Sukses

Tak Hanya Bersih dan Segar, Mandi Juga Jaga Imunitas Kulit

Selain untuk menjaga kebersihan tubuh, tahukah Anda bahwa mandi juga turut menjaga imunitas kulit?

Klikdokter.com, Jakarta Mandi adalah kegiatan yang sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari. Hal ini bukan hanya untuk membuat tubuh tetap bersih dan bebas kuman, tapi juga untuk menjaga imunitas kulit.

Faktanya, kulit merupakan organ terbesar yang ada di tubuh manusia. Dengan luas 1,5–2 meter persegi, kulit merupakan pembatas tubuh dengan ‘dunia luar’.

Kulit memiliki respons imun ―atau dikenal imunitas kulit― untuk membantu mencegah penyakit, penyembuhan luka dan pembentukan pembuluh darah baru (angiogenesis). Selain itu, kulit juga turut melindungi tubuh dari paparan sesuatu yang bersifat bahaya, baik secara eksternal maupun internal.

Salah satu sel yang sangat berperan bagi imunitas kulit adalah sel langerhans. Sel ini terdapat di lapisan epidermis kulit atau bagian kulit paling luar. Sel langerhans memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai penghubung dan pertahanan kulit.

Sebagai sistem pertahanan, sel langerhans berperan sebagai ‘obat’. Sehingga, ketika kulit mengalami kekeringan, peradangan atau goresan, sel tersebut membantu proses penyembuhannya.

Manfaat mandi lainnya

Selain untuk mengoptimalkan fungsi imunitas kulit, mandi juga dapat membawa manfaat sehat berupa:

  • Kulit lebih sehat

Mandi menggunakan sabun sebanyak dua kali sehari secara rutin terbukti mampu membuat kulit lebih sehat. Kulit sehat ditandai dengan warna yang merata, tekstur yang lembut, terhidrasi dengan baik, dan memiliki sensasi yang normal. Dengan kondisi yang sehat, imunitas kulit yang dimiliki juga semakin optimal.

  • Mengurangi ketegangan otot

Mandi, khususnya dengan air hangat, dapat membantu mengurangi kebutuhan Anda untuk berkunjung ke fisioterapi. Ini karena mandi dengan air hangat mampu membuat otot yang tegang kembali relaks.

Seiring menurunnya ketegangan otot, proses penyembuhan dan fleksibilitas atau elastisitas otot akan semakin baik. Manfaat ini bisa Anda rasakan dengan mandi menggunakan air hangat setelah berolahraga.

  • Sirkulasi darah lebih lancar

Meluangkan waktu untuk berendam saat mandi dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Selain itu, tindakan ini juga bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi organ jantung.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Mandi menggunakan air dingin dapat memicu sistem pembuluh darah dan kelenjar getah bening untuk memproduksi sel imun. Dengan ini, kemampuan tubuh untuk melawan penyakit menjadi semakin optimal.

  • Mengatasi depresi

Penelitian menunjukkan bahwa mandi dengan air dingin dapat memicu aktivasi sistem saraf, dengan meningkatkan beta endorfin dan noradrenalin pada darah. Hal yang didapatkan berkat mekanisme ini adalah efek anti-depresi.

  • Mengeluarkan racun

Dengan mandi setiap hari, bau badan dapat benar-benar berkurang. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan mandi menggunakan air hangat yang sesuai dengan suhu tubuh. Pasalnya, kondisi air mandi yang demikian terbukti mampu mengeluarkan racun atau toksin dari dalam tubuh, juga membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.

Mandi tak hanya untuk menjaga kebersihan tubuh, tapi juga untuk mendukung keoptimalan imunitas kulit dan faktor penting lain yang tugasnya menunjang serta menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jadi, jangan lagi malas mandi, ya!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar