Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatMataMata Sering Bintitan Akibat Sering Konsumsi Makanan Berlemak?
Mata

Mata Sering Bintitan Akibat Sering Konsumsi Makanan Berlemak?

dr. Valda Garcia, 05 Okt 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Gemar konsumsi makanan berlemak telah dikaitkan dengan banyak gangguan kesehatan. Apakah mata jadi sering bintitan salah satunya?

Mata Sering Bintitan Akibat Sering Konsumsi Makanan Berlemak?

Salah satu mitos yang kerap terdengar soal penyebab mata bintitan adalah karena suka mengintip. Namun, ada pula pendapat yang mengatakan bahwa hobi konsumsi makanan berlemak juga bisa menyebabkan mata sering bintitan

Bintitan alias hordeolum terjadi akibat penyumbatan kelenjar minyak di kelopak mata. Hordeolum bisa muncul di luar maupun di dalam kelopak mata. 

Kondisi ini umumnya tidak berbahaya. Bahkan, bintitan biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Lalu, benarkah bahaya makanan berlemak bisa picu mata bintitan? 

Benarkah Makanan Berlemak Sebabkan Mata Sering Bintitan?

Bintitan

Bintitan pada mata tidak ada hubungannya dengan kebiasaan konsumsi makanan berlemak. 

Penyebab bintitan 95 persen karena infeksi bakteri Staphylococcus pada kelenjar minyak di kelopak mata. Bintitan juga bisa disebabkan kurangnya kebersihan pada area mata.

Artikel lainnya: Mengatasi Mata Bintitan dengan Cara Mudah Ini

Selain itu, bintitan bisa dipicu oleh peradangan kronis di tepi kelopak mata. Kondisi lainnya yang dapat menyebabkan bintitan, yaitu blefaritis, riwayat bintitan sebelumnya, masalah kulit seperti jerawat atau dermatitis seboroik, hingga diabetes.

Terkadang mata bintitan bisa muncul tiba-tiba tanpa kamu ketahui gejala awalnya. Gejala bintitan, antara lain peradangan lokal pada kelopak mata yang ditandai dengan rasa nyeri, hangat, bengkak, dan berwarna kemerahan. Peradangan sering terjadi pada kelopak mata bagian atas. 

Gejala lainnya muncul bengkak yang cukup besar sehingga menghalangi pandangan. Terkadang penderita juga mengeluhkan penglihatan buram. 

Tak Picu Bintitan, Konsumsi Makanan Berlemak Harus Tetap Dibatasi

Waspada, Makan Junk Food Sebabkan Penyakit Asam Lambung

Mata bintitan disebabkan oleh infeksi bakteri maupun peradangan kronis di tepi kelopak mata. Kendati asupan berlemak bukanlah makanan penyebab bintitan, terlalu banyak asupan lemak dapat meningkatkan risiko hordeolum.

Artikel lainnya: Tips Ampuh untuk Mencegah Bintitan Berulang

Kebiasaan makanan berlemak bisa meningkatkan produksi kelenjar lemak. Kelenjar lemak berlebih bisa memperbesar risiko terjadinya penyumbatan sehingga potensi terjadinya infeksi ringan pada area kelopak mata makin besar. Kalau sudah begini, bintitan pun akan terbentuk. 

Oleh karena itu, #JagaSehatmu dengan menjaga kebersihan mata supaya bebas bintitan. Apabila kamu mengalami bintitan yang tak kunjung hilang selama dua pekan, segera periksa ke dokter spesialis mata untuk memperoleh penanganan lanjutan. 

Konsultasi seputar penyakit mata juga bisa kamu lakukan pakai fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter!

(ADT/JKT)

Blefaritis

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter