Sukses

3 Manfaat Berkeringat bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Memang tidak semua orang suka berkeringat, padahal ada beberapa manfaat berkeringat bagi kesehatan. Apa saja itu? Simak di artikel ini.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian orang suka berkeringat, bahkan sengaja melakukan aktivitas fisik untuk mendapatkannya. Sebaliknya, sebagian orang lagi tidak suka berkeringat karena akan menyebabkan sensasi lengket, panas, dan bau tak sedap pada tubuh. Selain berperan dalam pengaturan suhu tubuh, ternyata berkeringat juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan. 

Berkeringat merupakan salah satu mekanisme tubuh yang normal untuk mengatur suhu tubuh. Saat suhu tubuh meningkat, tubuh akan berusaha mengeluarkan panas dengan melebarkan pembuluh darah di kulit, sehingga panas dalam tubuh bisa keluar yang diikuti dengan keluarnya cairan dari kulit yang disebut sebagai keringat. 

Apa itu keringat?

Sebagian besar komposisi keringat adalah air. Namun sebenarnya, tidak hanya itu, keringat juga mengandung berbagai zat dalam jumlah kecil, yaitu ammonia, urea, garam, dan gula. 

Keringat biasanya muncul ketika Anda berolahraga, demam, bahkan saat cemas atau panik. Seperti telah dijelaskan di atas, berkeringat merupakan salah satu mekanisme tubuh dalam mengeluarkan panas berlebih yang terdapat dalam tubuh. 

Namun demikian, ada beberapa kondisi berkeringat yang abnormal. Kondisi tersebut adalah berkeringat berlebih yang disebut dengan hiperhidrosis serta berkeringat terlalu sedikit yang disebut sebagai anhidrosis.

Hiperhidrosis dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti kadar gula darah rendah, kelainan tiroid (hipertiroid), dan kelainan sistem saraf. Sementara untuk kondisi anhidrosis, dapat disebabkan oleh berbagai masalah seperti dehidrasi, luka bakar, serta beberapa kelainan pada saraf dan kulit.  

Lalu, mengapa keringat bisa menyebabkan bau tidak sedap pada tubuh? Sebenarnya, keringat sendiri tidak menyebabkan bau. Akan tetapi, campuran antara keringat dengan bakteri yang terdapat pada kulit atau keringat yang bercampur dengan hormon yang dikeluarkan pada daerah tertentu, seperti ketiak, yang akan menyebabkan bau tidak sedap tersebut. 

1 dari 2 halaman

Manfaat berkeringat bagi kesehatan

Selain berfungsi dalam mengatur suhu tubuh, ada beberapa manfaat lain keringat bagi kesehatan, di antaranya adalah:

  1. Detoksifikasi logam berat

Sebuah penelitian pada tahun 2016 di Tiongkok mengindikasikan bahwa kadar logam berat dalam tubuh orang yang melakukan olahraga rutin lebih rendah dibandingkan orang tidak rutin berolahraga. 

Logam berat sendiri dapat ditemukan pada keringat dan urine. Namun, komposisi logam berat lebih banyak ditemukan dalam keringat, sehingga hal ini dapat menjelaskan mengapa orang yang lebih sering berkeringat akan memiliki kadar logam berat yang lebih rendah dalam tubuhnya. Akumulasi logam berat di dalam tubuh bisa sangat berbahaya bagi tubuh.

  1. Pengeluaran zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh

Beberapa zat kimia berbahaya, seperti bisophenol A (BPA) dan polychlorinated biphenyls (PCB), ternyata dapat dikeluarkan juga melalui kerigat. 

Zat BPA merupakan zat yang digunakan dalam industri plastik. BPA berbaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan otak dan perilaku, serta dapat meningkatkan tekanan darah. Sementara itu, PCB merupakan zat kimia organik yang juga dapat menyebabkan berbagai dampak negatif bagi kesehatan. 

Beberapa percobaan telah membuktikan bahwa BPA dan sebagian jenis PCB dapat dikeluarkan dari tubuh melalui keringat. Sehingga, berkeringat dapat mengurangi risiko kelebihan zat kimia tersebut yang tentunya berdampak negatif bagi kesehatan.

  1. Membersihkan bakteri

Walaupun masih perlu diteliti lebih lanjut, ada indikasi bahwa zat glikoprotein dalam keringat dapat mengikat bakteri dari dalam pori-pori kulit dan membantu pembersihan bakteri tersebut. Alhasil, berkeringat pun dapat mengurangi kemungkinan infeksi kulit. 

Namun demikian, keringat yang mengandung bakteri tersebut harus segera dibersihkan dengan mandi agar bakteri tersebut justru tidak malah menjadikan keringat sebagai media untuk berkembang biak dan menyebabkan bau tidak sedap pada tubuh. 

Selain tiga manfaat di atas, jika Anda berkeringat karena berolahraga, tentunya Anda juga akan mendapatkan manfaat dari berolahraga itu sendiri. Mulai dari meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh, memperbaiki mood, hingga mencegah berbagai sindrom metabolik seperti hipertensi, penyakit diabetes, dan penyakit jantung koroner. 

Nah, banyak sekali bukan manfaat berkeringat bagi kesehatan tubuh? Oleh karena itu, ayo lebih rajin berolahraga agar berkeringat, sehingga tubuh pun bisa menjadi lebih sehat.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar