Sukses

7 Manfaat Kedelai untuk Kesehatan Tubuh Anda

Kacang kedelai sering dijadikan camilan sehat karena punya beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja ya?

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai orang Indonesia, rasanya aneh jika tak mengenal kedelai. Sumber makanan yang dijadikan tempe, tahu, atau susu ini tak hanya lezat, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berasal dari Asia Timur, sudah ribuan  tahun kedelai menjadi sumber makanan di Tiongkok. Di sana, kedelai dibuat menjadi minuman susu, tahu, kembang tahu, dan kecap asin. Selain itu, kedelai juga difermentasi dan dibuat menjadi tempe di Indonesia dan natto di Jepang.

Kandungan nutrisi kedelai

Meskipun harganya relatif terjangkau, dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter mengatakan bahwa kedelai adalah sumber protein yang tak bisa diremehkan.

“Seratus gram kedelai mentah 446 kalori (termasuk rendah kalori), sehingga cocok bagi mereka yang mau menjaga atau menurunkan berat badan. Selain kandungan proteinnya yang tinggi (36 persen), kedelai juga mengandung serat, zat besi, mangan, fosfor, vitamin B6, asam folat, vitamin K, magnesium, zink, dan kalium,” kata dr. Karin memaparkan.

Selain itu, dr. Karin juga menambahkan bahwa kedelai juga mengandung isoflavon, suatu fitonutrien yang menyerupai hormon estrogen. Karena berasal dari tumbuhan, maka disebut juga sebagai fitoestrogen.

Manfaat kedelai untuk kesehatan 

Tingginya kandungan nutrisi dalam kedelai membuat makanan olahan dari biji kedelai menjadi sangat layak untuk Anda konsumsi. Berikut beberapa alasan mengapa makanan berbahan kedelai perlu ada dalam menu harian Anda:

  1. Tinggi akan antioksidan

Menurut dr. Arina Heidyana dari KlikDokter, menjelaskan bahwa salah satu manfaat kedelai bagi kesehatan adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. 

“Fungsinya adalah sebagai senyawa yang bertanggung jawab untuk memperbaiki dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Apalagi jika Anda bekerja di kota yang padat seperti Jakarta, mengonsumsi kacang kedelai mampu memperbaiki sel akibat polusi udara dan paparan sinar ultraviolet,” jelasnya.

  1. Menurunkan kolesterol

Kandungan antioksidan dari kedelai juga berfungsi mengurangi kadar LDL (low-density lipoprotein) alias kolesterol jahat. Kedelai mengandung sedikit lemak dan bebas kolesterol.

Meski kandungan gulanya sedikit, tetapi kedelai menyimpan karbohidrat yang dapat memberikan energi untuk beraktivitas hingga jadwal makan berikutnya.

  1. Mencegah kanker

Selain mengandung antioksidan tinggi, kedelai juga diperkaya isoflavon yang bermanfaat untuk mencegah sel kanker tumbuh. 

“Terutama untuk wanita, kandungan isoflavon dalam kedelai dapat membantu mencegah kanker payudara. Sudah ada beberapa studi yang membuktikan hal tersebut,” tambah dr. Arina.

  1. Meredakan nyeri saat haid

Tidak hanya mengurangi kadar kolesterol dan mencegah pertumbuhan kanker, kandungan isoflavon dalam kacang kedelai juga berfungsi untuk meredakan nyeri saat “tamu bulanan” datang.

Juga dari KlikDokter, dr. Dyan Mega Inderawati turut menambahkan bahwa isoflavon yang ada dalam produk kedelai, semisal susu, terbukti bermanfaat untuk meringankan nyeri saat menstruasi, terutama yang diakibatkan endometriosis.

  1. Mencegah penuaan dini

Selain itu, dr. Dyan juga mengatakan bahwa kedelai juga dapat mencegah penuaan dini pada wanita. 

“Tidak hanya kolagen yang mampu mencegah penuaan dini, tapi kandungan aglycones dari kedelai juga berfungsi untuk meregenerasi sel-sel kulit,” tambahnya.

  1. Sumber protein

Kedelai adalah salah satu sumber protein terbaik. Ketika kebutuhan protein dalam tubuh tercukupi, maka fungsi metabolisme akan berfungsi dengan maksimal. Tidak hanya itu, protein dari kacang kedelai juga berfungsi untuk membangun sel dan melancarkan pembuluh darah di setiap bagian tubuh. 

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan vitamin, mineral, kalsium, dan seng pada kedelai sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Semua nutrisi ini penting untuk mempromosikan aktivitas osteotrofik. Aktivitas ini memungkinkan tulang baru tumbuh dan juga mempercepat proses penyembuhan tulang.

Kedelai yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh bisa dikonsumsi dalam berbagai produk olahan, seperti tempe, tahu, susu kedelai, kembang tahu hingga, taoco, kecap, dan miso. Meski demikian, tetap batasi konsumsinya agar tidak berlebihan.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar