Sukses

Kenapa Saat Haid Wanita Sering Sakit Kepala?

Kondisi sakit kepala kerap dialami saat wanita sedang haid. Jika Anda sering mengalaminya, kenali penyebabnya berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Selain mengalami nyeri perut serta mood berantakan, beberapa wanita juga sering mengalami sakit kepala saat haid. Umumnya, tipe sakit kepala yang terjadi saat haid adalah migrain.

Sakit kepala jenis ini biasanya dirasakan hanya di satu sisi kepala atau pada area tertentu saja. Kondisi ini juga dikenal sebagai menstrual migraine atau migrain menstruasi. 

Tapi sebenarnya apa sih penyebab sakit kepala saat haid ini?

Perubahan hormonal saat menstruasi

Fakta menunjukkan wanita berisiko 3 kali lipat mengalami sakit kepala migrain dibandingkan dengan pria. Sebanyak 60 persen dari sakit kepala ini terjadi menjelang, saat, atau setelah haid. 

Salah satu hal yang melatarbelakangi kondisi tersebut adalah perubahan hormonal yang terjadi menjelang dan sepanjang siklus haid berlangsung. Hormon estrogen dan progesteron memiliki peran yang sangat penting dalam kondisi ini.

Estrogen dan progesteron adalah hormon pengatur yang memastikan wanita melepaskan sel telur, sehingga kemudian mengalami haid tiap bulannya. Menjelang haid, kadar kedua hormon tersebut melesat tinggi. Namun kemudian turun drastis sesaat sebelum terjadi haid.

Perubahan kadar hormon secara drastis inilah yang kemudian mengakibatkan berbagai keluhan pada sebagian wanita, termasuk sakit kepala. Di samping sakit kepala, gangguan yang juga mungkin dialami meliputi mood swing, perubahan nafsu makan, nyeri perut, hingga badan lemas.

Wanita yang menggunakan kontrasepsi pil KB juga bisa mengalami gangguan serupa. Hal ini dikarenakan pada pil KB juga mengandung dua hormon tersebut. 

Selama tiga minggu tiap bulannya, kadar kedua hormon tersebut di tubuh stabil. Ketika saatnya yang diminum adalah plasebo atau tanpa pil sama sekali selama masa haid, kadar estrogen akan anjlok sehingga mengakibatkan kepala cenut-cenut.

Jika Anda sering mengalami migrain saat menstruasi, memilih pil KB yang rendah estrogen atau yang hanya mengandung progesteron bisa membantu.

1 dari 2 halaman

Cara mencegah dan mengatasi sakit kepala saat haid

Meski migrain menstruasi lumrah terjadi, tetapi nyatanya tak sedikit wanita yang merasa tersiksa jika mengalami keluhan tersebut. Ada cara-cara yang perlu diketahui untuk meredakan atau mencegah sakit kepala tersebut juga menjadi tamu bulanan.

  • Kompres dingin

Untuk meredakannya, Anda bisa mengandalkan kompres dingin. Caranya, letakkan lap dingin atau ice pack pada area di kepala atau leher yang terasa nyeri. Bungkus ice pack atau es batu dengan waslap atau handuk kecil untuk melindungi kulit.

  • Minum obat pereda nyeri

Bila keluhan sangat mengganggu, sakit kepala bisa diatasi dengan konsumsi obat-obatan pereda nyeri. Obat-obatan tersebut meliputi golongan antiinflamasi nonsteroid (NSAIDs), dihydroergotamine (DHE), triptans, serta kombinasi aspirin, asetaminofen, dan kafein. Meski banyak dijual bebas, tetapi penggunaan obat-obatan tersebut harus di bawah pengawasan dokter dan hanya boleh dilakukan dalam periode singkat.

  • Olahraga ringan

Selain dengan konsumsi obat, nyeri kepala saat haid juga bisa diatasi dengan aktivitas fisik ringan. Olahraga seperti jalan kaki, bersepeda, atau yoga mampu memicu tubuh melepaskan hormon endorfin. Salah satu kerja hormon ini dalam mengatasi sakit kepala adalah dengan meningkatkan ambang rangsang nyeri. Jadi, sakit kepala akan terasa jauh lebih ringan.

  • Tidur cukup dan relaksasi

Selain olahraga, endorfin juga bisa dipicu produksinya dengan tidur malam yang cukup, relaksasi, atau bisa juga dengan pijatan ringan dan mandi air hangat.

Jika cara-cara di atas tak juga bisa menghalau nyeri kepala muncul saat haid, terapi hormon bisa menjadi solusi. 

Hormon yang diberikan dengan dosis tertentu ini dapat menekan produksi alaminya di dalam tubuh, sehingga kadarnya akan lebih stabil sepanjang bulan. Namun, tentu saja pelaksanannya harus terlebih dahulu dikonsultasikan dengan dokter.

Jelas sudah alasan kenapa beberapa wanita sering mengalami sakit kepala saat haid. Mengenal penyebab dan cara mengatasinya bisa menjadi solusi agar masalah yang sama tidak terjadi tiap siklus haid tiba. Dengan berkurangnya keluhan saat menstruasi berlangsung, produktivitas Anda tentu tak akan terganggu.

(RN/ RVS)

4 Komentar