Sukses

Ajak Lansia untuk Lakukan Olahraga Ini di Akhir Minggu

Akhir minggu adalah momen yang tepat bagi lansia untuk olahraga. Ini jenis olahraga yang bisa dijadikan pilihan.

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga adalah salah satu kegiatan favorit untuk mengisi waktu di akhir minggu, tak terkecuali bagi para lansia. Selain bertujuan untuk menyehatkan tubuh bagian luar dan dalam, olahraga di akhir pekan juga bisa meningkatkan kualitas hidup lansia secara keseluruhan.

Faktanya, tetap aktif bergerak meski sudah lanjut usia sangat dianjurkan oleh medis. Ini karena lansia yang berolahraga secara rutin dan teratur terbukti lebih sehat, produktif, bahagia, dan terhindar dari risiko penyakit berbahaya seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, bahkan penyakit jantung. 

Olahraga untuk lansia di akhir pekan

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, olahraga untuk lansia harus dimulai dari aktivitas yang sangat ringan, kemudian secara bertahap ditingkatkan hingga aktivitas sedang yang sesuai dengan kemampuan. 

"Lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan. Hindari memaksakan diri,” ujar dr. Fiona.

“Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, olahraga pada lansia sebaiknya terdiri dari tiga komponen, yaitu latihan aerobik, kekuatan, dan keseimbangan. Tidak perlu lama, 30 menit saja sudah lebih dari cukup,” tambahnya

Beberapa jenis olahraga yang bisa dijadikan pilihan untuk dilakukan oleh lansia, antara lain:

  1. Jalan kaki

Berjalan kaki adalah olahraga yang mudah bagi para lansia. Anda tidak membutuhkan banyak peralatan mahal untuk memulainya. Anda hanya perlu alas kaki yang paling nyaman dan sesuai untuk digunakan berjalan.

Dengan berjalan, tubuh akan tetap bugar sekaligus membuat paru-paru merasakan udara segar (jika dilakukan di pagi hari). Jika ada taman di dekat rumah, itu adalah pilihan yang cocok untuk Anda melakukan olahraga jalan kaki. Atau, Anda juga bisa melakukannya dengan berjalan mengelilingi sekitar rumah.

  1. Renang

Berenang adalah olahraga dengan dampak rendah, karena risiko terjadinya cedera tergolong sangat minim. Lansia dianjurkan untuk berenang guna memperkuat sendi dan otot. 

Karena berenang juga bersifat aerobik, maka aktivitas sehat yang satu ini juga mampu meningkatkan kesehatan jantung, yang pada akhirnya mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

  1. Yoga

Gerakan yoga yang dilakukan dengan benar terbukti dapat menjaga keseimbangan, kelenturan otot, dan memberikan efek relaksasi pada tubuh. Bagi lansia yang ingin merasakan manfaat yoga, ikutilah kelas khusus yang dipandu oleh instruktur yang terlatih.

Jika memutuskan untuk melakukan gerakan yoga sendiri, pastikan Anda tidak memaksakan diri untuk melakukan gerakan-gerakan yang sulit. 

  1. Bersepeda

Bersepeda adalah cara yang fantastis bagi para lansia untuk menikmati manfaat olahraga. Selain itu, bersepeda juga merupakan cara yang baik untuk menjelajahi daerah sekitar guna mendapatkan udara segar yang dibutuhkan untuk menunjang fungsi pernapasan.

Tak cuma itu, bersepeda juga turut melatih otot kaki, serta menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dengan bersepeda, Anda juga sekaligus melatih fungsi keseimbangan tubuh. 

Mana olahraga yang menurut Anda paling sesuai dengan kondisi tubuh lansia? Pastikan Anda melakukannya dengan senang hati, tanpa memaksakan diri. Imbangi olahraga yang dilakukan dengan penerapan gaya hidup sehat, agar Anda bisa sepenuhnya menikmati hari tua tanpa hadirnya penyakit berbahaya.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar