Sukses

Efektifkah Mengatasi Gigi Ngilu dengan Mouthwash?

Sebagian orang mungkin mengatasi gigi ngilu dengan mouthwash. Tapi, apakah cara ini cukup efektif?

Klikdokter.com, Jakarta Kasus gigi sensitif sekarang makin banyak terjadi, baik di kalangan tua dan muda. Oleh karena itu produk untuk mengatasi gigi ngilu pun jadi semakin bervariasi, mulai dari pasta gigi sampai mouthwash khusus gigi sensitif.

Selama ini sudah banyak produk untuk mengatasi gigi sensitif yang beredar di pasaran, dan semuanya mengeklaim efektif untuk mengatasi rasa ngilu di gigi. Tentunya yang membedakan antara produk satu dengan yang lain adalah kandungan zat di dalamnya.

Zat-zat yang terbukti efektif dapat mengatasi rasa ngilu antara lain seperti potassium nitrate, asam amino arginine, serta calcium phosphosilicate. Produk-produk ini bisa berbentuk pasta gigi ataupun mouthwash. 

Penggunaan mouthwash untuk gigi ngilu

Zat-zat tersebut di atas memiliki sistem kerja yang berbeda dalam mengatasi rasa ngilu, mulai dari menyumbat pori-pori gigi agar rasa ngilu tidak datang kembali, hingga membuat saraf di dalam gigi menjadi kebal dari rasa ngilu. 

Selain itu, ada juga mouthwash yang bekerja untuk meredakan rasa ngilu sambil memperkuat lapisan gigi, seperti yang mengandung Calcium sodium phosphosilicate. Namun, yang perlu diperhatikan adalah lama pemakaiannya. 

Ada pasta gigi atau mouthwash yang dapat memperlihatkan khasiatnya langsung, seperti yang mengandung zat arginine. Namun, ada juga yang bekerja meredakan rasa ngilu sampai 3-4 minggu, misalnya potassium nitrate atau potassium citrate.

Penggunaan mouthwash untuk mengatasi gigi ngilu bekerja dengan 2 cara, yaitu dengan melapisi permukaan gigi yang sensitif terhadap efek bius dan juga untuk mengurangi rasa ngilunya pada lapisan dentin dan saraf gigi. 

Mouthwash terkadang juga bisa mengandung zat seperti sodium fluoride atau calcium phosphate yang dapat membentuk lapisan proteksi untuk melindungi permukaan gigi yang sensitif.  

Tips memilih mouthwash untuk gigi ngilu

Dalam memilih cairan mouthwash, Anda harus perhatikan baik-baik, setidaknya harus terdapat 1 zat yang dapat meredakan ngilu dan 1 zat untuk memberikan proteksi terhadap gigi.

Agar efektif dalam mengatasi gigi ngilu, maka penggunaan mouthwash sebaiknya digunakan bersamaan dengan pasta gigi khusus gigi sensitif. Dan jika rasa ngilu sudah reda, Anda bisa memilih untuk menggunakan salah satu produk saja.

Namun, jika sampai penanganan selama 4 minggu gigi masih ngilu, maka perlu adanya tindakan di dokter gigi, seperti penambalan gigi atau pemberian fluoride. 

Jangan lupa juga untuk mengidentifikasi penyebab gigi ngilu, agar kebiasaan tersebut dapat diperbaiki.

Misalnya, mulailah menjaga kebersihan gigi dengan menyikat gigi minimal 2 kali sehari menggunakan sikat gigi yang berbulu halus untuk mencegah terjadinya abrasi gigi, membatasi konsumsi makanan yang asam dan bersoda untuk mencegah larutnya mineral gigi, serta menunggu 30-60 menit untuk menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan asam.

Tak lupa, tetaplah melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali, hilangkan kebiasaan membuka kemasan dengan gigi, dan gunakan nightguard jika Anda terdiagnosa memiliki kebiasaan buruk menggeretakkan gigi saat tidur.

Terakhir, ganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali. Karena tanpa menghilangkan penyebabnya, maka gigi ngilu akan terus datang kembali. 

Masalah gigi ngilu akibat gigi sensitif yang menjadi dilema banyak orang, kini sudah dapat disembuhkan. Untuk mengatasi gigi ngilu, Anda memang dapat menggunakan produk pasta gigi ataupun mouthwash khusus gigi sensitif. Agar lebih jelas mengenai pemakaian moutwash yang tepat untuk mejaga kesehatan gigi dan mulut, konsultasikan dengan dokter gigi Anda. 

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar