Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Inilah Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut Anda

Inilah Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut Anda

Kandungan dalam minyak kelapa berkhasiat untuk menjaga kesehatan rambut. Apa saja manfaat minyak kelapa untuk merawat rambut?

Minyak kelapa sudah sejak lama diakui memiliki kemampuan untuk melindungi rambut. Misalnya dari kerusakan rambut akibat paparan bahan kimia, sinar ultraviolet, dan sejenisnya. Tidak berhenti di situ, beberapa penelitian juga telah membuktikan manfaat minyak kelapa untuk rambut yang lainnya. Apa saja?

1 dari 3 halaman

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Berikut adalah beberapa manfaat minyak kelapa untuk rambut: 

  1. Melembapkan Hingga ke Kulit Kepala

Dibandingkan jenis minyak lainnya, minyak kelapa dapat menembus hingga ke batang rambut. Lalu, minyak kelapa mampu membuat rambut Anda menjadi lebih halus dan lembut. Bahkan, rambut yang rusak akibat paparan bahan kimia atau suhu panas juga ikut membaik.

Agar bisa mendapatkan manfaat ini, gunakan minyak kelapa untuk melapisi rambut sebelum menggunakan produk atau membasuhnya dengan air panas.

Artikel lainnya: Mengintip Manfaat Fractionated Coconut Oil bagi Tubuh

  1. Mencegah Rambut Mengembang Berantakan (Frizzy Hair)

Rambut bisa menjadi keriting apabila air masuk ke dalam batang rambut. Nah, minyak kelapa dapat membantu mengatasi masalah ini karena kemampuannya untuk menyerap air.

Agar rambut tidak mengeriting, oleskan satu hingga dua tetes minyak kelapa sebelum keluar rumah pada cuaca yang lembap atau hujan.

  1. Mendukung Pertumbuhan Rambut

Kondisi lingkungan dan polusi bisa menyebabkan terjadinya rambut rontok. Untuk mengatasi masalah ini, penggunaan minyak kelapa adalah cara yang tepat untuk merawat rambut

Penelitian menyatakan bahwa minyak kelapa memiliki kemampuan untuk melindungi rambut terhadap kerusakan akibat polusi, dan meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Artikel lainnya: Minyak Kelapa Sawit Merah untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

  1. Mencegah Kerusakan Rambut dari Produk Kimiawi

Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang lainnya adalah dapat menembus hingga batang rambut, sehingga mampu mencegah bahan kimia berbahaya meresap dan merusak rambut. Studi menemukan bahwa penggunaan minyak kelapa sebelum berenang mampu mencegah klorin untuk masuk dan merusak rambut dari dalam.

  1. Menambah Kilau pada Rambut

Rambut kering dan tampak tidak berkilau? Anda dapat mengoleskan minyak kelapa secukupnya sebagai solusi.

Penggunaan minyak kelapa pada rambut yang kering dapat memberi kilau serta tampilan halus. Agar manfaatnya lebih terasa, hindari menggunakan produk rambut yang mengandung silikon. Gunakan minyak kelapa sebagai alternatif cara merawat rambut.

  1. Melindungi Rambut Sepenuhnya

Anda dapat memanfaatkan minyak kelapa sebelum mengaplikasikan bahan kimiawi pada rambut, seperti bleaching, pewarnaan, atau sampo dengan detergen kadar tinggi. Minyak kelapa memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya kerusakan berat.

Artikel lainnya: Cara Menjaga Kesehatan Rambut Anak

  1. Mengatasi Ketombe

Manfaat minyak kelapa untuk rambut lainnya adalah dapat mengatasi ketombe. Ketombe salah satunya bisa disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang berlebih.

Meskipun belum ada studi yang secara spesifik menganalisis efek minyak kelapa terhadap ketombe, diketahui bahwa minyak ini mengandung antimikroba yang dapat mengurangi jumlah jamur di kulit kepala.

  1. Mencegah Infeksi Kutu Rambut

Sebuah studi kecil menemukan bahwa apabila dikombinasikan dengan adas manis yang diracik dalam bentuk semprotan, minyak kelapa menjadi 40 persen lebih efektif dalam menangani kutu rambut dibandingkan obat permethrin saja. Permethrin sering digunakan untuk mengobati kutu rambut. 

2 dari 3 halaman

Cara Merawat Rambut dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan untuk berbagai jenis rambut. Mulai dari rambut yang halus dan lemas, hingga yang tebal dan kasar. 

Cara menggunakan minyak kelapa adalah dengan menggunakan satu hingga dua tetes terlebih dahulu, pantau hasilnya, dan sesuaikan dengan keperluan Anda. Semakin tebal volume rambut, semakin banyak minyak yang diperlukan untuk mendapatkan manfaatnya.

Artikel lainnya: Tips Merawat Rambut agar Terlindung dari Polusi Udara

Sebelum Anda membeli produk perawatan rambut yang mengandung minyak kelapa di dalamnya, jangan lupa untuk membaca label kemasan dengan saksama. Pastikan tidak ada bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi dan reaksi alergi pada Anda.

Ini cara merawat rambut dengan minyak kelapa yang bisa Anda terapkan:

  • Sebagai kondisioner: gunakan sampo seperti biasa pada rambut, kemudian oleskan minyak kelapa dari bagian tengah rambut Anda hingga ujung.
  • Sebagai pencegah rambut kusut setelah mencuci rambut: setelah menggunakan sampo dan kondisioner, oleskan minyak kelapa pada rambut sembari menyisirnya.
  • Sebagai hair mask: aplikasikan minyak kelapa pada rambut dan diamkan selama beberapa jam (dapat pula didiamkan selama Anda tidur), sebelum dibasuh.
  • Sebagai pelindung rambut sebelum menggunakan sampo.
  • Sebagai perawatan kulit kepala: sebelum tidur, lakukan pijatan ringan pada kulit kepala menggunakan minyak kelapa. Biarkan semalaman, dan basuh menggunakan sampo di pagi hari.

Pada kondisi-kondisi tertentu, penggunaan minyak kelapa untuk rambut perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya efek samping yang merugikan rambut dan kulit kepala.

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar kesehatan rambut, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. 

[NWS/RS]

0 Komentar

Belum ada komentar