Sukses

4 Masalah Kesehatan yang Tak Boleh Diabaikan Pria

Tahukah Anda banyak masalah kesehatan yang mengintai kaum pria. Kira-kira, apa sajakah masalah kesehatan yang patut Anda waspadai?

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Namun, berdasarkan penelitian terdapat beberapa penyakit yang lebih sering menyerang pria dibanding wanita. 

Meski beberapa penyakit berikut sangat rentan menyerang pria, bukan berarti wanita bisa mengabaikannya. Nah, berikut adalah beberapa penyakit yang rentan menyerang pria. Faktanya, sebagian besar kondisi ini ternyata dipengaruhi oleh faktor gaya hidup.

  1. Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner adalah kondisi ketika pembuluh darah yang memberi pasokan darah, oksigen, dan nutrisi untuk jantung menjadi rusak. Penyumbatan pembuluh darah ini disebabkan oleh plak kolesterol yang memperkecil ukuran pembuluh darah.

Gejala yang sering dialami oleh penderita penyakit jantung koroner adalah nyeri dada, sesak napas, keringat dingin bahkan sampai penurunan kesadaran. Pria lebih mungkin mengalami penyakit jantung koroner dibanding wanita.

Untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit ini, Anda perlu mengontrol berbagai penyakit metabolik seperti diabetes mellitus, tekanan darah tinggi atau gangguan kolesterol.

  1. Stroke

Stroke disebabkan oleh gangguan pembuluh darah di otak. Stroke sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu stroke penyumbatan pembuluh darah dan stroke perdarahan. Stroke penyumbatan atau stroke iskemik terjadi akibat penyempitan pembuluh darah akibat adanya bekuan darah yang lepas dan menyumbat pembuluh darah otak. 

Sedangkan stroke perdarahan terjadi ketika pembuluh darah pecah dan menyebabkan gangguan aliran darah di otak. Gejala dari penyakit stroke adalah adanya kelemahan satu sisi, bicara pelo dan penurunan kesadaran. Terdapat berbagai penyakit metabolik yang dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke, yaitu diabetes mellitus, tekanan darah tinggi dan gangguan kolesterol.

  1. Kanker paru

Kanker paru adalah kanker yang terjadi pada paru. Kanker ini tidak menimbulkan gejala pada tahap awal. Pada saat terdeteksi, penyakit ini sering kali sudah berada pada tahap lanjut dan sulit disembuhkan. 

Kanker paru sendiri memiliki hubungan yang kuat dengan kebiasaan merokok. Kabar baiknya adalah berhenti merokok pada usia berapa pun dapat mengurangi risiko Anda untuk mengalami kanker paru.

  1. Kanker prostat

Kanker prostat juga merupakan masalah kesehatan yang sering menyerang pria. Kelenjar ini seukuran kacang walnut yang terletak di belakang penis. Seiring bertambahnya usia, prostat rentan mengalami berbagai masalah. 

Pada tahap awal, kanker prostat tidak menimbulkan gejala. Namun pada tahap lanjut, kanker prostat dapat menimbulkan gejala seperti keluar darah saat buang air kecil, aliran buar air kecil tersumbat atau kehilangan kontrol untuk buang air kecil.

Skrining untuk kanker prostat ini memerlukan pemeriksaan dubur dengan jari untuk melihat apakah ada pembesaran prostat, serta tes darah untuk mengetahui kadar Prostate Specific Antigen (PSA).

Masalah kesehatan yang berpotensi menyerang pria – seperti dipaparkan di atas – perlu diwaspadai. Kabar baiknya, berbagai gangguan kesehatan ini dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Jadi, mulailah dengan menjaga pola makan yang rendah lemak jenuh, rendah garam, serta tinggi sayur dan buah. Selain itu, berolahraga secara rutin juga penting dilakukan. 

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar