Sukses

Kunyit Putih Bisa Usir Radang Tenggorokan?

Kunyit sejak lama dipercaya untuk pengobatan radang tenggorokan. Namun, bagaimana dengan kunyit putih? Cari tahu di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Sejak lama, tanaman herbal seperti kunyit dipercaya bisa membantu kondisi kesehatan, termasuk untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Akan tetapi, salah satu jenis kunyit, yakni kunyit putih, diyakini bisa mengusir radang tenggorokan. Benarkah demikian?

Radang tenggorokan adalah terjadinya peradangan pada tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi. Infeksi ini umumnya bersifat akut dan menyerang saluran tenggorokan.  Adapun gejala radang tenggorokan yang sering dialami adalah sebagai berikut:

  • Sakit saat menelan
  • Demam
  • Terdapat benjolan di area leher
  • Suara serak
  • Adanya darah di dalam air liur.

Infeksi bakteri atau virus pada saluran pernapasan atas bisa menjadi penyebab radang tenggorokan. Jenis bakteri yang sering menyebabkan sakit tenggorokan adalah bakteri Streptococcus pyogenes dan Streptococcus kelompok A. Sementara itu, untuk jenis virus yang sering menyebabkan radang tenggorokan adalah influenza, virus penyebab campak, dan virus penyebab cacar air.

Khasiat kunyit untuk radang tenggorokan

Sejak lama, tanaman herbal digunakan banyak orang ketika hendak menyembuhkan radang tenggorokan. Nah, salah satu yang cukup terkenal adalah kunyit.

Kunyit terkandung senyawa yang bernama kurkumin. Menurut dr. Arina Heidyana dari KlikDokter, senyawa kurkumin diketahui memiliki kandungan antiinflmasi dan kandungan antioksidan.

"Kunyit itu mempunyai kandungan antiinflamasi dan antioksidan. Untuk radang tenggorokan, kunyit memang sejak lama dikenal cukup ampuh. Biasanya kunyit diseduh dengan air hangat dan diminum. Hanya saja, memang minum seduhan kunyit itu tidak boleh sembarangan, dalam arti tidak boleh berlebihan dosisnya," kata dr. Arina.

Kunyit putih bisa atasi radang tenggorokan?

Dibandingkan kunyit kuning biasa, kunyit putih memang lebih sulit ditemukan. Akan tetapi, manfaat kunyit putih untuk kesehatan tak bisa disepelekan. Akar, minyak, dan daun kunyit putih dapat dimanfaatkan sebagai obat. Namun, apakah tanaman bernama Latin Curcuma zedoaria ini juga berkhasiat untuk radang tenggorokan?

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Wiley Online Library, terungkap bahwa beberapa manfaat kunyit putih termasuk obat analgesik atau antinyeri, antialergi, obat tukak lambung, antiracun, dan antiradang.

Kunyit putih bisa dijumpai di Bangladesh, Sri Lanka, India, Tiongkok, Jepang, Brasil, Nepal, dan Thailand. Tanaman rimpang ini secara tradisional banyak dimanfaatkan untuk pengobatan gangguan menstruasi, dispepsia, muntah, dan kanker.

Banyak orang-orang pedesaan di daerah tersebut menggunakan kunyit putih untuk sifat rubifasien (zat yang dapat merangsang kulit), karminatif (agen mencegah atau mengurangi perut kembung), ekspektoran, diuretik, dan stimulan. Sementara itu, akarnya digunakan dalam pengobatan perut kembung, pencernaan yang terganggu, batuk, dan demam.

Tak berhenti di sana, kunyit putih juga memiliki kandungan antioksidan alami, yaitu diferuloyl methan yang berasal dari minyak esensial rimpangnya. Minyak ini dapat digunakan dalam mencegah dan memperlambat proses penuaan yang berhubungan dengan penyakit degeneratif pada dosis 20 mg/ml.

Berdasarkan paparan di atas, kunyit putih ternyata memiliki kandungan yang sama dengan kunyit pada umumnya. Yaitu, sama-sama memiliki kandungan antiperadangan dan antioksidan tinggi yang sangat berguna bagi penyembuhan radang tenggorokan. Anda dapat memanfaatkan kunyit putih untuk mengurangi radang tenggorokan. Yang terpenting tetap perhatikan jumlah dan dosisnya. Bila radang tenggorokan Anda tak juga reda bahkan semakin berat, segera temui dokter Anda. 

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar