HomeInfo SehatTHT9 Penyebab Tenggorokan Kering yang Harus Diwaspadai
THT

9 Penyebab Tenggorokan Kering yang Harus Diwaspadai

Siti Putri Nurmayani, 07 Sep 2023

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tenggorokan kering ganggua aktivitas harianmu dan buat kamu tidak nyaman. Cari tahu penyebab tenggorokan kering dan cara mengatasinya di sini.

9 Penyebab Tenggorokan Kering yang Harus Diwaspadai

Tenggorokan kering menjadi salah satu keluhan umum yang dialami kebanyakan orang. Selain karena polusi, cuaca panas juga bisa membuatmu merasakan tenggorokan kering. 

Bahkan, kondisi tenggorokan kering juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit. Lalu, apa saja penyebab tenggorokan kering? Bagaimana cara menyembuhkan tenggorokan kering? Yuk, cari tahu jawaban lengkapnya di sini. 

Penyebab Tenggorokan Kering

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya tenggorokan kering. Berikut di antaranya:

1. Produksi Air Liur Menurun

Kondisi tenggorokan kering atau xerostomia terjadi ketika kelenjar ludah di mulut tidak dapat menghasilkan air liur yang cukup untuk menjaga kelembapan di daerah sekitarnya. 

Air liur sendiri berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan gigi dengan menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri mulut. Ketika produksi air liur menurun, tenggorokan akan terasa kering dan sakit, serta bisa memicu terjadinya kerusakan gigi.

2. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi di mana jumlah cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak daripada yang masuk. Ini bisa diakibatkan oleh kurangnya asupan cairan atau pengeluaran cairan yang berlebihan. 

“Selain menyebabkan tubuh kekurangan cairan, dehidrasi juga bisa mengakibatkan terjadinya tenggorokan kering dan sakit,” tutur dr. Dyah Novita Anggraini. 

Dehidrasi sendiri juga bisa disebabkan oleh berbagai penyakit, termasuk diare, demam, muntah-muntah, luka bakar, kelainan ginjal, atau penyakit lainnya. 

Artikel Lainnya: Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menguap

3. Laringritis

Laringitis merupakan peradangan (iritasi) pada organ laring atau kotak suara. Pada kondisi ini, pita suara tidak mampu membuka dan menutup secara sempurna, sehingga suara penderita akan terdengar tidak jelas atau parau. 

Apabila kamu mengalami tenggorokan kering yang disertai dengan suara serak, bahkan hampir tidak terdengar sama sekali, mungkin ini tanda dari penyakit laringitis. 

4. Pilek

Ternyata, pilek juga bisa menyebabkan tenggorokan menjadi kering. Pilek merupakan infeksi umum yang disebabkan oleh sejumlah virus. 

Infeksi ini dapat membuat tenggorokan terasa kering dan gatal. Selain itu, gejalanya juga sering disertai dengan hidung tersumbat, batuk, bersin, pegal-pegal, dan demam ringan. 

5. GERD

Gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan kondisi di mana asam lambung yang naik dari perut ke kerongkongan. 

Ketika seseorang mengalami GERD, asam dapat membakar lapisan kerongkongan dan menyebabkan tenggorokan kering dan panas. Selain itu, ada juga gejala lain yang bisa muncul, seperti suara serak, perasaan terbakar di dada, batuk kering, dan sulit menelan.  

6. Obat-Obatan dan Kondisi Kesehatan

Dikutip dari Sleep Foundation, sejumlah obat dan kondisi kesehatan tertentu bisa menyebabkan tenggorokan terasa kering padahal sudah minum banyak. Gejalanya bisa terjadi bersamaan dengan mulut kering. 

Obat-obatan tertentu seperti obat tekanan darah, antidepresan, antihistamin, dan obat tidur bisa menyebabkan gejala tenggorokan kering. 

Selain itu, beberapa kondisi kesehatan seperti diabetes, sindrom Sjogren, stres, kecemasan, dan depresi bisa menyebabkan terjadinya rasa kering di tenggorokan. 

7. Alergi

Alergi musiman yang menyebabkan gejala bersin dan hidung tersumbat mungkin akan membuatmu memilih untuk bernapas melalui mulut, alih-alih menggunakan hidung. 

Kondisi ini tentu akan memicu terjadinya gejala tenggorokan yang kering pada beberapa orang.

8. Sleep Apnea

Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang menyebabkan seseorang berhenti bernapas sementara ketika tidur. Kondisi ini dapat menyebabkan mulut dan tenggorokan menjadi kering. 

Gejala sleep apnea juga sering disertai dengan mendengkur, tersedak, menggemeretakkan gigi, dan berkeringat di malam hari. 

9. Perubahan Hormon

Perubahan hormon juga bisa menyebabkan terjadinya tenggorokan kering. Hal ini bisa dipengaruhi akibat pertambahan usia, pengaruh obat-obatan, serta penyakit lain yang mendasarinya. 

Artikel Lainnya: Kenali Penyebab Sakit Tenggorokan Setelah Jogging

Cara Mengatasi Tenggorokan Kering

Tenggorokan kering bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman. Berikut berbagai cara mengatasi tenggorokan kering:

sakit tenggorokan sampai telinga

Penuhi Kebutuhan Cairan

Agar terhindar dari dehidrasi dan tenggorokan kering, dr. Vita menyarankan untuk minum air putih minimal delapan gelas atau sekitar 2.000-2.500 mililiter setiap hari. Jumlah ini bisa berubah tergantung dari usia, jenis kelamin, asupan lain, serta kondisi kesehatan tertentu.

Kamu juga bisa minum air hangat untuk meredakan gejala tenggorokan yang kering.  

Minum Obat

Bila tenggorokan kering disebabkan oleh pilek, kamu bisa minum obat pereda nyeri seperti acetaminophen atau ibuprofen untuk meredakan sakit tenggorokan dan nyeri tubuh. 

Namun, jika tenggorokan kering disebabkan oleh GERD, maka ada baiknya untuk minum obat untuk menetralkan asam lambung. 

Berkumur dengan Air Garam

Cara mengatasi tenggorokan kering juga bisa dengan berkumur menggunakan air garam. Kamu bisa mencampur air hangat dengan ½ sendok teh garam. Pastikan untuk melakukannya beberapa kali dalam sehari. 

Istirahatkan Suara

Untuk meredakan gejala tenggorokan kering, kamu bisa beristirahat sejenak. Coba untuk beristirahat sambil minum air atau konsumsi makanan berkuah. 

Bila cara-cara di atas tidak bisa mengatasi masalah tenggorokan kering, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Nantinya, dokter akan mencari tahu penyebab dan merencanakan perawatan yang sesuai. 

Selain itu, bisa juga konsultasi lewat layanan Tanya Dokter dan cari layanan kesehatan THT di aplikasi KlikDokter supaya lebih praktis. KlikDokter, solusi untuk #JagaSehatmu!

(NM)

Tenggorokan keringLaringitis