indah, sehingga kepercayaan diri pun meningkat. Tertarik mencoba?

Klikdokter.com, Jakarta Pernah mendengar istilah dental contouring? Ini adalah suatu teknik kedokteran gigi kosmetik untuk membentuk kembali gigi yang disebut juga dengan odontoplasty, stripping, atau slenderizing. Prosedur perawatan gigi ini termasuk cepat dan dapat dilihat hasilnya secara langsung.

Selain itu, istilah tersebut dikenal juga sebagai enameloplasty. Itu karena perawatan ini akan menghilangkan sejumlah kecil lapisan pelindung gigi (enamel) untuk mengubah penampilan bentuk, panjang, dan permukaannya. Proses ini sering kali dikombinasikan dengan penambalan dengan bahan komposit sewarna dengan gigi untuk membentuknya.

Tujuan dental contouring

Perawatan gigi dengan dental contouring sendiri bertujuan untuk memperbaiki berbagai masalah gigi, termasuk gigi yang sedikit tumpang tindih dan tidak rata, bentuk yang tidak teratur, ujung gigi yang terlalu runcing, dan gigi yang retak atau bengkok. Perawatan ini juga dilakukan untuk menyeimbangkan gigi agar gigitannya menjadi rata.

Tujuan lain perawatan ini adalah dapat meningkatkan kesehatan gigi secara keseluruhan. Ya, dental contouring dapat membantu menghilangkan celah atau daerah yang tumpang tindih gigi-gigi yang berisiko terhadap penumpukan plak dan karang gigi. 

Akan tetapi, perawatan ini menjadi terbatas karena membuang sebagian besar lapisan permukaan gigi sehingga dapat menyebabkan gigi menjadi lebih mudah sensitif. Untuk itu, pasien dengan lapisan pelindung gigi yang tipis sebaiknya tidak melakukan perawatan ini.

Prosedur dental contouring

Sebelum prosedur dental contouring dilakukan, dokter gigi akan memeriksa kondisi kesehatan gigi Anda terlebih dahulu. Diperlukan pemeriksaan foto rontgen sebagai faktor penunjang untuk melihat seberapa tebal lapisan pelindung gigi yang dimiliki serta jarak terhadap ruang pulpa.  

Di dalam pulpa terdapat saraf-saraf dan pembuluh darah. Karena itulah, Anda yang memiliki lapisan pelindung gigi yang tipis atau pulpa yang terlalu dekat dengan permukaan gigi sebaiknya tidak memilih perawatan ini.

Selanjutnya, bagian atau daerah gigi yang menjadi patokan untuk dihilangkan akan ditandai. Dokter gigi kemudian akan melakukan pengasahan dengan menggunakan bor untuk menghilangkan sejumlah kecil enamel gigi dan menggunakan selembar strip untuk membentuk kontur sisi gigi. Selanjutnya, gigi dihaluskan dan dipoles.

Karena lapisan pelindung gigi sebagian besar terdiri dari mineral maka tidak ada pembuluh darah dan saraf yang akan terkena dan menimbulkan rasa sakit. Untuk itu, perawatan ini tidak memerlukan anestesi atau penghilang rasa sakit. Jika gigi sehat dan tidak ada masalah, pembentukan dapat segera dilakukan pada satu kali kunjungan.

Keuntungan dan kerugian dental contouring

Setiap perawatan gigi tentu memiliki keuntungan maupun kerugian. Karena itu, pertimbangan matang perlu Anda lakukan sebelum memilih tindakan tersebut. Beberapa keuntungan yang diperoleh dari dental contouring yaitu:

  • Dapat mengubah tampilan Anda.
  • Tidak menimbulkan rasa sakit.
  • Tidak diperlukan proses penyembuhan.
  • Meningkatkan kesehatan gigi secara keseluruhan.
  • Menghilangkan daerah yang tumpang tindih atau tidak sempurna dimana plak dan karang gigi dapat menempel sehingga meningkatkan risiko pembusukan dan penyakit gusi.

Sementara itu, dental contouring juga memiliki sisi minus. Kerugian akibat dari perawatan ini, adalah:

  • Gigi tidak akan terlihat putih setelah perawatan ini.
  • Pembentukan kembali pada gigi hanya sebatas menghilangkan ketidaksempurnaan, bukan memberikan penampilan yang baru sama sekali seperti perawatan kosmetik lainnya.
  • Tergantung dari lapisan pelindung gigi yang diambil, kemungkin gigi akan menjadi lebih sensitif setelahnya.
  • Jika lapisan pelindung tersebut banyak dihilangkan, risiko kerusakan pada gigi dapat terjadi.

Jika Anda berencana memperbaiki kondisi gigi yang bermasalah, dental contouring bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan senyum yang indah. Akan tetapi, pastikan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi sehingga perawatan gigi bisa dilakukan dengan tepat. Pertimbangkan juga dengan bijaksana plus-minus prosedur dental contouring di atas.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar