Sukses

Awas, Rumah juga Bisa Memicu Penyakit! Kenali 7 Tandanya

Tahukah Anda bahwa rumah bisa memicu penyakit? Kenali tanda-tanda mengapa rumah bisa menyebabkan Anda dan keluarga jatuh sakit.

Klikdokter.com, Jakarta Anda yakin bahwa rumah Anda 100% sehat? Lebih baik cek dulu dengan baik dan saksama. Jangan-jangan beberapa bagian dari rumah Anda justru bisa memicu penyakit.

Ya, kondisi rumah memang bisa memengaruhi kesehatan para penghuninya. Jika Anda jeli, ada beragam tanda mengapa rumah bisa bikin Anda dan keluarga jadi jatuh sakit.

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, salah satu tanda utama bahwa Anda harus segera membersihkan rumah adalah saat ada anggota keluarga sakit. Jangan cuma beres-beres, lakukan pembersihan menyeluruh ke setiap sudut rumah. Ajak juga seluruh anggota keluarga untuk ikut terlibat memelihara kebersihan rumah.

Apa tanda lainnya?

Sakitnya salah satu anggota keluarga memang bisa menjadi sinyal awal Anda segera membersihkan rumah. Namun bukan cuma itu, ada tanda-tanda lain yang harus Anda kenali, yaitu:

  1. Lubang pembuangan air kamar mandi kotor

Kalau lubang pembuangan air di kamar mandi sudah menunjukkan tanda-tanda sangat kotor, berhati-hatilah. Di sekitar lubang itu banyak spora yang dapat menyebabkan hidung tersumbat, batuk, sakit tenggorokan, dan gatal-gatal. 

Jika Anda memiliki alergi jamur, masalah paru-paru, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah, spora ini dapat menyebabkan infeksi paru-paru yang serius. Jamur tumbuh di mana ada kelembapan. Karena itu, perhatikan lubang pembuangan air di kamar mandi, bolongan di pipa, dinding, dan atap. 

  1. Karpet kotor

Sering-seringlah mencuci karpet, apalagi jika sudah mulai ngeres atau berbau tidak sedap. Pasalnya, karpet yang ada di rumah bisa menjadi sumber debu, jamur, tungau, debu, dan kotoran. Partikel-partikel itu dapat masuk ke udara dan Anda hirup.

  1. Mulai terlihat kecoak di dalam rumah

Kalau sudah mulai muncul kecoak di rumah Anda, sebaiknya waspada. Ketika mereka mati, kotoran, dan bagian tubuh mereka dapat mengendap di lantai, tempat tidur, dan perabotan Anda. Ketika Anda menghirupnya, bagian “sisa“ kecoak itu dapat memicu alergi dan masalah pernapasan, termasuk asma. Sebaiknya jaga rumah Anda sebersih dan sekering mungkin, terutama kain dan karpet.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Gorden sudah kotor

Gorden memang berguna untuk menahan cahaya masuk dan menahan debu ketika jendela dibuka. Akan tetapi, gorden sering menjadi salah satu benda terkotor di rumah. Mulai sekarang, bersihkan gorden Anda secara teratur. Pasalnya, gorden bisa menyimpan debu sangat banyak dan menyebabkan Anda mengalami masalah kesehatan.

  1. Produk pembersih lantai dan kamar mandi

Bahan-bahan di dalam produk pembersih lantai dan kamar mandi dapat mengiritasi tenggorokan dan mata Anda. Bahan kimia ini juga bisa menyebabkan sakit kepala, masalah pernapasan, dan penyakit lainnya. Beberapa di antaranya bahkan bisa meningkatkan risiko kanker. 

Aerosol, salah satu kandungan di dalamnya, memiliki senyawa organik yang mudah menguap dan dapat menyebabkan kerusakan. Selain itu, ada kandungan amonia dan pemutih yang bisa berbahaya jika tidak ditangani dengan benar.

Jangan terlalu sering menggunakan produk yang memiliki kandungan-kandungan itu. Kalaupun digunakan, biarkan pintu atau jendela tetap terbuka.

  1. Pendingin udara atau AC

Pendingin udara atau AC merupakan salah satu alat elektronik yang mesti ada di rumah bahkan ruang tidur Anda. Namun, AC bisa menjadi penyebab Anda mengalami masalah kesehatan. Entah karena AC kotor atau karena memang AC menyedot udara yang buruk di sekitar rumah Anda.

Pastikan AC Anda terinstal dengan benar, dan ganti filter AC Anda secara teratur. Sesekali Anda dapat menggunakan jasa pembersihan AC profesional jika jamur menumpuk di dalam saluran udara.

  1. Cat mulai mengelupas

Ketika cat mulai mengelupas, retak, atau aus, dapat terbentuk debu yang bisa merusak otak dan organ-organ lain jika tubuh Anda menyerapnya. Pada anak-anak, hal itu dapat memengaruhi perilaku dan semangat belajar. 

Jika mendapati cat rumah Anda mulai mengelupas, sebaiknya segera ganti dengan cat yang ramah lingkungan, jangan mengandung timbal.

Mulai saat ini senantiasa perhatikan kebersihan rumah Anda. Jangan sampai rumah yang seharusnya menjadi tempat berlindung, justru bisa memicu penyakit. Supaya tidak terjadi, lakukan kerja bakti bersama keluarga secara berkala di rumah. Cara ini selain membuat rumah menjadi lebih bersih dan sehat, juga akan menambah kedekatan di antara seluruh anggota keluarga.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar